Supaya ASI Lancar Melimpah (Pengalaman Pribadi)

Bunda baru saja melahirkan dan sedang galau karena Air Susu Ibu (ASI) nya belum lancar? Saya juga pernah mengalami hal serupa, dan Alhamdulillah sekarang di usia bayi hampir 3 bulan, ASI sudah lancar dan melimpah. Di bawah ini cerita pengalaman pribadi apa yang saya lakukan supaya asi lancar dan melimpah.

Inisiasi Menyusui Dini

INISIASI MENYUSUI DINI alias IMD adalah kunci paling utama supaya ASI lancar cepat keluar. Namun banyak bunda yang sehabis melahirkan harus dibius karena mendapatkan beberapa jahitan di vagina, atau misalnya melahirkan lewat operasi sesar, sehingga harus menunggu pemulihan kondisi dulu sebelum dipertemukan dengan si baby. Maka pilihlah Rumah Sakit Bersalin yang PRO ASI dan PRO IMD yang akan tetap melakukan prosedur IMD sesaat setelah si baby berhasil dilahirkan.

supaya asi lancar melimpah

Rumah Sakit Bersalin yang tidak PRO ASI, begitu hari pertama lahir bayi menangis terus sedangkan ASI bunda belum keluar, maka dokter anak atau bidan akan menakut-nakuti: “nanti anaknya kuning lho kalo gak segera dikasih minum. udah, dikasih susu formula dulu aja, nanti kalo ASI nya sudah keluar ya langsung dikasih ASI”. Sebaiknya bunda tidak menyerah.

Bayi menangis belum tentu karena haus, bisa jadi dia takut di lingkungan baru dan kedinginan. Ingat, suhu di dalam kandungan itu sangat hangat, dan si baby selalu dekat dengan bunda. Maka ketika si baby menangis terus, dekaplah dia, dekatkan dengan detak jantung bunda. Jangan buru-buru dikasih susu formula!

Sedangkan Rumah Sakit Bersalin yang PRO ASI, maka ketika hari pertama ASI bunda belum keluar, maka akan terus disemangati dan dilatih supaya ASI nya lekas keluar. Menurut berbagai literatur, tidak masalah bayi tidak minum selama 1 hingga 3 hari pertama karena dia masih menyimpan cadangan makanan dari kandungan.

Bagaimana Jika Sudah Terlanjur?

Namun buat bunda yang terlanjur tidak mendapatkan pengalaman IMD bersama si baby, maka beberapa tips berikut ini bisa dilakukan supaya asi lancar. Tips-tips ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi.

Kunci utama pertama adalah MENYUSUI tanpa menyerah! Ya, semakin sering diminum oleh si baby, maka produksi ASI akan terus meningkat. Sebagaimana banyak kita baca, produksi ASI sifatnya supply by demand. Jika kebutuhan bayi meningkat maka otomatis ASI juga meningkat.

Kunci utama kedua adalah asupan nutrisi bunda. Memproduksi ASI memerlukan bahan baku yang tidak sedikit. Maka usahakan jangan diet-dietan dulu deh. Makan aja begitu lapar, ndak usah takut gemuk, karena makanan yang masuk akan diproses menjadi ASI. Yang juga penting untuk dikonsumsi misalnya buah dan sayur. Saya sendiri menambah asupan nutrisi dengan mengonsumsi madu, sari kurma dan sari kedelai.

Kunci utama ketiga adalah perasaan bahagia. Saya sudah membuktikan ketika awal-awal setelah melahirkan dulu kondisi sangat stress karena mendapati ASI belum lancar. Berbagai upaya dilakukan seperti dengan membeli nipple puller, breast pump dan makan aneka makanan yang kata orang bisa memperlancar ASI. Namun nyatanya ASI tidak kunjung lancar karena masih ada stress dan baby blues syndrome. Ada rasa khawatir jika tidak bisa merawat bayi dengan baik. Mendengar tangisan bayi rasanya tambah stress. Pemicu-pemicu stress seperti itu harus sesegera mungkin diatasi supaya hati bisa lega dan bahagia. Niscaya produksi ASI akan meningkat. Salah satu pemicu rasa bahagia adalah dengan berserah diri, pasrah, dan memohon (berdoa) kepada Allah :)

Kunci utama terakhir adalah dukungan orang sekitar. Sudah banyak cerita ibu baru gagal menyusui karena tidak ada dukungan dari orang sekitar, khususnya orang tua (kakek/nenek si bayi), terutama jika mereka belum faham pentingnya ASI buat si bayi. Kakek nenek si bayi akan mendorong untuk memberikan susu formula ketika mendapati ASI kita belum lancar. Jangan dituruti. Semakin dituruti maka semakin lama ASI bunda akan lancar. Mintalah dukungan dari suami, dan minta suami menjelaskan kepada orang tua yang belum faham tadi dengan cara yang baik dan penjelasan yang mudah dimengerti.

