Retribusi Pelayanan Kesehatan Gigi di Puskesmas Surabaya

Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 5 Tahun 2010 [Download Mirror] tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kota Surabaya salah satunya mengatur tentang biaya berobat ke Puskesmas.

JAM BUKA PUSKESMAS Klik!

Tarif ini berlaku umum di semua Puskesmas yang berada di lingkungan Dinas Kesehatan Kota Surabaya.

Sedangkan Puskesmas di luar Surabaya mungkin memiliki standar tarif berbeda sesuai kebijakan masing-masing daerah.

  • Pembersihan karang gigi / scaling per regio Rp.11.000;
  • Penanganan dry socket Rp.10.000;
  • Penanganan trismus Rp.10.000;
  • Pencabutan gigi sulung dengan chloretyl Rp.7.500;
  • Pencabutan gigi sulung dengan injeksi anestesi lokal Rp.15.000;
  • Pencabutan gigi permanen Rp.22.000;
  • Pencabutan gigi permanen M3 (geraham paling belakang) Rp.32.500;
  • Pencabutan gigi permanen M3 miring Rp.50.000;
  • Devitalisasi pulpa gigi permanen (TS 1) Rp.15.000;
  • Insisi abses Rp.20.000;
  • Open boor Rp.12.500;
  • Pulpcapping (TS 2) Rp.15.000;
  • Pulpotomi dengan trimix (TS 3) Rp.15.000;
  • Sterilisasi ruang pulpa (1) (TS 4) Rp.15.000;
  • Sterilisasi ruang pulpa (2) (TS 5) Rp.15.000;
  • Pulpotomi (TS 6) Rp.15.000;
  • Tumpatan (tambal) basis (TS 7) Rp.15.000;
  • Tumpatan (tambal) tetap glass ionomer cement Rp.15.000;
  • Tumpatan (tambal) tetap komposit Rp.25.000;
  • Eugenol cavit Rp.15.000;
  • Devitalisasi pulpa gigi sulung (TS 8) Rp.15.000;
  • Tumpatan (tambal) tetap amalgam Rp.15.000;
  • Tumpatan (tambal) tetap fisurre sealent Rp.25.000;
  • Curetage pocket gingiva Rp.25.000;
  • Operculectomy / gingivectomy / frenulectomy (per regio) Rp.50.000;
  • Flap periodontal (bedah gusi) Rp.150.000; 
  • Alveolectomy Rp.50.000;
  • Topical aplikasi per regio Rp.7.500;

Selain biaya tadi ada biaya pendaftaran di loket Rp.5000; untuk pasien umum, sedangkan warga Surabaya (ditunjukkan dengan KTP) dan pasien Jamkesmas tidak dikenakan biaya sama sekali, baik biaya pendaftaran maupun biaya retribusi pelayanan kesehatan.

Nah, murah khan?!

Meskipun biayanya murah, bahkan gratis, bukan berarti pelayanan kesehatan di Puskesmas asal-asalan lho. Kami para pelayan kesehatan tetap melayani masyarakat secara profesional dan menjunjung tinggi kode etik profesi.

Alat-alat di Puskesmas juga tidak kalah canggih dibandingkan dengan klinik kesehatan swasta. Setiap Puskesmas di lingkungan Dinas Kesehatan Kota Surabaya dilengkapi dental unit canggih dan beberapa set hand instruments yang selalu bersih dan steril.

Masih ragu berobat ke Puskesmas? 🙂

135 thoughts on “Retribusi Pelayanan Kesehatan Gigi di Puskesmas Surabaya

    1. dionella Post author

      hehe wajar kok mas galihsatria, tiap klinik memang bisa mematok tarif sendiri yang tentu saja disesuaikan dengan service level dan pertimbangan lain di internal mereka sendiri

      ukurannya kepuasan, kalo puas dengan hasilnya, berarti murah, atau setidaknya sesuai 🙂

  1. ocaaa

    hoo makasi infonya mbaak..
    biasanya aku ke dokter gigi deket rumaah..
    hmm boleh juga ntr nyoba ke puskesmas.. 😀

    1. dionella Post author

      eh dek ocha, sudah punya langganan deket rumah ya dek? kalo sudah langganan sebaiknya konsultasi terus ke situ supaya rekam mediknya terpantau..

      tapi kalo pas di kampus, mau mampir ke puskesmas keputih ya monggo aja, aku tunggu ya! :p

      1. ndutyke

        hohoho jadi teringat kalo harus bersihin karang gigi 😀 😀
        apa ke Puskesmas Keputih aja ya? sekalian kopdar ama si mbak dio? hihihi…

