Dental Floss: Mencegah Timbulnya Karang Gigi

Siapa yang tidak kenal dengan pepatah “tak kenal maka tak sayang”? Eh, maksudnya “mencegah lebih baik daripada mengobati”? Eh, oke, karena kadung ditulis, kedua pepatah tersebut kita pakai! (dan memang masih berhubungan kok dalam bahasan ini)

Nah, sudah kenalkah kalian dengan dental floss? Itu lho, semacam benang yang digunakan untuk membersihkan sela-sela gigi. Gigi kita kan jumlahnya banyak dan berjajar-jajar. Ada yang berjajarnya rapi, ada yang acak-acakan. Nah, baik yang rapi maupun yang acak-acakan pasti ada sela diantara gigi-gigi itu. Bayangkan jika ada sisa makanan yang menumpuk di sela-sela itu, maka lambat laun akan semakin banyak dan bisa mengeras, menjadi karang gigi.

Dental floss bisa dibeli di apotek. Di toko biasa sepertinya belum ada :d

Lho, aku kan sudah sikat gigi setiap hari, apa masih kurang?

Sikat gigi seringkali tidak mampu menjangkau bagian-bagian yang sulit. Dan jika berkumurnya kurang bersih bisa membuat sisa kotoran menyelip di sela gigi. Berkumur dengan obat kumur tertentu bisa juga membantu, tetapi tetap saja berpeluang meninggalkan sisa kotoran.

Memakai kawat gigi juga memicu penumpuknya kotoran

Nah, di situlah fungsinya dental floss ini. Dengan pemakaian setiap hari, maka gigi kita akan lebih bersih. Tidak ada kotoran yang mengendap, dan artinya semakin kecil pula peluang terbentuknya karang gigi.

Bagaimana cara memakai dental floss?

Cara menggunakan dental floss adalah dengan memegang kedua ujungnya dengan jari jemari, lalu menyisir satu per satu sela-sela gigi. Lakukan aktifitas itu di depan cermin. Setelah semuanya disisir, barulah berkumur hingga bersih.

Urut-urutan memakai dental floss

Gampang kan?!  Nah, Kalau mau lebih gampang lagi pakailah dental floss yang bergagang.

Karang gigi-ku terlanjur banyak, apa cukup dengan dental floss?

Kalau karang gigi terlanjur menumpuk, maka tidak ada cara lain untuk membersihkannya selain pergi ke dokter gigi. Jangan berusaha membersihkan sendiri dengan silet atau benda tajam yang lain karena bisa sangat berbahaya!

Dokter gigi punya peralatan khusus untuk membersihkan karang gigi. Dengan alat tersebut karang gigi yang terlanjur mengeras bisa dibersihkan hingga tuntas. Biasanya akan terjadi sedikit pendarahan pada gusi, tetapi itu normal dan tidak menimbulkan rasa nyeri yang berlebihan.

Oke itu tadi ulasan ringkas tentang dental floss. Kalau ingin bertanya atau berbagi pengalaman, silakan tinggalkan komentar 🙂


Posted

in

by

Comments

73 responses to “Dental Floss: Mencegah Timbulnya Karang Gigi”

  1. mbah sangkil Avatar

    dental floss kalo kena gusi gpp yah? gak sakit?

    1. dionella Avatar

      tergantung cara pakainya mbah, kalo bener ya ndak sakit, dan kalo kena gusi gpp, malah dianjurkan sedikit masuk ke gusi supaya kotoran yang tersangkut di sana bisa keambil..

  2. khuclukz Avatar

    saatnya pergi ke dokter gigi nela …
    dok, daftar. Saya mau membersihkan karang gigi dok

    1. dionella Avatar

      langsung aja ke puskesmas keputih mas, mumpung alatnya baru semua :p

  3. iput Avatar

    Assalamualaikum,

    salam kenal mbak dionella, semoga blog dokter gigi ini banyak membawa manfaat.
    Begini sy mau nanya, saya saat ini tinggal di luar indonesia sebagai mahasiswa. Karena aktivitas sebagai mahasiswa di kampus sangat padat, saya tidak sempat untuk memasak sayur. Kadang sy hanya makan lauk, nasi sama kecap saja, kalau jajan takut makan yang haram.