Obat Pelancar ASI

Bagaimana dengan obat-obatan pelancar ASI? Menurut pengalaman pribadi, obat-obatan tidak banyak berpengaruh. Saya dibelikan MOLOCO dan LACTAMOM oleh suami, masing-masing 1 dus. Ada banyak teman yang cocok dan ASI nya menjadi lancar, tapi saya sendiri tidak cocok, terbukti tidak ada peningkatan signifikan. Maka sebaiknya bunda memperhatikan empat kunci utama yang saya bagi di atas, terutama faktor stress. Jika sudah gak stress, berbagai obat-obatan (termasuk obat herbal) mungkin bisa mendukung lancarnya ASI.

Nah, itu tadi bunda, sharing pengalaman pribadi dari saya. Jika bunda ingin menambahkan, atau menceritakan pengalaman pribadinya, dipersilakan meninggalkan komentar. Selamat menyusui dengan gembira! :)

Salam
drg. Dio Nella

75 thoughts on “Supaya ASI Lancar Melimpah (Pengalaman Pribadi)

  1. papapz

    alhamdulillah waktu mamamnya afa lahiran dulu.. dia bisa IMD dan Bidannya emang bagus gak nyuruh minum susu formula.. makasih mba infonya siapa tahu bentar lagi hamil anak kedua hehe salam kenal :)

  2. rossa cholil

    bunda.. alhamdulillah sampe sekarang saya masih asi eksklusif,, usia baby skrg masuk bulan ke 7.. pengen nanya bun,, kenapa pd ga sampe bengkak seperti 0-6 bulan ya bun? normal atau saya kurang asupan gizi ya bun?? makasih ya bundaa.. ayoooo semangat berikan asi ke buah hati ????????

    1. dionella Post author

      Menurut pendapat saya pribadi dan menurut beberapa artikel yang pernah saya baca, produksi ASI menyesuaikan dengan kebutuhan si baby, jadi wajar kalo bulan ke 7 ini PD gak sampe bengkak karena si baby sudah mulai MPASI kan, mungkin kebutuhan asi nya berkurang karena sudah digantikan makanan dan minuman pendamping :)

    1. dionella Post author

      Terimakasih atas apresiasinya mbak Ummi Qonita, silakan diperbanyak namun sebaiknya diberikan credit/link ke artikel aslinya di sini ya

      Silakan dikopas 1 atau 2 paragraf, dan untuk selengkapnya diarahkan ke artikel aslinya ini. Salam

  3. Ulfa

    ank sya 3bln 2 mnggu . .mnumnya sufor,krna dlu dri RS lgsung dksih sufor.smpai drumah aku ksih asi ngga mau,krna ngga bgitu kluar bnyak.tp te2p aku pksain & trnyata stelah 2 mnggu si ank kna kuning n bratnya ngga naik.trpaksa a ksih sufor & asi jrang.trnyata hri tmbah hri asi aku mlah ngga kluar smpi skarang.stelah aku cri2 info d’intrnet trnyata KB Spiral bsa mempengaruhi asi jka pmasangan stelah mlahirkan.krna dlu wktu pmasangan phak RS ngga blang,stelah pmasangan bru dksih tau & suami dminta untk tnda tngan soal KB Spiral tsb.a pgen lpas KB tp pa si ku bsa kluar lgi???tlg pnjelasannya.trims. . .:'(

    1. dionella Post author

      wah untuk kasus seperti itu sebaiknya dikonsultasikan sama dokter kandungan ya mbak. prihatin juga kalo RS langsung kasih sufor tanpa konfirmasi ke ibunya ya..

  4. Ymi Ewi

    Saya ibu rumah tangga umur 42 tahun anak 3 orang, yang kecil berumur 10 tahun. Sudah 8 tahun tidak menyusui dan asipun sudah lama tidak keluar.
    Baru-baru ini adik saya meninggal dunia saat melahirkan, lalu bayinya saya yang mengasuh. Saya sangat sayang sekali dengan bayinya, dan saya ingin sekali bisa menyusui sendiri bayi tersebut, tetapi sayangnya asinya sudah tidak keluar. Payudara saya masih cukup montok dan seksi.
    Pertanyaannya: apakah di usia 42 tahun dan dalam kondisi tidak baru melahirkan, payudara saya bisa mengeluarkan asi?
    Bagaimana caranya ya agar asi saya bisa keluar lagi?
    Mohon bantuannya, trims…

    1. dionella Post author

      Turut berduka cita ya Bu Ewi atas meninggalnya adiknya saat melahirkan. Semoga anaknya kelak tumbuh besar menjadi anak yang membanggakan keluarga

      Yang seperti itu saya pernah dengar kok Bu, payudara tetap bisa memproduksi ASI meskipun tidak baru melahirkan. Saran saya sebaiknya Ibu konsultasikan ke klinik laktasi terdekat supaya dibantu proses re-laktasinya

      Semoga sukses ya Bu!

