Supaya ASI Lancar Melimpah (Pengalaman Pribadi)

Bunda baru saja melahirkan dan sedang galau karena Air Susu Ibu (ASI) nya belum lancar? Saya juga pernah mengalami hal serupa, dan Alhamdulillah sekarang di usia bayi hampir 3 bulan, ASI sudah lancar dan melimpah.

INISIASI MENYUSUI DINI alias IMD adalah kunci paling utama supaya ASI cepat keluar. Namun banyak bunda yang sehabis melahirkan harus dibius karena mendapatkan beberapa jahitan di vagina, atau misalnya melahirkan lewat operasi kaesar, sehingga harus menunggu pemulihan kondisi dulu sebelum dipertemukan dengan si baby. Maka pilihlah Rumah Sakit Bersalin yang PRO ASI dan PRO IMD yang akan tetap melakukan prosedur IMD sesaat setelah si baby berhasil dilahirkan.

Rumah Sakit Bersalin yang tidak PRO ASI, maka begitu hari pertama lahir bayi menangis terus sedangkan ASI bunda belum keluar, maka dokter anak atau bidan akan menakut-nakuti: “nanti anaknya kuning lho kalo gak segera dikasih minum. udah, dikasih susu formula dulu aja, nanti kalo ASI nya sudah keluar ya langsung dikasih ASI”. Sebaiknya bunda tidak menyerah.

Bayi menangis belum tentu karena haus, bisa jadi dia takut di lingkungan baru dan kedinginan. Ingat, suhu di dalam kandungan itu sangat hangat, dan si baby selalu dekat dengan bunda. Maka ketika si baby menangis terus, dekaplah dia, dekatkan dengan detak jantung bunda. Jangan buru-buru dikasih susu formula!

Sedangkan Rumah Sakit Bersalin yang PRO ASI, maka ketika hari pertama ASI bunda belum keluar, maka akan terus disemangati dan dilatih supaya ASI nya lekas keluar. Menurut berbagai literatur, tidak masalah bayi tidak minum selama 1 hingga 3 hari pertama karena dia masih menyimpan cadangan makanan dari kandungan.

 

Namun buat bunda yang terlanjur tidak mendapatkan pengalaman IMD bersama si baby, maka beberapa tips berikut ini bisa dilakukan. Tips-tips ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi.

Kunci utama pertama adalah MENYUSUI tanpa menyerah! Ya, semakin sering diminum oleh si baby, maka produksi ASI akan terus meningkat. Sebagaimana banyak kita baca, produksi ASI sifatnya supply by demand. Jika kebutuhan bayi meningkat maka otomatis ASI juga meningkat.

Kunci utama kedua adalah asupan nutrisi bunda. Memproduksi ASI memerlukan bahan baku yang tidak sedikit. Maka usahakan jangan diet-dietan dulu deh. Makan aja begitu lapar, ndak usah takut gemuk, karena makanan yang masuk akan diproses menjadi ASI. Yang juga penting untuk dikonsumsi misalnya buah dan sayur. Saya sendiri menambah asupan nutrisi dengan mengonsumsi madu, sari kurma dan sari kedelai.

Kunci utama ketiga adalah perasaan bahagia. Saya sudah membuktikan ketika awal-awal setelah melahirkan dulu kondisi sangat stress karena mendapati ASI belum lancar. Berbagai upaya dilakukan seperti dengan membeli nipple puller, breast pump dan makan aneka makanan yang kata orang bisa memperlancar ASI. Namun nyatanya ASI tidak kunjung lancar karena masih ada stress dan baby blues syndrome. Ada rasa khawatir jika tidak bisa merawat bayi dengan baik. Mendengar tangisan bayi rasanya tambah stress. Pemicu-pemicu stress seperti itu harus sesegera mungkin diatasi supaya hati bisa lega dan bahagia. Niscaya produksi ASI akan meningkat. Salah satu pemicu rasa bahagia adalah dengan berserah diri, pasrah, dan memohon (berdoa) kepada Allah :)

Kunci utama terakhir adalah dukungan orang sekitar. Sudah banyak cerita ibu baru gagal menyusui karena tidak ada dukungan dari orang sekitar, khususnya orang tua (kakek/nenek si bayi), terutama jika mereka belum faham pentingnya ASI buat si bayi. Kakek nenek si bayi akan mendorong untuk memberikan susu formula ketika mendapati ASI kita belum lancar. Jangan dituruti. Semakin dituruti maka semakin lama ASI bunda akan lancar. Mintalah dukungan dari suami, dan minta suami menjelaskan kepada orang tua yang belum faham tadi dengan cara yang baik dan penjelasan yang mudah dimengerti.