    1. dionella Post author

      hai mbak fenty, nambal 250 ribu bukan di puskesmas kan mbak? itu nambal berapa gigi mbak fenty? trus bahan tambalannya apa, karena setiap jenis bahan biasanya beda tarifnya. yang pake finishing dengan sinar laser dan enggak biasanya juga ngaruh ke tarifnya..

      kalo di klinik umum (bukan puskesmas) tarfi segitu masih wajar kok mbak, apalagi kalo ke dental aesthetic clinic, bisa lebih tinggi lagi 🙂

  2. bensdoing

    sya baru tahu ttg hal ini…..
    keponakan sya kalo nyabut gigi di praktek drg kena 100 ribu…
    trims infonya ya…
    salam kenal dan salam persahabatan !

    1. dionella Post author

      Puskesmas memang lebih murah daripada klinik atau tempat praktek dokter gigi karena disubsidi pemerintah, untuk melayani kesehatan masyarakat umum.

      Salam kenal juga, bensdoing 🙂

  3. Buncis

    Scalling per regio itu artinya pergigi toh Bu Dokter ?, Kemaren sempat scalling di Pukesmas Menur, masyaalloh penanganannya kasar banget dan bibir rasanya jontor, berdarah-darah dan akhirnya ngilu, bahkan sampai hari ini ngilunya kadang-kadang masih terasa …., bukan bermaksud menyepelekan puskesmas, tapi saya beberapa kali ke puskesmas sering tidak memuaskan. Pernah kena gejala tipes diagnonisnya malah flu dan batuk, padahal sudah tes darah segala. Ujung-ujungnya kudu bersitegang dengan dokter karena saya ngeyel bukan sakit flu dan batuk :-d. Tapi tetap aja dikasih obat flu dan batuk.Akhirnya saya memilih untuk berobat ke klinik.

    1. dionella Post author

      per regio itu maksudnya: atas, atau bawah, bukan per gigi

      yang dimaksud kasar itu gimana mas/mbak buncis?

      prosedur scaling memang mengakibatkan pendarahan, dan itu sangat wajar, bahkan harus, asalkan gak berlebihan lho ya pendarahannya, itu justru akan mempercepat penyembuhan lukanya. darah yang keluar juga bisa mematikan kuman atau bakteri di mulut lho..

      yang perlu diketahui bahwa scalling itu jika kalkulus (karang gigi) yang ada sudah tebal dan keras maka akan tidak mudah meskipun sudah menggunakan alat elektrik.

      nah supaya scalingnya tidak menyakitkan, maka lebih baik mencegah timbulnya kalkulus itu dengan merawat gigi sebaik2nya.. oke?!

  4. Anas

    Mbak, saya kemarin habis ambil obat TBC di puskesmas, ternyata gratis. biasanya bayar 5rb, sekartang gak bayar sama sekali.. tapi antrinya puanjang 😀

  5. Buncis

    Ooh per regio itu artinya gigi atas bawah ya …

    Bukan bermaksud untuk membandingkan ya dok, saya sekedar sharing pengalaman saya saja. Mungkin kala itu saya hanya kurang beruntung saja. Saya minta scalling semuanya tapi sama dokternya saya hanya discalling 5 buah gigi yang bawah, dan menurut saya tidak terlalu tebal untuk kondisi gigi yang sudah saya scalling 8 bulan sebelumnya ( ada garis hitam di pinggiran gigi ), dengan rasa yang tidak sesakit dan darah serta ngilu yang seperti saya alami waktu scalling di puskesmas yang saya ceritakan. Saking sakitnya saya air mata sampai keluar, dan saya yakin dokternya tahu kalo saya kesakitan tapi sepertinya cuek-cuek saja. padahal waktu scalling untuk yang pertama saya tidak merasakan sakit yang berlebihan, apakah memang seperti itu dok kalo scalling untuk kali kedua atau ketiga ….? (maksudnya lebih sakit dari yang pertama).

    Oh iya dok im a female :-p

    1. dionella Post author

      ouw female ya, hihi maaf kalo gitu, habis namanya buncis sih, kayak nama sayuran aja 🙂

      REGIO = REGION = wilayah (atas ATAU bawah, bukan atas DAN bawah)

      saran saya untuk mbak buncis, lain kali kalo sakit bilang aja sakit ke dokternya, supaya dikurangi intensitas tekanan dan putaran scalernya

      terimakasih ya sudah mampir ke blog ini 🙂

  6. sawali tuhusetya

    semoga para dokter di mana pun berada bisa memberikan layanan maksimal buat pasien seperti bu dokter nella ini. di daerah saya masih terkesan diskriminatif sih soalnya. yang mbayarnya murah apalagi gratisan, seringkali diperlakukan kurang manusiawi, kurang ramah, dan terkesan tidak ikhlas, hehe ….