  5. gasa

    Maaf dok agak menyimpang sedikit dari tema, saya mau tanya istri saya susah sembuh sehabis melahirkan normal. Kira-kira cara penyembuhan terbaik gimana ya dok?

    1. dionella Post author

      Halo mas gasa, susah sembuh yang dimaksud ini seperti apa ya mas? Apakah luka bekas jahitan epistominya? Atau apanya?

  6. santi

    dok,,,saya brsan melahirkan 20 hari yg lalu,,,kmrn melahirkan di RS yg tdk pro IMD,,,jd slama ini pasokan asi saya kurang melimpah,krna bayi saya sdh terbiasa dengan sufor,saya ingin bebas dr sufor dok,,,kira2 apa saran dokter agar asi saya banyak dan melimpah sehingga cukup untuk kebutuhan bayi saya,,,saya tertekan dengan keadaan ini,padahal ank pertama dulu cukup asi saja,,,

    1. dionella Post author

      mbak Santi, jika niatnya kuat ingin memberikan ASI ke si kecil insya Allah bisa kok mbak. Yang penting konsumsi makanan yang bergizi dalam jumlah yang cukup, lalu susukan terus ke si kecil sambil mengurangi pemberian sufornya

      Menurut beberapa kawan, makanan yang bisa memperderas ASI misalnya sawi dan sayur2an yang lain mbak.

      Semoga sukses ya :)

  7. Iva Juanita

    Dok, saya mau tanya kenapa jika di pumping asi saya tidak banyak tapi klo di susui alhamdulilah cukup. saya kan kerja jd saya pumping. thx jawaban nya

    1. dionella Post author

      mungkin pompanya kurang cocok ya bunda. mekanisme mesin pompa itu kan beda sama ketika bayi menghisap asi ya bunda. saya dulu sempet ganti pompa 2 kali lho, baru cocok, tapi tetap lebih banyak jika diminum si kecil langsung

  8. Bunda Quinn

    Dulu awal melahirkan asi saya gak keluar,, sempet stress juga sih ada seminggu padahal dr bidan udah di’IMD.. Krna ddeku nangis terus sama nenekku (buyutnya anakku) maksa buat kasih sufor, ga tega juga sih sruh kasih sufor tapi liat dedek nangis mau gimana lagi.. Tp saya gak putus asa,, saya tetep kasih ASI alhamdulillah sufor cuma dikasih ke dedek 3 hari krna AsI saya mulai lancar dan banyak..krna ddek kdang ditinggal saya nyoba kasih sufor tapi malah gak mau dikasih sufor jadi ya ASI saya diperah aja…

    1. dionella Post author

      Alhamdulillah ya bunda Quinn jika dedeknya lahap minum asinya. Memang perlu proses dan kesabaran dari ortu, dan tentu orang sekeliling juga

  9. mitha

    B saya mau bertanya anak saya skr sudah mau 4 bulan tetapi knp asi saya sedikit ya sudah gitu puting saya gak terlalu keluar jadi anak saya tidak mau nyusu..apa ada pengaruhnya ya soalnya sehabis melahirkan saya minum obat cina katanya untuk mengeringkan jahitan..karna saya cesar

    1. dionella Post author

      wah kalo ada pengaruhnya atau enggak dengan obat china yang dikonsumsi, saya tidak bisa menjawab ya bunda mitha. semoga dengan seringnya si kecil minum asi maka semakin banyak yang keluar ya..

  10. mirna

    salam kenal..
    maaf bu saya mau bertanya..sy baru melahirkan dua minggu yg lalu,,sepertinya bidan tempat sy melahirkan tidak pro asi krn sy tidak mendapat bimbingan IMD
    asi saya sudah keluar,,tp puting payudara tidak keluar sehingga menyulitkan bayi saya untuk menyusui secara lngsung..
    waktu melahirkan,,bidan memberikan sufor buat bayi saya,,keluarga khususnya nenek/kakek lgsung memberikan sufor tsb awalnya menggunakan sendok,,lama2 dengan dot,,sehingga di usia anak sy dua minggu ini selalu trbiasa dgn dot dan tidak mau berjuang untuk menyusui langsung..
    sempat sy paksakan supaya bayi saya mau menyusu langsung,,tp dia berontak dan nangis sekencang kencangnya..
    apa yg harus sy lakukan dok? terimakasih

    1. dionella Post author

      yang harus dilakukan adalah pertama sabar ya bunda. dan terus berusaha melatih supaya si anak mau minum langsung. adapun puting yang tidak keluar memang banyak ya bunda yang mengalami, nanti akan keluar sendiri kalo sering diminum si kecil

  11. ayu rahayu

    Dok, mau tanya asi q knp kq kluar dikit ap pnyebabnya q melahirkan cesar
    padahal q ud nyoba brbagai macam obt buat lancar asi n susu tp tetep aja gag kluar banyak
    Kl d perah jg cm dikit n anak sy kl lgsung d kenyot gak mau malah nangis
    Gmn ya dok spya asi kluar banyak n lancar,
    Sy pengen kseh asi drpd sufor…

    1. dionella Post author

      ASI memang lebih baik ya bunda. Yang perlu dilakukan seorang ibu menyusui pertama harus mengonsumsi makanan yang bergizi supaya produksi ASI meningkat. banyak makan sayur sih menurut pengalaman saya.