    Apakah kekurangan sayuran bisa menyebabkan kerapuhan pada gigi ya ?

    Saya termasuk orang yang kurang baik menjaga kesehatan gigi, sehingga gigi saya tidak berwarna putih, agak sedikit coklat. Ada kiat/tips untuk menyehatkan gigi sehingga gigi tetap awet sampai tua dan warnanya bisa lebih putih ?

    terimakasih

    1. dionella Avatar

      salam kenal juga mas/mbak iput, terimakasih kunjungannya ke blog ini

      tentang kerapuhan gigi pertama-tama mari kita sepaham dulu tentang kerapuhan gigi, yaitu kondisi dimana gigi mudah keropos.

      apakah bisa dipicu kekurangan sayuran?

      sebenarnya ada faktor internal dan external yang berpengaruh. internalnya adalah genetik dari gigi itu sendiri, kalo secara genetik rapuh maka gigi akan mudah rapuh, sedangkan faktor external yaitu plak dan kuman. adapun sayur, dengan semakin sering mengonsumsinya maka otomatis bisa membantu mekanisme self-cleansing pada gigi sehingga bisa mengurangi plak, dengan berkurangnya plak maka kuman tidak akan betah tinggal di gigi.

      sedangkan warna gigi yang kurang putih, jika itu sejak kecil maka kemungkinan besar karena faktor genetik, yang salah satu pemicunya adalah ibu mengonsumsi banyak antibiotik ketika hamil. yang ini tidak bisa diputihkan. sedangkan jika tidak putihnya disebabkan karena rokok, kopi atau yang lain maka bisa diputihkan dengan dental bleaching. datanglah ke dokter gigi untuk mengonsultasikan langsung tentang prosedur dental bleaching ini

  4. Edso WebID Avatar

    Makasih infonya dok.. 🙂

    1. dionella Avatar

      sama-sama mas, terimakasih sudah mampir 🙂

  5. gempur Avatar

    dokter, karang gigiku menumpuk, bisa dibersihin yah? uhuy….
    *jadi malu*

    1. dionella Avatar

      kalo sudah menumpuk harus dibersihkan pak gempur, silakan datang ke dokter gigi favoritnya: drg.sujinah 🙂

  6. Susan Noerina Avatar

    Aslkm. Hi Bu Dokter Gigi Nella, salam kenal. Thanks yah dah mampir ke rumah keluargazulfadhli 🙂

    Waaahhh senengnya dapet kenalan Dokter Gigi, secara gw mah dari jaman baheula pasti bermasalah sama Dokter Gigi *inilah akibat buruk tidak menjaga gigi semenjak orok*

    Gw belom pernah tuh Mba nyobain dental floss. Sikat gigi biasa ajah. Tapi Mba, yang mo gw tanya, kenapa yah zahia (anak gw umur 3 taun 2 bulan) gigi molar belakang kiri kanan dah pada berlubang. So kalo baru bangun tidur baunya naga ajah bisa pingsan. Padahal gw rajin loh gosokkin giginya, sehari 3x (pas mandi pagi, pas mandi sore, pas mo bobo).