Bagaimana dengan obat-obatan pelancar ASI? Menurut pengalaman pribadi, obat-obatan tidak banyak berpengaruh. Saya dibelikan MOLOCO dan LACTAMOM oleh suami, masing-masing 1 dus. Ada banyak teman yang cocok dan ASI nya menjadi lancar, tapi saya sendiri tidak cocok, terbukti tidak ada peningkatan signifikan. Maka sebaiknya bunda memperhatikan empat kunci utama yang saya bagi di atas, terutama faktor stress. Jika sudah gak stress, berbagai obat-obatan (termasuk obat herbal) mungkin bisa mendukung lancarnya ASI.

Nah, itu tadi bunda, sharing pengalaman pribadi dari saya. Jika bunda ingin menambahkan, dipersilakan meninggalkan komentar. Selamat menyusui dengan gembira! :)

24 thoughts on “Supaya ASI Lancar Melimpah (Pengalaman Pribadi)

  1. papapz

    alhamdulillah waktu mamamnya afa lahiran dulu.. dia bisa IMD dan Bidannya emang bagus gak nyuruh minum susu formula.. makasih mba infonya siapa tahu bentar lagi hamil anak kedua hehe salam kenal :)

  2. rossa cholil

    bunda.. alhamdulillah sampe sekarang saya masih asi eksklusif,, usia baby skrg masuk bulan ke 7.. pengen nanya bun,, kenapa pd ga sampe bengkak seperti 0-6 bulan ya bun? normal atau saya kurang asupan gizi ya bun?? makasih ya bundaa.. ayoooo semangat berikan asi ke buah hati ????????

    1. dionella Post author

      Menurut pendapat saya pribadi dan menurut beberapa artikel yang pernah saya baca, produksi ASI menyesuaikan dengan kebutuhan si baby, jadi wajar kalo bulan ke 7 ini PD gak sampe bengkak karena si baby sudah mulai MPASI kan, mungkin kebutuhan asi nya berkurang karena sudah digantikan makanan dan minuman pendamping :)

    1. dionella Post author

      Terimakasih atas apresiasinya mbak Ummi Qonita, silakan diperbanyak namun sebaiknya diberikan credit/link ke artikel aslinya di sini ya

      Silakan dikopas 1 atau 2 paragraf, dan untuk selengkapnya diarahkan ke artikel aslinya ini. Salam

  3. Ulfa

    ank sya 3bln 2 mnggu . .mnumnya sufor,krna dlu dri RS lgsung dksih sufor.smpai drumah aku ksih asi ngga mau,krna ngga bgitu kluar bnyak.tp te2p aku pksain & trnyata stelah 2 mnggu si ank kna kuning n bratnya ngga naik.trpaksa a ksih sufor & asi jrang.trnyata hri tmbah hri asi aku mlah ngga kluar smpi skarang.stelah aku cri2 info d’intrnet trnyata KB Spiral bsa mempengaruhi asi jka pmasangan stelah mlahirkan.krna dlu wktu pmasangan phak RS ngga blang,stelah pmasangan bru dksih tau & suami dminta untk tnda tngan soal KB Spiral tsb.a pgen lpas KB tp pa si ku bsa kluar lgi???tlg pnjelasannya.trims. . .:'(

    1. dionella Post author

      wah untuk kasus seperti itu sebaiknya dikonsultasikan sama dokter kandungan ya mbak. prihatin juga kalo RS langsung kasih sufor tanpa konfirmasi ke ibunya ya..

  4. Ymi Ewi

    Saya ibu rumah tangga umur 42 tahun anak 3 orang, yang kecil berumur 10 tahun. Sudah 8 tahun tidak menyusui dan asipun sudah lama tidak keluar.
    Baru-baru ini adik saya meninggal dunia saat melahirkan, lalu bayinya saya yang mengasuh. Saya sangat sayang sekali dengan bayinya, dan saya ingin sekali bisa menyusui sendiri bayi tersebut, tetapi sayangnya asinya sudah tidak keluar. Payudara saya masih cukup montok dan seksi.
    Pertanyaannya: apakah di usia 42 tahun dan dalam kondisi tidak baru melahirkan, payudara saya bisa mengeluarkan asi?
    Bagaimana caranya ya agar asi saya bisa keluar lagi?
    Mohon bantuannya, trims…

    1. dionella Post author

      Turut berduka cita ya Bu Ewi atas meninggalnya adiknya saat melahirkan. Semoga anaknya kelak tumbuh besar menjadi anak yang membanggakan keluarga

      Yang seperti itu saya pernah dengar kok Bu, payudara tetap bisa memproduksi ASI meskipun tidak baru melahirkan. Saran saya sebaiknya Ibu konsultasikan ke klinik laktasi terdekat supaya dibantu proses re-laktasinya

      Semoga sukses ya Bu!

  5. gasa

    Maaf dok agak menyimpang sedikit dari tema, saya mau tanya istri saya susah sembuh sehabis melahirkan normal. Kira-kira cara penyembuhan terbaik gimana ya dok?