      Selain itu, perlu kesabaran untuk mengajari si kecil supaya mau nenen langsung

  12. RAHAYU

    Bunda nama saya Rahayu sy baru aja melahirkan tp asi sy gk mau kluar gmn ya Bun krn
    sy pingin banget menyusui mohon bantuan ya Bun sy tinggal di jl. Mangga gandaria sel

  13. lee

    Apa obat untuk mngeluarkan asi BUKAN memperbanyak produksi asi ? Atau gmn caranya ?
    Payudara saya produksinya banyak namun keluarnya tidak lancar, saya kesakitan sampai demam : mohon bantuan info jawaban
    Terimakasih

    1. dionella Post author

      jika keluarnya tidak lancar mungkin krn ada penyumbatan ya bunda. coba dikonsultasikan dengan dokter kandungan / bidan terdekat

  14. bunda aqeela

    Sy mengalami puting lecet stlh mnyusui, hingga hri ke 28 pasca mlhirkn. Yg ingin sy tnykn, apakh smw ibu jg mngalami hal serupa ? Trus apakh ad obat untuk lecet yg sy alami tsb ? Trmksh bwt jwbnx. Wssalm

    1. dionella Post author

      hampir semua ibu mengalami puting lecet lho bunda, dan memang itu butuh sebuah kerelaan dan perjuangan. nanti lama-lama gak lecet kok bunda. yang sabar ya, demi buah hati…

      1. Bunda

        Dari yang saya baca dan alami sendiri, salah satu sebab kenapa puting lecet adalah karena pelekatan mulut bayi ke payudara yang tidak benar. Coba dicari artiket cara menyusui dan pelekatan payudara yang benar.
        Jika sudah lecet, teruskan saja menyusui. Sebelum menyusui, usap dulu dengan kapas basah hangat. Setelah menyusui dilap lagi dengan kapas basah hangat, dikeringkan, kemudian dioles salep khusus untuk payudara.

  15. widi iman

    Pagi dok, istri saya baru lahirin anak pertama baru 19 hari, saya mau tanya dok apakah wajar atau tidak jika anak saya di beri ASI setelah di beri asi langsung BAB dan yg keluar pun sangat cair..?
    Dan kebetulan ASI dari bundanya sangat sedikit apakah itu berpengaruh juga ke BAB anak saya

    1. dionella Post author

      bayi yang baru lahir biasanya memang sering BAB mas. tapi frekuensinya beda-beda. sebaiknya dikonsultasikan dengan bidan atau dokter anak ya mas

  16. Putri

    bunda nama saya Putri, sy mau bertanya. bagaimana yaa agar bayi mau mengisap PD kita lagi secara lgangsung. soalnya kemarin sempat saya tinggal keluar kota krn urusan kantor selama 3 hari dan selama diluar kota itu sy juga memompa PD sy, trus pulang2 anak saya yg baru berumur 3 bulan sudah tidak mau ngenyot PD saya lagi dan skrg produksi ASInya semakin berkurang dan sedikit meskipun sudah saya pompa. saya jadi sedih karena sebelumnya ASI sangat lancar dan anak saya mau mengenyot langsung PD kita. mohon bantuannya,

    1. dionella Post author

      ada istilahnya relaktasi ya bunda, ada cara-caranya. cara yang paling simpel adalah tidak memberi minum kecuali minum langsung ke bundanya. tapi supaya lebih jelas sebaiknya dikonsultasikan ke bidan atau konselor laktasi

  17. neneng dewi purwanti

    Dok sy br melahirkan putra kedua sy 3minggu yg lalu tp produksi ASI sya msh sedikit bayi sy srg menangis dan susah utk berhenti mungkin karena blm kenyang saudara2 sy bahkan ortu sy menyarankn agar dkasih sufor saja tp sy ttp ingin memberikn ASI eksklusif.berbagai cara tlh sy lakukn spya ASI sy lancar mulai dr mengkonsumsi sayuran dan buah smpai mengkonsumsi supplemen tp ttp saja produksi ASI nya sdikit.nah dok bagaimana pendapat dokter mengenai kasus sperti sy dan bagaimana caranya spy produksi ASI sya banyak dok.terimakasih