    Any idea Mba untuk mencegah bau mulut pada balita?? Ngeri euy tar kebawa ampe gede. Gw dah ke dentist di Miri kata Dokternya ga usah diapa2in lah wong masih gigi susu. *&&$$#@()%%@!*&!!!! *maksud loe Om Doks??*

    terakhir, boleh gw link blognya? Thanks yah Say 🙂 *keluar deh SKSD Palapa nya gw!!*

    1. dionella Avatar

      hai mbak soesan nurina *oe-nya sengaja dibalik, hihi..*

      biasa mbak, gigi anak-anak memang mudah berlubang karena masih rapuh, nah biasanya kerapuhan ini juga diperparah akibat makanan yang dikonsumsinya. dan bau mulut itu kemungkinan besar juga akibat lubang2nya itu

      mumpung masih kecil, dibiasakan sikat gigi secara teratur ya mbak si zahia, supaya nanti gedenya terbiasa menjaga kebersihan mulut 🙂

      mau ngelink blog saya? dengan senang hati mbak silakan…

  7. Evi Avatar

    Karena punya gusi sensitif alias gampang berdarah, saya basih bolehkan memakai dental floss mbak. Padahal rajin sikat gigi, rajin bersihkan karangnya dan rajin juga kumur-kumur bet.d..n tapi masih saja tuh gusi suka berdarah. Kenapa ya Mbak Nella?
    Ohya mampir perdana 🙂

    1. dionella Avatar

      gusi gampang berdarah ada banyak penyebab mbak evi, tapi kebanyakan karena kekurangan vitamin C.

      oia, cara sikat giginya jangan terlalu keras, dan gunakan sikat yang bulunya lembut ya mbak supaya tidak memicu keluarnya darah di gusi..

      salam kenal juga mbak 🙂

  8. djawa Avatar

    makasih infonya., memang karang gigi sering dianggap sepele., mau nanya neh., apa ya obat untuk memutihkan gigi yang yg perokok ky saya.,? soalnya saya blum bisa meninggalkan roko hehe.,

    1. dionella Avatar

      sebaiknya memang dikurangi merokoknya, atau jika susah, biasakan langsung sikat gigi sehabis merokok. untuk memutihkan, bisa dengan dental bleaching. silakan datangi dokter gigi favoritnya 🙂

  9. Zico Alviandri Avatar

    Pemakaiannya sekali pakai atau bisa beberapa kali pakai dok?

    1. dionella Avatar

      dental floss untuk sekali pakai saja supaya terjaga kebersihannya..

  10. iput Avatar

    terimakasih penjelasannya..:D

    1. dionella Avatar

      sama-sama, terimakasih sudah mampir ke sini 🙂

  11. Edi Psw Avatar

    Belum pernah pake Dental Floss nih. Biasanya membersihkan gigi cukup pake sikat gigi aja sewaktu mandi dan sebelum tidur. Habis makan pun paling cuma pake tusuk gigi buat membersihkan sisa-sisa kotoran yg mungkin tertinggal di gigi. Tapi…, kapan-kapan pengin nyoba juga nih. Hehehe…

    1. dionella Avatar

      sikat gigi sewaktu mandi dan sebelum tidur memang baik pak edi, ditambah dengan menjaga kebersihan rongga mulut misalnya berkumur sehabis makan.. (jika tidak bisa langsung sikat gigi)

  12. Ely Meyer Avatar

    kalau saya tiap habis sikat gigi terus pakai sikat khusus utk sela sela gigi (ada nggak ya di tanah air) .. krn pasti msh ada sisa makanan yg nyangkut walau sdh gosok gigi 🙂

    1. dionella Avatar

      kalo di Indonesia stepnya baru mengedukasi supaya masyarakat rajin sikat gigi mbak ely. nah kalo yang sudah care dengan kesehatan rongga mulutnya, akan menjaga kebersihan sendiri seperti yang mbak ely lakukan 🙂

      salam kenal ya, terimakasih sudah mampir ke blog saya ini 🙂

  13. Lyliana Thia Avatar

    Salam kenal, DioNella.. 🙂

    wah nama belakangnya sama dgn nama kampusnya ya.. cinta kampus berarti.. wkwkwkwk…

    tukeran link yuks… link mu tak pasang di agregatorku.. 😀

    1. dionella Avatar

      nama belakang saya ARLINGGA lho mbak Lyliana, sedangkan kampus saya AIRLANGGA hehe..

      salam kenal juga mbak, nanti kalo saya sudah bikin blogroll aku masukin juga ya..