    1. dionella Post author

      Halo mas gasa, susah sembuh yang dimaksud ini seperti apa ya mas? Apakah luka bekas jahitan epistominya? Atau apanya?

  6. santi

    dok,,,saya brsan melahirkan 20 hari yg lalu,,,kmrn melahirkan di RS yg tdk pro IMD,,,jd slama ini pasokan asi saya kurang melimpah,krna bayi saya sdh terbiasa dengan sufor,saya ingin bebas dr sufor dok,,,kira2 apa saran dokter agar asi saya banyak dan melimpah sehingga cukup untuk kebutuhan bayi saya,,,saya tertekan dengan keadaan ini,padahal ank pertama dulu cukup asi saja,,,

    1. dionella Post author

      mbak Santi, jika niatnya kuat ingin memberikan ASI ke si kecil insya Allah bisa kok mbak. Yang penting konsumsi makanan yang bergizi dalam jumlah yang cukup, lalu susukan terus ke si kecil sambil mengurangi pemberian sufornya

      Menurut beberapa kawan, makanan yang bisa memperderas ASI misalnya sawi dan sayur2an yang lain mbak.

      Semoga sukses ya :)

  7. Iva Juanita

    Dok, saya mau tanya kenapa jika di pumping asi saya tidak banyak tapi klo di susui alhamdulilah cukup. saya kan kerja jd saya pumping. thx jawaban nya

  8. Bunda Quinn

    Dulu awal melahirkan asi saya gak keluar,, sempet stress juga sih ada seminggu padahal dr bidan udah di’IMD.. Krna ddeku nangis terus sama nenekku (buyutnya anakku) maksa buat kasih sufor, ga tega juga sih sruh kasih sufor tapi liat dedek nangis mau gimana lagi.. Tp saya gak putus asa,, saya tetep kasih ASI alhamdulillah sufor cuma dikasih ke dedek 3 hari krna AsI saya mulai lancar dan banyak..krna ddek kdang ditinggal saya nyoba kasih sufor tapi malah gak mau dikasih sufor jadi ya ASI saya diperah aja…

  9. mitha

    B saya mau bertanya anak saya skr sudah mau 4 bulan tetapi knp asi saya sedikit ya sudah gitu puting saya gak terlalu keluar jadi anak saya tidak mau nyusu..apa ada pengaruhnya ya soalnya sehabis melahirkan saya minum obat cina katanya untuk mengeringkan jahitan..karna saya cesar

  10. mirna

    salam kenal..
    maaf bu saya mau bertanya..sy baru melahirkan dua minggu yg lalu,,sepertinya bidan tempat sy melahirkan tidak pro asi krn sy tidak mendapat bimbingan IMD
    asi saya sudah keluar,,tp puting payudara tidak keluar sehingga menyulitkan bayi saya untuk menyusui secara lngsung..
    waktu melahirkan,,bidan memberikan sufor buat bayi saya,,keluarga khususnya nenek/kakek lgsung memberikan sufor tsb awalnya menggunakan sendok,,lama2 dengan dot,,sehingga di usia anak sy dua minggu ini selalu trbiasa dgn dot dan tidak mau berjuang untuk menyusui langsung..
    sempat sy paksakan supaya bayi saya mau menyusu langsung,,tp dia berontak dan nangis sekencang kencangnya..
    apa yg harus sy lakukan dok? terimakasih

  11. ayu rahayu

    Dok, mau tanya asi q knp kq kluar dikit ap pnyebabnya q melahirkan cesar
    padahal q ud nyoba brbagai macam obt buat lancar asi n susu tp tetep aja gag kluar banyak
    Kl d perah jg cm dikit n anak sy kl lgsung d kenyot gak mau malah nangis
    Gmn ya dok spya asi kluar banyak n lancar,
    Sy pengen kseh asi drpd sufor…

  12. RAHAYU

    Bunda nama saya Rahayu sy baru aja melahirkan tp asi sy gk mau kluar gmn ya Bun krn
    sy pingin banget menyusui mohon bantuan ya Bun sy tinggal di jl. Mangga gandaria sel

  13. lee

    Apa obat untuk mngeluarkan asi BUKAN memperbanyak produksi asi ? Atau gmn caranya ?
    Payudara saya produksinya banyak namun keluarnya tidak lancar, saya kesakitan sampai demam : mohon bantuan info jawaban
    Terimakasih

  14. bunda aqeela

    Sy mengalami puting lecet stlh mnyusui, hingga hri ke 28 pasca mlhirkn. Yg ingin sy tnykn, apakh smw ibu jg mngalami hal serupa ? Trus apakh ad obat untuk lecet yg sy alami tsb ? Trmksh bwt jwbnx. Wssalm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ four = 8

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>