    1. dionella Post author

      bunda neneng, apakah anak pertama dulu juga seperti ini? jangan lupa selain makan sayur dan buah, hati yang gembira juga sangat berpengaruh lho bunda terhadap produksi asi.. maka gembirakanlah hati bunda :)

  18. Maya

    Bayi saya dulu sempat bingung puting jg krn kebetulan saya juga bekerja. Tapi saat itu saya setengah mati berusaha. Tanpa malu bayi saya terial2 saya tetap memaksa dia menyusu langsung. Caranya saya pancing, awalnya dg dot kesukaan dia lalu saya tarik dan saya suguhi puting. Alhasil dia tertipu dan akhirnya mau. selama 2 hari saya rutin begitu alhamdulillah bayi saya mau menyusu lg. kl mau coba malam saat dia terlelap, bunda bangunkan lalu suguhin puting pasti mau. Alhamdulillah skrg bayi saya mau puting jg mAu botol. Tp ada baiknya memakao botol yg mirip puting. Krn saya kmn pakai botol yg ujungnya trll panjang membuat bayi saya lupa puting krn trll gampang dihisap sedangkan puting kan agak susah

    1. dionella Post author

      terimakasih bunda Maya share pengalamannya, semoga membantu bunda-bunda yang sedang berjuang menyusui anaknya yaa..

  19. anggit meyrediana

    Kenapa ya saya sedang menyusui tp badan malah tambah gemuk, kebanyakan org kalo menyusui itu kurus. Sedangkan saya ingin bentuk tbuh kemabali spt semula

    1. dionella Post author

      mungkin karena ketika menyusui itu mudah lapar, lalu mbak anggit makan sebanyak2nya ya mbak? jika iya, maka tidak heran jika badannya tambah gemuk.

      atau jika porsi makan tidak ditambah tapi malah tambah gemuk, bisa karena faktor lain mbak. kalau saya sendiri sih gak begitu risau dengan tubuh saya, yang penting bisa memberikan yang terbaik buat si kecil ya mbak

  20. angels

    Saya br melahirkan tgl 7 feb kmrn.. asi saya klo dipencet keluar n debay jg mao lgs diputing.. tp walo dia sudah menyusu lama (bs sejam 2 jam) pas saya cabut dia tetep lapar n akhirnya saya campur sufor.. qra2 knp ya? Padahal dia menyusu sudah lama..tp tetep hrs pake sufor.. apa krn ASInya sedikit ato encer ya?

    1. dionella Post author

      kok bisa menyimpulkan harus tetep pake sufor mbak, dari mana kesimpulan tersebut? apakah setelah minum asi si kecil masih saja nangis?

  21. ayu

    salam kenal bu dokter,
    saya mau tanya nih.. anak saya udah 5 bulan sekarang, dulu waktu baru lahir saya seneng banget bisa nyusuin anak saya bahkan dia nyusunya lama2, tp saya ga tau kalo produksi asi saya sedikit waktu itu, karena say kurang pengalaman menyusui (anak pertama minum sufor), niat saya y kedua hrs asi, tp setelah 8 hari anak saya kuning bgt sampai 25 bilirubinnya n harus opnam.nah dari sanalah anak ke dua saya mulai mengenal susfor karena pihak RS menyarankan demikian. tp saya tetep berusaha nyusuin,walopun saya sering diejek karena asinya keluar sedikit. tp belakangan ini semenjak saya kerja asi saya berkurang, tp si anak tetep mau nyusu, ada ga obat yang bisa memperbanyak asi saya? biar pas saya sama anak , si anak puas nyusunya..
    terimakasih :)

    1. dionella Post author

      Mbak Ayu, kadang lingkungan sekitar justru nggembosi niat kita buat kasih ASI ya? Memang butuh perjuangan eksra untuk memberikan yang terbaik buat si kecil.

      Supaya ASI kembali deras, selain mengonsumsi makanan bergizi yang mendukung produksi ASI, perasaan gembira juga penting lho mbak..

  22. ayu

    salam kenal bu dokter,

    saya ibu 2 orang anak, anak kedua saya sudah 5 bulan. saya senang bisa nyusui anak saya y kedua bu (anak 1 ga mau nyusu lantaran langsung di kasi sufor sama pihak RS), jd saya bertekad anak saya y kedua hrus nyusu, waktu baru lhran bidan y nolongin bilang asi saya byk karena waktu dikeluarin udah deres,dan si bayi jg lama2 ngt nyusunya tp setelah 8 hari anak saya kuning banget kadar bilirubinya sampai25 jadi hrs di opname dan pihak RS memberikan sufor lg karena pas saya perah keluarnya sedikit banget alhasil bidan n perawat di Rs pada ngejek saya., tp sampai sekarang sih msh mau nyusu bu, cuman masalahnya asi saya keluarnya sedikit.. bisa kasi tau ga bu dokter obat yang bisa memperbanyak asi? karena obat pelancar asi y saya sudah minum tidak ada hasilnya…

    terimakasih :)

    1. dionella Post author

      selamat ya bunda Ayu atas kelahiran anak keduanya. saya doakan semoga ASI bunda segera lancar lagi ya dan bisa menyusui anak kedua full hingga 2 tahun nanti.

      supaya asi deras, jika membaca cerita bunda, maka harus sering2 disusukan aja bunda. gak usah risau dengan ejekan orang sekitar. optimis insya allah bisa!