  14. chatoer Avatar

    dok, kalo dental floss brp kali pemakaian

    1. dionella Avatar

      sekali pemakaian mas, supaya terjaga kebersihannya. sekali pakai dibuang, lalu ambil yang baru..

  15. lamendol Avatar

    dental floss….ah jadi ingat julia robert di Pretty woman 🙂

    1. dionella Avatar

      wah mbak lamendol, terimakasih mbak sudah mampir ke blog saya ini, harus belajar banyak ke blogger kondang seperti mbak mendol..

  16. @yankmira Avatar

    hai Bu Dokter… wah senangnya ada dokter yang mau ngeblog… sekaian ink nya aku pasang di blog ku ya 🙂 *salam kena juga, makasih dah mampir ke blog ku yang satu lagi 🙂

    1. dionella Avatar

      salam kenal juga mbak..

  17. Fifin Nugroho Avatar

    wah menarik nih infonya bu dokter..
    ternyata bisa tho membersihkan karang gigi sendiri.
    btw sepertinya karang gigiku terlalu banyak… kayaknya musti ke dokter gigi neh …

    1. dionella Avatar

      yang bisa itu mencegah mas, kalo sudah terlanjur jadi karang gigi ya harus dibantu dokter gigi karena mengambilnya itu sulit kalo tanpa alat..

  18. Sawali Tuhusetya Avatar

    infomasinya sangat bermanfaat, bu dokter. saya sepakat banget kalau mencegah itu lebih baik daripada mengobati, lebih2 gigi. terima kasih share infonya.

    1. dionella Avatar

      sami-sami pak guru, dan mencegah itu harus diajarkan sejak dini kepada anak-anak, jika sudah besar maka akan lebih susah jika sudah jadi kebiasaan 🙂

  19. Sukajiyah Avatar

    Salam kenal bu dokter..
    kadang ngeri kalau harus masukin benang (dental floss) ke gigi.. takut kena gusi… hehe
    Kalau utk menghilangkan plak gigi yang sudah telanjur betah di gigi gimana ya dok?

    1. dionella Avatar

      salam kenal juga mbak sukajiyah. justru dental floss dikenakan ke gusi sedikit mbak untuk menjangkau kotoran yang terselip, namun jangan terlalu dalam karena bisa menimbulkan pendarahan..

      jika sudah ada plak dan susah dihilangkan, datangi dokter gigi favoritnya 🙂

  20. ndutyke Avatar

    Wah aku pertama tau ttg DF ini malah dari tayangan TV loh, pas jaman SMP dulu, hehe. Ngeliat kebiasaan masyarakat luar melalui serial TV barat sana. Pertama kali nyobain DF pas SMA, pas pake behel. Tp cuma tahan bbrp kali pake doang. I was too lazy, heheehehe…..

    1. dionella Avatar

      di Indonesia memang belum begitu populer kok mbak ndutyke penggunaan dental floss ini. tapi untuk pengguna braces/behel ini sangat bagus untuk membasmi sisa makanan yang tertimbun. jangan sampai pakai behel tapi pas senyum ada sisa makanan, kan malu ya mbak, dan lagi bisa menimbulkan ketidaksehatan di rongga mulut..

  21. baju muslim Avatar

    thanx infonya…salam kenal slalu

    1. dionella Avatar

      terimakasih baju muslim, salam kenal juga :d

  22. Alfa Avatar
    Alfa

    dokter gigi yg bagus disurabaya dmana ya?
    mau bersihin karang gigi neh

    trus biayanya kira” brapa?