    1. dionella Post author

      aamiin.. inggih pak guru, kesan seperti itu memang masih kental melekat pada fasilitas kesehatan milik pemerintah, seperti puskesmas dan rumah sakit umum daerah, namun dengan semakin banyaknya tenaga medis muda, insya alloh pelayanannya akan beda, mestinya secara institusi juga lekas sadar bahwa pesaingnya semakin banyak dari kalangan swasta, jika tidak berbenah diri bisa ditinggalkan masyarakat meskipun murah tarifnya 🙂

  7. Putrie Jrs

    Puskesmas gak kalah canggih kok dengan klinik-klinik swasta, setuju sekali.
    Kemarin sempat diundang sama dinas kesehatan juga di hari Kesehatan ke-46 di DBL arena. Ternyata puskesmas punya peran yang jauh lebih besar terhadap pelayanan masyarakat dengan kualitas yang semakin diperbarui dibanding klinik.
    -katanya Ibu Kepala Dinas Kesehatan-

    Sukses selalu untuk Ny.Budiono.. 🙂
    Ibu Dokter cantik 🙂 Salam kenal, Bu

    1. dionella Post author

      eh mbak putrie, salam kenal juga ya, terimakasih telah mampir ke sini 🙂

      iya lho, puskesmas sekarang beda dari jaman dulu, selain tenaga medis muda-muda juga dilengkapi peralatan canggih dan komplit..

    1. dionella Post author

      di keputih dek ocha, deket perumahan bumi marina emas, deketnya terminal keputih. iya setiap hari senin-sabtu di sini, tapi ada kalanya ke puskesmas pembantu di medokan semampir :p

  8. Angga

    saya bahkan seumur2 selalu ke puskesmas, baru sekali ke dokter gigi yang gak di puskesmas loh

    karena deket aja, bener kok pelayanannya bagus 🙂

  9. vina

    sayang pelayanan puskesmas terutama dokter gigi di tempatku samigaluh , kulonprogo, yogyakarta. tidak memuaskan. saya pernah cabut akar gigi geraham kecil, tapi gak tuntas, cuma cuil sedikit, karena kesulitan dokter bilang “kayaknya udah ga ada mbak” sungguh meragukan!! padahal lidahku masih bisa merasakan ada akar yg tertinggal. Apakah dia tak merasa bersalah sudah membohongi pasien? dimana hati nurani seorang dokter? bagaimana jika akar yang tertinggal akan berdampak buruk dikemudian hari? jadi curhat nih…hehe

    1. dionella Post author

      bagaimana mbak vina bisa tahu bahwa itu sisa akar?

      kadang ada pasien yang komplain, merasa akarnya masih ada padahal yang bisa dirasakan dengan ujung lidah itu tulang rahang. jika dibiarkan maka nanti tulang itu akan tertutup sendiri oleh jaringan baru. makanya habis cabut gigi biarkan aja darahnya menggenangi lubang itu supaya jaringan baru lekas terbentuk dan menutupinya..

      tapi supaya jelas, tidak ada salahnya memeriksakan sekali lagi 🙂

    1. Birien

      jadwal prakteknya di puskesmas jam berapa?? saya mau bersihin karang gigi dok 🙂 2 regio :p

  10. naomi

    dok saya mau tanya apa dipuskesmas bisa untuk operasi gigi geraham belakang ? untuk biayanya brp ya

    1. dionella Post author

      untuk tindakan operasi bisa dilakukan di rumah sakit atau dokter spesialis bedah mulut, juga bisa di Rumah Sakit Gigi dan Mulut FKG Unair

  11. - Sofie -

    Dok, saya ingin mmbersihkan karang gigi d pkm keputih. Tp dkter lg cuti yaa . . Smpe kpan dok cuti mlahirkannya ? Salam knal yaa dok 🙂

    1. dionella Post author

      salam kenal juga mbak sofie, iya saya lagi cuti, tapi di sana ada dokter gigi yang lain kok, namanya dokter ida

      saya selesai cuti di awal 2013 🙂

      1. hana

        Malem Dokter….. Mau nanya nih…..di PKM keputih bisa bantu pasien untuk pasang kawat gigi gak? Kalau emang bisa boleh tau harganya? Skalian nanya harga scalingnya untukbthn 2014 ini dok..,maka
        si dokter…slm kenal ya dok

  12. sisi

    Dokter dio, praktek di pkm keputih kapan aja yaa? Katanya suka di pkm pembantu yaa?kalau saya mau sm dokter dio gmn yaa?? Saya lebih dekat ke puskesmas keputih dok. Dokter pasti ada di pkm keputih kapan ya?