  23. ifa

    Dok ank aku sufor krn asi aku sdkt dan tdk ada puting. SYa mau tanya klo nanti anak kedua bisa asi emsklusif gak ya. Kalo d anak prtama asi gak kluar apakah d anak kdua nanti masih ada ksmpatan buat asinya lancar? Dan klo sdang hamil boleh dipumping trs ga biar stlah mlahirkan asi jd lancar?

    1. dionella Post author

      hai bunda ifa, jadi anak pertama sama sekali tidak keluar asi? atau keluar tapi sedikit? soal tidak ada puting, sebenarnya jika terus dikenyot si kecil nanti juga keluar sendiri lho bunda putingnya..

      semua peluang mungkin saja terjadi bunda. termasuk semoga nanti anak kedua bisa lancar menyusui ya. soal pumping selama hamil, sebaiknya menurut saya tidak dilakukan karena bisa memicu kontraksi rahim. tapi coba ditanyakan langsung ke dokter kandungannya supaya lebih jelas

  24. nia

    Sya sudah 8 hari melahirkan, Sama seperti kasus mba angels, setelah dikasih asi walaupun berjam jam tapi dede nya tetap ajah nangis bu, jadi suami dan ibu mertua maksain pake sufor karena kasian, dan setelah itu dede ga nangis lagi. sya mau gimana lagi bun…. saya pengen lepas sufor, sedangkan dukungan orang sekitar kurang,,

    1. dionella Post author

      hai Bunda Nia selamat ya atas kehadiran si kecil, semoga terus sehat ya bunda. Soal menyusui ini memang dukungan orang sekitar sangat penting. Coba ajak bicara suami dulu sambil bunda terus berusaha memberikan asi. meski belum keluar terus aja disusukan ke si kecil, nanti insya allah bisa lancar, tapi harus disertai dengan rasa optimis, hati yang gembira dan makanan yang bergizi ya bunda

  25. ovhie

    asalamualaikum dok
    gimana ya solusinya . anak ku umur 3 bln dlu dia mau minum ASI saya. tpi skrngi susah trus ASI yg kluar jga sdkit. gmn cra peebanyak ASI nya dok

    1. dionella Post author

      wa’alaikum salam bunda ovhie :)

      prosesnya dari mau menjadi susah itu seperti apa bunda? apa terbiasa minum susu formula dengan dot berlubang besar? kalau cara berbanyak ASI bisa dibaca2 lagi ya bunda di artikel ini dan bbrp komen dari pembaca

  26. Mira

    Dokter, trm ksh banyak infonya..komentar artikel ini saya baca satu-satu. Ternyata yg berasumsi cesar asi sulit keluar dan baby maunya netek di salah satu payudara saja tidak hanya saya dan ternyata itu hanya kekhawatiran saja…seneng ada forum yg membahas problema asi dan mendapat jawaban yang bikin tenang hati. trm ksh dokter.

  27. SerenT

    Mo sharing ja ne bunda,moga bisa jd referensi…
    Sy bru lahiran anak k2 cwok baru 4 bln,alhamdulillah udah spasang
    Dulu is kakak pas lahir siang jam 2an,asi blum kluar2 jd dkasi sufor sma nenek’y n pihak RS jg lngsung mndukung,sy ga bisa bilang apa2 krna masih mnjadi ibu baru yg ga tau apa2…menjelang malam,baby’y nangis teriak2 dkasi susu lg juga ga mau trus BAB’y banyak hitam2 n lengket.langsung dh sy dngan tegas melarang sufor’y,(belakangan baru tau kalo kotoran’y itu mekonium n itu adalah hal yg wajar).
    Malam’y baby saya pangku n dekap d dada terus biar bisa tdur,smpil PD di pijat2.Alhamdulillah menjelang subuh ASI dh keluar langsung sy sodorin ke baby n bisa ASIX ampe 2 thn..
    Pas lahiran anak k2 sy dh percaya diri aja ntuk ASIX.Baby udah diajari dot jg,jd ga bingung puting..tapi pas kerja pernah terlewat Pumping krna sibuk,alhasil produksi asi brkurang,s4 stress jg.Akhir’y sy coba solusi sndiri yaitu Pumping/perah setiap 2 jam,walo PD penuh ato pun tidak.walaupun dpat sdikit,sy coba bersabar…Alhamdulillah krna sering pumping/perah,asi dh mulai lancar lg.
    Skrng si adek udah 4 bln nberat’y udah 6,3 kg..
    Dari pengalaman pribadi sya ASI Perah lebih banyak dari Pumping,walopun lebih capek klo perah’y.Jdi untuk memperbanyak asi,sering2 Pumping/Perah setiap kali habis menyusui ya bunda…

    1. dionella Post author

      wow sharing pengalaman yang sangat berharga ini bunda, semoga bisa bermanfaat bagi pembaca blog ini ya.. terimakasih bunda..