    1. dionella Avatar

      biaya membersihkan karang gigi berbeda-beda, tergantung kebijakan klinik yang bersangkutan (dan dokternya).

      jika mau murah, datang saja ke puskesmas

      jika dananya banyak, bisa ke dental clinic yang banyak bertebaran di surabaya ini

      1. Alfa Avatar
        Alfa

        bisa kasi rekomendasi?klinik gigi yg bagus daerah surabaya timur
        trus biayanya,kasi kisaran nominalnya dong

        soalnya seumur-umur belom pernah ke dokter gigi,maap kalo byk tanya

        1. dionella Avatar

          maaf ya mas, kalo tanyanya “klinik gigi yang bagus” lalu tanya
          “berapa biayanya” itu sepertinya gak nyambung.

          yang saya tahu biaya perawatan di puskesmas, sedangkan biaya perawatan di klinik silakan dicoba sendiri karena setiap klinik menetapkan tarif berbeda-beda sesuai dengan service level mereka dan banyak pertimbangan lain

  23. uchie Avatar
    uchie

    mbk, pengen punya gigi yang warnanya g’ keliatan kusam gtu gmn y??

    1. dionella Avatar

      oke nanti akan aku tulis jawabannya dalam artikel khusus ya mbak uchie.. makasih udah berkunjung 🙂

  24. Eko Avatar
    Eko

    Ibu dokter yang baik,

    Sebenarnya saya pingin tahu, kalau dokter memeriksa gigi pasien yang kondisi lubangnya parah dan hitam apa tidak merasa jijik ataupun risih?

    Sejujurnya saya ingin membersihkan gigi saya dari karang dan menambal gigi yang lubangnya masih kecil, tapi malu dengan kondisi gigi lain yang boleh dibilang parah.
    Saya merasa risih untuk memeriksakan diri

    Terima kasih

    1. dionella Avatar

      silakan secepatnya datang ke tempat praktek dokter gigi, atau ke puskesmas, semakin lama dibiarkan nanti semakin parah lho mas eko

      tidak perlu malu atau risih, kan demi kesehatan diri sendiri, dan petugas medis tentu akan menjalankan tugasnya sesuai kaidah profesi yang ada dengan mengabaikan rasa jijik maupun risih. setiap hari kami menangani banyak pasien dengan berbagai keluhan, jadi gak hanya mas eko aja yang giginya bermasalah 🙂

  25. ayas Avatar

    salam kenal dok. postingannya bermanfaat nih. jd tahu kalo dental floss ada yang bergagang he he he. keep up the good work yah..

    1. dionella Avatar

      iya mas, ada yang bergagang, ada yang gulungan seperti benang jahit, dan mungkin akan ada bentuk yang lain 🙂

  26. nayarini Avatar

    wah lagi blog-walking nemu dokter gigi yg punya blog… senangnyaaa 🙂 salam kenal dok. bakal rajin berkunjung nih karena saya memakai kawat gigi, tips-tipsnya pasti akan sangat berguna 🙂

    1. dionella Avatar

      terimakasih mbak sudah mampir ke sini, salam kenal 🙂

  27. Edy Avatar
    Edy

    kayaknya perlu ditambah juga tuh Dok, cara untuk flossing lidah…

    1. dionella Avatar

      Terimakasih Mas Edy atas sarannya.

      Untuk lidah sebenarnya cukup dengan menyikatnya bersamaan dengan waktu menyikat gigi. karena permukaan lidah yang elastis cukup mudah dijangkau dengan sikat, sedangkan gigi perlu pake floss karena ada selipan-selipan yang tidak terjangkau sikat gig

  28. yutri Avatar
    yutri

    dok kalo tarif scalling di puskesmas kisarannya brp ya? apa puskesmas dlm satu kecamatan itu bs melayani masyarakat dr luar kota? secara bnyk jg org yg bkerja di sby tp ktp msh daerah asal..

    1. dionella Avatar

      Halo mbak/ibu Yutri, silakan lihat di artikel ini ya 🙂

      Tidak masalah berasal dari mana saja, Puskesmas tetap melayani kok

  29. iqro_bismi Avatar
    iqro_bismi

    dok saya pernah pake DF tapi ko udahnya berdarah dan baunya kurang sedap. apa gigi saya bolong? tapi ko ga sakit..