    1. dionella Post author

      Silakan datang kapan aja mbak, kami memang bergiliran di PKM Keputih dan di Pustu. Kalau mau saya tangani bisa kontak dulu via facebook ya 🙂

    1. dionella Post author

      itu per regio Bu/Mbak Widy, regio itu depan dan belakang, atas dan bawah.

      gigi atas: depan 1 regio, belakang 2 regio (belakang kanan, belakang kiri)
      gigi bawah: depan 1 regio, belakang 2 regio (belakang kanan, belakang kiri)

      jadi total semua gigi itu 6 regio

      Semoga cukup jelas nggih.. 🙂

  13. Nina

    Dok, mau tanya donk ?? Kalo mau tambal gigi bisa lebih dari 1 tidak ?
    Sekalian bersihin karang gigi ??
    Atau harus satu – satu di hari terpisah ??

    Terima kasih

    1. dionella Post author

      kalau scaling + tambal gak masalah Mbak/Bu Nina

      tapi kalau tambal gigi dilihat dulu lokasi gigi yang ditambal, jika ada di kanan dan kiri gak bisa bersamaan karena prinsipnya harus ada gigi yang bisa dipakai mengunyah makanan sesaat setelah proses penambalan dilakukan 🙂

  14. Ayah Asi

    Assalamualaikum Bu Dokter

    Saya belajar banyak nih dari tulisan anda.

    Mau nanya dikit ni

    Saya rencana mau memutihkan gigi, tp sebelum kesitu, saya akan scaling dulu.
    Yg saya tanyakan :

    1. geraham bawah kanan no.2 dari belakang sudah gak ada (copot sendiri, tanpa sakit, sudah +/- 1 tahun. Gigi tdk sensitif panas/dingin, gigi sensitif kl mengunyah makanan ber-sakarin/siklamat. Saya hanya menghindari mengunyah di kanan saja). Apa tindakan/saran untuk proses scaling dgn kondisi tersebut?

    2. Menurut anda ada 6 regio, tindakan scaling perkunjungan max brp regio? kunjungan berikutnya setelah brp hari?

    3. Berapa lama proses scaling? dengan asumsi karang gigi tebalnya spt tumpukan keset welcome..

    4. Apakah gigi bisa terlihat lebih putih setelah proses scaling? (karena saya sebenarnya menghindari bleaching gigi)

    5. Motto saya : gigi putih belum tentu sehat. hehehehe..

    Terimakasih bu dokter

    Semoga sehat selalu.

    Amin.

    1. dionella Post author

      Tindakan scaling berapa lama, tindakan terkait adanya gigi yang sudah lepas, sekali datang bisa berapa regio dan apakah habis scaling bisa lebih putih semuanya tergantung dari kondisi gigi sebenarnya yang hanya bisa diketahui setelah pemeriksaan langsung oleh dokter gigi Pak.

      Silakan datang langsung ke dokter gigi langganannya, supaya diperiksa langsung dan nanti hal-hal tadi bisa didiskusikan dengan dokternya 🙂

  15. novianti

    dok, apakah biaya masih sama untuk sekarang?
    oh iya, kalo gigi yang keropos tuch bisa ditambal ga ya?

    1. dionella Post author

      setahu saya belum ada perda baru yang mengatur tarif baru mbak, kemungkinan besar yang ini masih berlaku di seluruh Puskesmas di Surabaya

      Gigi yang keropos akan diperiksa dulu untuk menentukan tindakan yang tepat, termasuk apakah bisa ditambal langsung

  16. heriping

    Senangnya membaca artikel Retribusi Pelayanan Kesehatan Gigi di Puskesmas Surabaya
    Bisa melayalin penambalan dan pencabutan gigi murah
    Dok apakah harga tersebut sama dengan puskesmas di luar puskesmas surbaya?

    1. dionella Post author

      Halo mas/mbak Heriping, di luar Surabaya mungkin berbeda karena setiap daerah punya kebijakan masing-masing terkait retribusi layanan.

      Terimakasih telah mampir ke blog saya 🙂

    1. dionella Post author

      silakan baca artikel di atas mbak mufida, yang dilayani di puskesmas sudah tercantum di situ beserta retribusinya. sedangkan yang tidak tercantum maka belum bisa dilayani 🙂

  17. heriping

    Oohh..
    Makasih dok infonya
    Panggil saja dek dok
    Saya laki-laki dan masih pelajar 😀

    Sama-sama dok 🙂

  18. zeny

    Dok gigi seriq yag atas ada Ÿª?? tumbuh kedalam kata dokter Ÿª?? sy datangi harus di ambil k ahli bedah mulut.kira2 biayanya brp ?ªª dok????

    1. dionella Post author

      Untuk biaya bisa dikonsultasikan langsung dengan dokter gigi spesialis bedah mulut ya, karena setiap dokter/klinik punya kebijakan sendiri-sendiri soal biaya

  19. bimo

    mau tanya dok, gigi saya berlubang,saya sudah ke dokter dan ahirnya di tambal. tapi rasa sakitnya hanya hilang kira kira cuma 2 minggu,sekarang sakit lagi dan terasa lebih sakit dari sebelum ditambal.apakah harus dicabut? apakah kalo cabut di puskesmas bisa tidak sakit?maaf karena saya punya trauma tentang cabut gigi.trim mohon saran karena sakit sekali

    1. dionella Post author

      Berarti akar masalahnya belum selesai itu mas Bimo. Soal sakit atau tidak, tentu tergantung sensitifitas mas Bimo sendiri terhadap tindakan yang diberikan oleh dokter giginya. Biasanya dalam proses cabut akan ada pemberian obat bius kok 🙂

  20. wahyoe

    dok mau tanya dong biaya tambal gigi sekarang dong soalx gigi saya udah bolong yg depan seperti terkikis

    1. dionella Post author

      Halo mas Wahyoe, soal biaya di Puskesmas Keputih silakan baca di atas ya, kurang lebih masih sama kok. Tapi untuk di tempat lain silakan ditanyakan langsung ke tempat lain dimaksud

  21. rochania

    dokter,pelayanan gigi seperti yg disebutkan diatas apakah semua puskesmas melayani?

    1. dionella Post author

      Halo mbak Rochania, yang saya sebutkan di atas adalah Puskesmas Keputih. Sedangkan untuk puskesmas yang lain bisa ditanyakan ke tempatnya langsung ya mbak 🙂

  22. mrs.NY

    Dok, klo karang giginya bnyak,. apa bisa ya?? nyesel gk pernh kedokter gigi, karna takut… pdhl tiap hari jg gosok gigi, tp kok ada ya,,,

    1. dionella Post author

      Halo Mrs.NY, karang gigi harus dibersihkan lho, karena kalau tidak bisa mengganggu kekuatan gigi itu sendiri dan bisa merembet ke masalah yang lain

      Jika karang giginya banyak, tetap bisa dibersihkan hanya saja mungkin perlu waktu yang lebih lama, atau perlu datang beberapa kali. Silakan konsultasi langsung ke dokter gigi di mana saja supaya bisa diperiksa kondisinya

  23. syarah

    Halo dok salam kenal..
    Dateng ke puskesmas sebaiknya jam brapa ya? Biar gak ngantri?
    Trus dokter praktek hari apa ?
    Sy minat ke puskesmas..
    Soalnya karang gigi saya banyakk

    1. dionella Post author

      salam kenal juga mbak syarah, kalo mau ke puskesmas lebih baik pagi saja supaya msh dapat alat, prinsipnya 1 pasien 1 alat, kalo sudah kepake semua maka akan disterilkan dan tidak melayani pasien lagi

      saya praktek setiap hari kerja, tapi bergantian dg jadwal yang tidak ditentukan antara di puskesmas induk dan puskesmas pembantu

  24. Eko

    dok, gigi depan atas saya masih ada tapi keropos atau terkikis. kira2 bisa gak ya ditambal ? terima kasih

    1. dionella Post author

      mas eko, giginya harus diperiksa dulu supaya tahu kondisinya baru nanti bisa diperkirakan msh bisa ditambal atau tidak 🙂

  25. dewi

    Dok, saya berniat memutihkan gigi?
    apa bisa dilakukan di puskesmas? atau harus ke klinik?
    terus ada efeknya gak?
    kalo ada, apa aja efeknya?
    terima kasih..

    1. dionella Post author

      puskesmas tidak melayani pemutihan gigi mbak dewi, silakan datang dan konsultasikan ke dokter gigi yang melayani estetika gigi 🙂

  26. Ayu Arista Dewi

    dok saya mau tambal gigi depan yg patah karena kecelakaan biaya brp ya yg plg bgs n canggih hehe.. kalo mau buat janji caranya gmn? puskesmas dekat terminal keputih kan ya?

    1. dionella Post author

      mbak ayu, harus diperiksa dulu baru akan ketahuan bisa ditambal atau tidak. silakan datang ke puskesmas mbak 🙂

  27. okky mega maharini

    wah bagus juga dok, jadi pengen ke puskesmas keputih, caz gigi saya yang depan patah/cuil, itu di apakan ya dok ?
    lalu biayanya berapa kalo d puskesmas?
    alamat lengkapnya ap dok ?
    dan buka puskesmas jam berapa ?
    trimakasih 🙂

    1. dionella Post author

      silakan mbak okky. untuk tindakannya harus dilakukan pemeriksaan dulu ya mbak, apakah ditambal, atau disambung, atau seperti apa. biaya silakan dilihat di atas mbak 🙂

  28. okky mega maharini

    dok kalo di puskesmas keputih, gak tau tempatnya saya,
    kalo saya periksanya di rumah sakit gigi dan mulut unair kan deket juga sama rumah sya.
    dokter tau ap tdk , buka nya hari ap dan jam berapa d rumah sakit tersebut??

  29. Nikumi

    Dok, saya berumur 21th tapi udah lamaaaaa banget ga ke dokter gigi.. Yg mau saya tanyakan,
    Gigi geraham saya bolong semua, apakah itu bisa ditembel disana? Lalu gigi saya juga tidak putih, saya ingin memutihkannya, apakah ada saran untuk itu? Oh ya ini lokasinya di mana ya? Thanks

    1. dionella Post author

      Selama giginya masih kuat / tidak goyang maka sebaiknya dipertahankan. Bisa ditambal sesuai kondisinya. Untuk pemutihan gigi tidak dilayani di puskesmas 🙂

    1. dionella Post author

      Hai Tytyn, sudah banyak ditanyakan sebelumnya, bahwa puskesmas tidak melayani pemasangan behel. Silakan datang ke dokter gigi spesialis orto aja 🙂

  30. henry

    dok..minta alamat facebooknya..
    biar ditangani bu dokter , kalau kesana.
    mumpung masih kuliah di its,,,
    skalian bersihin karang gigi..

    oya dok. kalau karang giginya dah keras bingit, apa bisa sekali scaling ya dok?/
    makasih bingit dok..
    slam kenal dok

  31. dianajr

    Bu dokter,apa biayanya sampe skr tetep sama di puskesmas surabaya mana pun?tlg bantu y bu:)

  32. ayu

    Dok mksudx per regio itu satu gigi aja yg bagian atas atau bawah atau semua gigi bagian bawah atau atas?

    1. dionella Post author

      regio itu misalnya gigi bawah sisi kiri, gigi bawah bagian depan, gigi bawah sisi kanan, gigi atas sisi kiri, gigi atas bagian depan, dan gigi atas sisi kanan,

      jadi secara keseluruhan, ada 6 regio. begitu…

  33. Dhika

    Bu… saya berencana scalling gigi… tapi takut bgt… soalnya pengalaman teman saya katanya sakitnya minta ampun… ap memang ky’ gtu y??? lalu ap harganya untuk sekarang tetap segitu y bu?

    1. dionella Post author

      hai mbak Dhika, sakit atau tidak tergantung kondisi giginya, apa karangnya banyak atau tipis. kalau rajin merawat gigi karangnya tipis maka membersihkannya lebih mudah, tentu sakit yang dirasakan lebih sedikit

      selain itu ada faktor lain. saran saya tidak perlu takut lah mbak. kalau mau scaling, datanglah lebih pagi

  34. toni

    saya mau tanya, saya pernah operasi bedah mulut di fkg unair tahun 1997, gigi saya di cabut melalui proses bedah, karena mahkota gigi sudah rata, atau dalam bahasa awam sudah gak ada posisi alat cabut mencengkram gigi utk di cabut. pertanyaannya:
    1. Apakah di puskesmas perangkat bedah mulut skr memadai persis dengan kebutuhan cabut melalui bedah?
    2. Berapa lama proses pembedahan nya?

    tolong share info ya, karena ini kali pertama saya akan bedah di puskesmas. grazie

    1. dionella Post author

      Puskesmas Keputih tidak melayani bedah mulut ya mas. Selain alatnya tidak ada, dokter gigi spesialis bedah mulut-nya juga tidak ada.

  35. natalia

    Sore..maaf bu dokter numpang nanyak..ituh harga nya beneran??syaratnya apa ajah?? Gigi belakang saya tumbuh..kta dokter harus di ambil..tapi harga bedah di rumah sakit mahal2.. jd ke pending lama deh..

    1. dionella Post author

      Untuk pembedahan tidak dapat dilayani di Puskesmas, Mbak.. Tapi jika posisi giginya masih memungkinkan dicabut tanpa pembedahan, ya kemungkinan masih bisa. Silakan datang untuk diperiksa langsung

    1. dionella Post author

      Puskesmas buka terus setiap hari kerja dg jadwal sbb

      Senin – Kamis buka jam 07.30 sampai 14.30
      Jumat buka jam 07.30 sampai 11.30
      Sabtu buka jam 07.30 sampai 13.00

  36. Pingback: Jadwal Buka Puskesmas Keputih Surabaya - drg. Dio Nella

  37. ima

    Saya pernah bersihin karang gigi di salah satu puskesmas surabaya,rahang bawah,petugas kesehatannya ceroboh,walhasil bibir saya luka dan jadi sariawan,kapok saya,,puskesmas hari jumat tutup jam setengah12 tapi saya ke puskesmas menur pukul 10.50 ditolah dengan tukang parkirnya,,diminta kembali sore,,kecewa lagi

    1. dionella Post author

      Hampir tidak ada proses pembersihan karang gigi yang tidak menimbulkan pendarahan. Justru darah yang keluar itu memiliki fungsi melindungi gigi dari bakteri. Menurut pengalaman, jika pasien kooperatif / bisa diajak kerjasama, maka pendarahan yang ditimbulkan akan sangat sedikit.

  38. digitamanp

    malam dokter nella..

    gigi depan saya patah kecil dulu sempat di rontgen di RSGM UI katanya bisa ditambal. kira2 kalo di tambal di puskesmas keputih kena biaya berapa ya dok? terima kasih 🙂

    1. dionella Post author

      Semua biaya pelayanan yang ada di Puskesmas Keputih sudah ditampilkan semua di halaman ini ya mas/mbak.. Silakan dibaca lagi 🙂

  39. Fiitriii

    Alamatnya keputih mana dok?
    tolong lebih detailnya yaa.. saya di wonocolo A. Yani
    terima kasih.

  40. sopeeh

    halo dok, saya mahasiswa its dari jakarta, saya menggunakan kawat gigi. susah banget buat cari dokter yang mau nerusin atau sekedar kontrol. apakah dokter gigi di puskesmas keputih bisa membantu kendala saya?

    terima kasih 🙂

  41. Ami

    Flap periodontal (bedah gusi) di puskesmas untuk penanganan kasus apa ya dok?
    Apa bisa untuk gum recession?

  42. lulu

    Siang dok,tadi pagi waktu saya baca artikel dokter langsung saya semangat ke puskesmas untuk periksa gigi,slama ni saya takut soal biayanya yang kta”nya mahal dok.
    stelah saya ke puskesmas ni ya dok,saya cm diperiksa aja,tanpa dikasih saran apa”,cuma di kasih obat,pdahal gigi saya berlubang,waktu saya tanya gak di tambal atau di cabut dok?trus dokternya cuma bilang “gak berani ambil resiko”. trus saya harus gimana dok?apa gigi saya tergolong parah sehingga gak berani ambil resiko,apa aq harus ke dokter spesialis gtu ya dok??
    oya 1 lagi dok, wktu saya di periksa dokternya sempat bilang “gak pernah di pakai makan ya giginya”. ya jelas aja gak tak pake makan soalnya lo sampe tak pake makan sakit dok..yg saya sesalin lgi knp dokternya ga ngasih penjelasan atau saran harus ke spesialis dokter gigi atau apalah gtu,lo kya gni kan aku jadi binggung dok harus gimana lgi..

  43. Nindita P. Miguna

    Haii dok, salam kenal yaa.. dok aprange biaya tsb msh berlaku smp skg? Gigi rahang atas sy sblh kanan berlubang & akhir2 ini suka sakit sekali radanya, untuk penambalan gigi baiknya datang jam brp ya dok spy tdk antri?

    1. dionella Post author

      Halo mbak Nindita, biaya tersebut belum ada peruhana kok sampai sekarang, masih berlaku di seluruh Puskesmas di Surabaya. Kurang lebihnya segitu ya. Kalau jam tidak antri agak susah ya mbak karena sekarang Puskesmas ini menjadi tempat berobat favorit warga masyarakat. jadi jam berapa aja biasanya antri.

  44. evo

    dokter aku boleh minta alamat puskesmasnya ?
    insyallah kalo libura aku pingin bersihin karang gigi :).
    terima kasih dokter.

  45. ikhwan iwan

    Pukesmas kampar tdk ada utk gigi, disuruh ke peknbaru bayar, padahal sdh ada bpjs

  46. ainur

    salam kenal dok, saya mau tanya apa dokter dionella membuka praktek diluar jam kerja di puskesmas ? jika iya dimana, dan saya ingin tanya mengenai tarif pasang behel permanen berapa ya dok ? terima kasih

    1. dionella Post author

      halo mbak / mas, untuk saat ini saya tidak buka praktek di luar Puskesmas ya, krn waktunya saya gunakan untuk interaksi sama anak-anak dan suami di rumah. untuk tarif pasang behel sebaiknya langsung dikonsultasikan dengan dokter gigi spesialis orto ya.

  47. Dwi Indah Armadani

    Assalamu’alaikum.
    Pagi dok.
    Saya mau tanya, di Puskesmas Keputih apakah bisa menangani perawatan saluran akar.
    Terus seumpama bisa biayanya berapa per visit?

  48. andi hk

    Dokter..saya ada 2 pertanyaan : 1. Setahun yang lalu saya cabut gigi geraham nomer 2 dari belakang..semula tidak ada masalah..2 bulan kemudian bekas pencabutan terasa ada yg mengganjal dan dirasakan oleh lidah kelihatan runcing dan kasar. Apabila tertekan oleh makanan yg agak keras terasa sakit.. Apakah itu merupakan sisa geraham yg tidak tercabut sempurna dan apa yang harus saya lakukan?
    2. Seminggu yang lalu tambalan gigi geraham saya lepas dan kelihatan lubangnya. Sampai saat ini buat makan tidak terasa sakit dan masih normal seperti biasanya. Haruskah saya cabut gigi tersebut atau cukup ditambal ulang? Klo ditambal ulang bisakah cukup sekali saja penambalannya? Terima kasih.

    1. dionella Post author

      kemungkinan sisa akar gigi yang waktu pencabutan belum bersih semua. ini baru kemungkinan, supaya pasti harus diperiksa langsung. untuk penambalan, atau pencabutan, harus dilihat kondisi giginya apakah masih kuat untuk dipertahankan, jika masih kuat maka ditambal, jika sudah goyang / rapuh maka dicabut saja

  49. Yoyon

    Mau tanya bu dokter…
    Klo sambung gigi depan yg patah itu tarifnya berapa?
    Dan hari minggu atau malam hari bu dokter libur ya?
    Trimakasih..

    1. dionella Post author

      maaf mas Yoyon kami tidak melayani penyambungan gigi. silakan datang ke dokter gigi spesialis konservasi gigi ya

  50. qifti

    Mbk mau tanya dong sampek sekarang dokter gigi di puskesmas keputih cewek2 kan? Apa ada cowoknya?

  51. Syafril shofiyyul

    Permisi, dok saya mau konsultasi dulu bisa kh? Biasa nya sama sapa ya kalo konsultasi?
    Iyah dok kalo puskesmas gigi di daerah suramadu ada gak ya yg murah? Dimana?
    Makasih…

  52. Dewi

    Salam kenal dok,

    Dok saya female usia 22 tahun dan saya punya caries gigi sangat besar dan dlam di gigi geraham bagian atas sebelah kiri.
    Kalau tidak salah sudah 3 tahunan saya biarkan.
    Awalnya saya kurang peduli karna sudah tidak terlalu sakit seperti awal2 dulu.

    Tapi setelah saya baca2 saya ingin melakukan PSA.
    Nah pertanyaannya, dari beberapa artikel yg saya baca dan hasil bertanya tanya dibeberapa tman harganya mahal bagi saya.

    Apakah di PKM khususnya PKM Keputih bisa melayani untuk perawatan saluran akar itu sendiri dok?
    Dan kalau ada kira2 berapa habisnya biaya untuk semua tahapan PDA smpai Dental crown dok?

    Mohon jawabannya segera dok..

    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih..

    1. dionella Post author

      salam kenal juga mbak Dewi. untuk biaya-biaya / retribusi pelayanan di puskesmas, semua sudah dicantumkan di postingan ini ya mbak. jenis pelayannya juga tercantum di situ. yang tidak tercantum berarti belum dapat dilayani

  53. sheilla

    Selamat malam dok, mau tanya. Dokter masih di puskesmas keputih? Saya mau nambal gigi rencananya. Tertarik juga untuk perawatan ke puskesmas. Tarif masih sama kah?

  54. Inas

    Malam dok.. Saya tertarik untuk membersihan karang gigi saya di PKM Keputih.. Jadwal dokter di PKM kapan aja ya? Makasih banyak ya dok, sangat senang bisa tau info pelayanan puskesmas bagus dan harga yg terjangkau apalagi untuk mahasiswa ?

    1. dionella Post author

      Halo mbak Inas, datang aka ke PKM Keputih mbak, nanti akan selalu ada dokter giginya kok. Ada 3 dokter gigi di sini namun kami juga praktek di Puskesmas Pembantu Medokan Semampir secara bergantian secara acak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.