  28. hanny susanti

    Dok anak saya usia 6 bulan sudah di kenaalkan MPASI,,
    Klo saya tinggal kerja dia minum sufor,sedang kan sekarang tdk mao sama sekali minum sufor dan ASI perah di dot pengen ASI langsung dari saya,saya jadi bingung bila di tinggal kerja,gmn ya solusinya dok????

  29. wahyu oktaviani

    Dok,saya baru melahirkan bulan maret kmren, sewaktu baru lahir asi saya banyak dan lancar sampai2 saya kewalahan sendiri oleh asi saya karena sangking banyaknya, selama 2 bulan saya selalu kasih asi tidak di campur sufor.nah… semenjak saya sudah mulai aktif kembali kerja, mulai saya campur dengan sufor.semenjak itu kenapa tiba2 asi saya sudah tidak penuh lagi, keluar hanya sedikit kalau. Pertanyaannya Kenapa di usia anak saya yang baru 2 bulan asi saya tidak selancar dan sebanyak dulu sewaktu baru lahir, kira2 penyebabnya kenapa dan apa solusinya? Terimakasih

    1. dionella Post author

      halo bunda, dugaan saya asinya menjadi tidak lancar lagi karena babynya dikasih minuman lain sehingga stok asi bunda tidak terserap, akhirnya secara otomatis produksinya dikurangi.

      supaya lancar lagi coba diminumkan terus bunda.. jika ditinggal kerja kan tetap bisa diperah / dipompa seperti pengalaman bunda Seren T di atas..

  30. Bunda Rasya

    Dear Mom Dokter Dio,

    Mohon pencerahannya dok, saya ibu dari baby boy berumur 9 bulan. Sejak lahir, anak saya jarang nenen langsung ke saya dikarenakan:
    1. Bayi saya mengalami kelainan jantung bawaan (ebstein anomally) dan harus di opname selama +/- 40 hari di NICU. Waktu itu, saya lahiran dengan cara caesar karena atas saran dokter, bayi tidak bisa lahir normal akibat kelainan jantungnya. Selama di NICU, bayi saya tetep minum ASI melalui selang makanan dan setelah kondisi membaik minum menggunakan cup feeder. Alhamdulillah saya lahiran di salah satu RS di Jakarta yang sangat pro ASI dan IMD. Jadi di ajari oleh suster2 di sana untuk memperjuangkan pemberian ASI bagi putera saya. Setelah 2 Bulan lamanya di RS, bayi saya di perbolehkan pulang dan di haruskan kontrol echocardiography secara rutin di Salah satu dokter jantung anak di surabaya.
    2. Setelah di ijinkan pulang, dedek rajin nenen ke saya dan sayapun sempet nabung ASIP di freezer, namun hal ini tidak berlangsung lama. Karena bulan ke -3, saya sudah harus kembali ke Balikpapan untuk bekerja. Anak saya tinggal ikut neneknya di Surabaya karena atas pertimbangan medis, tidak di perbolehkan naik pesawat dan harus rutin kontrol juga.
    3. Perjuangan ASI tidak berhenti sampai di sini. Saya rajin pumping tiap 3 jam sekali, dan pulang mengantar ASIP Balikpapan – Surabaya setiap weekend. Alhamdulillah stok yang terkumpul setiap weekend nya mampu memenuhi kebutuhan ASI anak saya. Sampai di Surabaya, si dedek masih mau nenen langsung ke saya meskipun nenennya cuma di hari Jumat malem sampe Minggu Sore, karna saya harus balik lagi ke Balikpapan. Dan itu rasanya Luar Biasa senengnya ketika si dedek gak buta puting:)
    4. DI Bulan ke – 5, ASI saya mulai berkurang drastis. Mungkin karna jarang di kenyot sama si dedek. Saya pun pergi ke klinik laktasi di salah satu RS di Balikpapan. Oleh dokter saya di beri resep untuk minum domperidone 20 mg selama 3 kali sehari. ASI pun kembali lancar dan si dedek bisa lulus ASI eksklusif 6 Bulan :).
    5. Saat ini, si dedek sudah menginjak usia 9 bulan dan saya masih konsumsi domperidone. Namun ASI saya sudah benar2 tidak keluar lagi. Sesering apapun saya pumping dan banyak makan-minum yang bergizi, tetep saja ASI nya gak keluar :'(.
    6. Anak saya pernah di cobain 2 kali minum sufor yang hypoallergenic dan soya namun alergi dan harus opname sebanyak 2 kali.
    7. Bagaimana caranya agar saya bisa kembali mengeluarkan ASI agar anak saya bisa kembali minum ASI saya? Karena setelah ASI saya tidak keluar, saya menggunakan donor asi untuk anak saya. Saya sedih kalo baby saya harus bergantung dengan ASI pemberian orang lain. Perjuangan pemberian ASI secara Long Distance sungguh sangatlah berat. Mohon sarannya ya Dok. Terima Kasih.