    1. dionella Avatar

      berdarah itu mungkin mengenai gusi ya mas DF nya. tapi itu wajar aja sih asal tidak parah. nah, kalo habis itu malah berbau kurang sedap coba segera kumur, apa baunya masih tetap ada?

  30. jeffry Avatar
    jeffry

    saya ingin membersihkan karang gigi yg menumpuk di puskesmas keputih. saya lihat biaya retribusinya untuk Pembersihan karang gigi / scaling per regio Rp.11.000. maksudnya apa ya

    terima kasih banyak dok 🙂

    1. dionella Avatar

      Regio / wilayah

      atas: kanan, tengah, kiri
      bawah: kanan, tengah, kiri

  31. Web Kesehatan Avatar
    Web Kesehatan

    Terima kasih atas artikelnya yang mencerahkan. Saya menggunakan gambar anda di atas untuk tulisan mengenai karang gigi
    Terima kasih 🙂

    1. dionella Avatar

      terimakasih kunjungannya…

  32. […] flossing / membersihkan gigi dengan dental floss / benang gigi untuk membersihkan plak di tempat yang tidak terjangkau sikat […]

  33. ana Avatar
    ana

    Assalamualaikum bu.dokter, mau tanya nie. Gigi saya bagian kiri atas dan bawah terasa nyeri namun tidak ada yg berlubang. Hanya saja asal tempat nyerix tidak ditemukan, sehingga terasa nyeri d smua daerah gigi sbelah kiri. Kira2 knp y dok? Dan harus bagaimana?

    1. dionella Avatar

      Hai mbak Ana, terus terang saya juga tidak dapat memberikan analisa jika tidak melakukan pemeriksaan langsung. Juga butuh beberapa pertanyaan yang perlu dijawab: itu nyerinya sejak kapan, apakah ada kejadian yang mengawalinya (misal habis jatuh, dsb…)

  34. Dian Fitriana Avatar
    Dian Fitriana

    Ass. Dok terimakasih infonya, izin ya untuk dijadikan tambahan referensi karya ilmiah

  35. silivia puspa manjari Avatar
    silivia puspa manjari

    makasih dok infonya sangat berguna banget, aku mau tanya nih dok pemakaian dental floss yang baik dan bener itu gimna sih dok? soalnya takut dok mau makek hehehe

    1. dionella Avatar

      mbal Silivia, kalo beli dental floss, nanti di sana sudah ada cara pakainya kok. Intinya si benang itu kita pegang dengan erat lalu digesekkan ke sela-sela gigi supaya kotorannya terangkat

  36. Lisa Avatar
    Lisa

    Malam drg Nela,
    Makasih atas artikelnya.
    Kalau sy takut pakai dental floss apa ada cara lain? Untuk membersihkan sisa makanan? Apa ada sikat gigi khusus, kalau ada, boleh minta infonya

    1. dionella Avatar

      malam mbak Lisa, dental floss fungsinya untuk menjangkau daerah yang sulit dijangkau sikat gigi. jika takut pake dental floss, bisa berkumur yang keras dan sikat gigi teratur ya

  37. alice Avatar
    alice

    Dok maf saya udah terlanjur ada karang gigi, dental floss tersedia di apotek gak? Terus biasanya harga untuk membersihkan karang gigi itu kisaran herapa?

    1. dionella Avatar

      Hai Alice

      Dental floss tidak bisa menghilangkan karang gigi secara keseluruhan. Itu sifatnya untuk mencegah saja. Kalau sudah ada karang, maka bisa dihilangkan dengan scaling. Mengenai biaya, silakan baca di sini https://drg.dionella.net/2011/12/26/retribusi-pelayanan-kesehatan-gigi-di-puskesmas-surabaya/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.