    1. dionella Post author

      bunda, saya sangat salut atas perjuangannya memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. saya tidak berkompeten untuk menjawab secara medis nggih, tapi pendapat pribadi saya kemungkinan produksi asi menurun drastis dan akhirnya terhenti memang karena long distance sama babynya

      menurut saya lagi, satu2nya cara supaya asi kembali diproduksi adalah dengan memperbanyak waktu bersama dengan si kecil. memang dilematis krn si baby belum boleh naik pesawat sedangkan bunda kerja di balikpapan. pilihan yang cukup sulit jika harus dihadapkan pada pilihan: tetap bekerja tapi si baby kehilangan kesempatan mendapatkan asi hingga 2 tahun, atau cuti panjang dari pekerjaan. tentu bunda dan suami yang bisa memutuskan.

      semoga nanti ada pembaca blog ini yang punya pengalaman sama ya bunda, dan bisa menceritakan solusinya..

  31. Tanti Antonia

    Dok Saya menyusui anak saya sekarang umur 4 bulan tapi produksi asi pas-pasan
    saya sudah minum lagtamam, asivit, moloco tapi produksi asi tidak banyak
    klo saya kerja saya pompa lima kali maximal 450 sementara kebutuhan anak saya banyak
    doubel pamping juga sudah saya lakukan tapi hasil tetep sama bagaimana ya dok caranya
    terimakasih

    1. dionella Post author

      bunda, problem ini menurut yang saya baca di berbagai forum memang banyak dialami oleh ibu yang bekerja. menurut berbagai sumber, memompa asi dengan tangan langsung (memerah) hasilnya bisa lebih banyak karena ada sentuhan emosi di sana. sambil memerah itu sambil memandangi foto buah hatinya supaya timbul let-down refrect (LDR) dan asi menjadi deras..

      selain obat2an tadi, apakah bunda juga banyak mengonsumsi sayuran?

  32. abi nya yahya al hanif

    Assalamualaikum dok,

    Anak saya yg ke 5 baru lahir disaat usia istri 40 tahun, dede saat ini usia nya 14 hari, BB lahir 3.300 g, usia 9 hari BB turun jadi 2.900 g, usia 13 hari BB turun lagi jadi 2.600. Kata dokter spesialis anak yg meriksa dede katanya asi bunda nya kurang minum asi saja, lainnya normal. Ada saran dok?

    1. dionella Post author

      wa’alaikum salam abinya yahya

      wah senang sekali ya anaknya 5. semoga semuanya sehat ya pak. menurut pengalaman pribadi, dulu anak saya juga sempat turun beberapa ons kok dari lahirnya hingga usia bbrp hari dan kemudian naik lagi. nah, ini kan anak ke 5, bagaimana dengan kakak-kakaknya dulu? mungkin juga turun lalu naik lagi

      kalau saran secara medis, dokter spesialis anak tentu lebih berkompeten memberikan ya pak. jika dibilang asinya kurang, mungkin ibu perlu berusaha lebih giat dengan mengonsumsi makanan yang dapat memperlancar asi.

      oia, apakah ibu puasa?

  33. Rose

    Hai Dok,
    Sekarang saya baru memiliki seorg putri,skrg usia nya hampir masuk 4bulan. Dari awal lahir sampai skrg putri saya masih tetap asi tp skrg sudah semakin berkurang asi saya, yang ingin saya tanyakan apa menggunakan pompa itu ada pengaruh sehingga asi jd berkurang ya?

  34. nessa indra

    Assalamu’alaikum dok..

    sya bru melahirkan 15hari yg lalu.. sya tdk mlakukan IMD.. si kcil lhir olh kluarga sya lngsung diberi dot dgn susu formula slama stu hari.. krna kluarga branggapan kalo puting saya dtar jdi si kecil gk mau mnyusu pd saya.. jdi saat hri kdua si kecil lahir saya lngsung perahkan ASI untk si kecil.. tpii smpai sekarang ttap mnum lwat dot.. saya pngen menyusui si kecil lngsung dri payudara saya sudah trlambat gk ya dok untk mngajari si kecil mnum lngsung dri ibunya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *