Sakit Gigi

Sakit Gigi Lebih Baik daripada Sakit Hati?

Sakit Gigi
Aduuhh…

Pernah dengar lagunya Meggy Z yang berjudul “sakit gigi”? Lagu itu menggambarkan betapa sakitnya sakit hati karena putus cinta.

Meggy Z mengibaratkan sakit hati itu lebih sakit daripada sakit gigi. “Lebih baik sakit gigi, daripada sakit hati”, begitu penggal liriknya.

Benarkah sakit gigi lebih baik daripada sakit hati? Bertanyalah ke orang-orang yang pernah sakit gigi, mungkin mereka tidak setuju dengan lagunya Meggy Z itu :d

Menurut cerita pasien, sakit gigi itu sakit banget, lebih sakit daripada sakit hati malah! Bagi yang belum pernah sakit gigi, rawat giginya baik-baik supaya jangan sampai merasakan sakit gigi ya?!

Apa sih sebenarnya ‘sakit gigi’ itu?

Catatan: yang dibahas ini adalah ‘sakit gigi’ seperti yang sering dialami oleh pasien. Yaitu nyeri yang sangat hebat di giginya. Selain ‘sakit gigi’ jenis yang ini, masih ada banyak ‘sakit gigi’ yang lain.

Sering ada pasien yang datang sambil nyengir, muka merah padam seperti menahan emosi, bahkan ada yang sambil menangis. Tanpa ditanya, begitu masuk ke poli gigi mereka akan bilang: “dok, saya sakit gigi, sakit banget dok, ampun, tolong dok, cepat dok!”

gigi berlubang
Lubang di gigi bikin cenat cenut!

Begitu diperiksa, kebanyakan pasien dengan keluhan sakit gigi itu ternyata mengalami gigi berlubang. Lubangnya bisa kecil, bisa besar. Bisa berada di tengah, bisa di pinggir. Nah, sisa makanan akan menumpuk di dalam lubang itu lalu menjadi tempat berkembangbiaknya aneka kuman dan bakteri.

Nah, rasa ngilu atau nyeri tak tertahankan itu datangnya dari syaraf gigi yang terganggu aneka sisa makanan yang telah membusuk penuh kuman dan bakteri tadi. Selain menimbulkan rasa nyeri yang hebat, kondisi seperti itu juga bisa menimbulkan bau mulut yang kurang sedap.

Rasa ngilu tadi bisa datang dan menyerang dengan hebatnya, lalu bisa hilang, lalu suatu saat bisa datang lagi. Itu jika tidak diatasi dengan benar.

Kebanyakan penderita yang takut datang ke dokter gigi akan mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas di toko obat atau apotek.Β Padahal obat pereda nyeri tadi hanya meredakan nyeri dengan mengurangi sensitifitas syarafnya, bukan menghilangkan penyebabnya!

Bagaimana cara mengatasinya?

Cara mengatasi sakit gigi adalah dengan memberikan penanganan yang tepat terhadap sumber sakitnya. Bukan hanya dengan mengonsumsi obat pereda nyeri. Datanglah ke tempat praktek dokter gigi atau Puskesmas, dapatkan solusi yang tuntas sehingga sakit gigimu tidak kambuh lagi πŸ™‚

Jika sakit gigi itu karena adanya lubang pada gigi, maka dokter gigi akan membersihkan lubang itu hingga benar-benar bersih, kemudian menambalnya. Itu jika gigimu masih bisa dipertahankan. Tapi jika lubangnya sudah parah dan sulit untuk dipertahankan, mungkin gigi yang bermasalah itu akan dicabut.

Yang paling baik sebenarnya adalah mencegah supaya tidak sampai sakit gigi. Lakukan sikat gigi setidaknya dua kali setiap hari, lalu periksa ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Dengan memeriksakan gigi secara rutin maka masalah di gigi akan terdeteksi lebih awal sehingga bisa segera ditangani.

 

Comments

26 responses to “Sakit Gigi Lebih Baik daripada Sakit Hati?”

  1. galihsatria Avatar

    Saya jadi ingat kata Ikal di novel Laskar Pelangi, bahwa dia mengagumi profesi dokter gigi karena ada tiga kombinasi hebat di dalam seorang dokter gigi: kecantikan, kecerdasan, sekaligus tenaga kuli :mrgreen:

    1. dionella Avatar

      wah betul banget mas galihsatria, harus ada unsur kekuatan tangan! kalo gak kuat gimana mau nyabut gigi yang menancap kuat itu? :d

  2. Anas Avatar

    hmm, aku jarang ke dokter gigi mbak.. takuuuttt

    1. dionella Avatar

      gak usah sering-sering mas anas, cukup 6 bulan sekali buat pemeriksaan rutin sehingga kalo ada yang gak beres cepat ketahuan..

  3. erna Avatar

    saya beberapa ke dokter gigi, gara-gara sakit gigi.. πŸ™‚

    1. dionella Avatar

      terimakasih mbak erna kunjungannya, salam kenal ya πŸ™‚

      trus gimana mbak sekarang sakitnya sudah sembuh apa belum?

  4. isnuansa Avatar

    Hihihi, berarti saya salah ya, Dok.. Selalu cuma makan obat pereda rasa sakit. Lama-lama bisa kebal ya?

    1. dionella Avatar

      bukan kebal aja mbak isnuansa, tapi akar masalahnya gak tersentuh, karena obat pereda nyeri gak akan berpengaruh ke bagian gigi yang bermasalah :d

      nanti tau-tau lubangnya makin gede lho mbak, dan rasa nyerinya bisa semakin parah.. ayo lekas ke dokter gigi mbak πŸ™‚

  5. Ely Meyer Avatar

    nggak ah … sakit gigi juga menyakitkan …. wuiii nggak mau lagi, harus rajin ke dokter gigi, minim 2 kali setahun buat dibersihin giginya

    1. dionella Avatar

      sakit hati mungkin kalo udah dapat ganti langsung sembuh total sakitnya ya mbak,kalo sakit gigi mana bisa pulih 100% hehe

  6. ririsnovie Avatar

    Meggi Z yang salah bu dok, lebih baik tidak sakit gigi dan tidak sakit hati..hehee…dua2nya sangat tidak enak. gigiku berlubang..huhu…tp masih enggan ke dokter gigi…

    1. dionella Avatar

      ayo mbak riries, nunggu apa? kalo udah parah nanti nyesel lho ya..

      1. ririsnovie Avatar

        nunggu berani bu dok, eh, ternyata komenku masuk ya…kmrn gak muncul2..hehee…

        1. dionella Avatar

          eh iya mbak, kata suamiku banyak komentar masuk spam jadi ndak muncul..

          hihi mbak riris, kenapa takut sih? takut membayangkan tang ya? atau jarum suntik? xixix..

  7. misstitisari Avatar

    baca judulnya langsung merinding *serius*
    amitamit dehh jangan sampe sakit gigi, jaman kecil saya udah kapok bulakbalik ke drg. makanya mendingan menjaga daripada harus ngobatin

    1. dionella Avatar

      betul, mencegah lebih baik daripada mengobati, misstitisari πŸ™‚

  8. sakura suri Avatar

    katanya minum air garam bisa meredakan sakit gigi bener ga dok?
    πŸ™‚

    1. dionella Avatar

      berkumur air garam pada beberapa kasus bisa mengurangi rasa nyeri yang timbul saat itu mbak, tapi efeknya gak jangka panjang. supaya sembuh ya harus diatasi akar masalahnya secara tuntas πŸ™‚

  9. Lyliana Thia Avatar

    pasien datanglah pada kami, demi kesehatan kalian dan masa depan kami.. hehehe..

    apa kabar? sukses selalu ya Dionella πŸ˜€

    1. dionella Avatar

      alhamdulillah kabar baik mbak lyliana, terimakasih ya sudah mampir lagi ke sini πŸ™‚ mbak lyliana gimana kabar?

  10. giewahyudi Avatar

    Kalau disuruh milih sih pengennya sehat hate dan sehat gigi, sakit gigi dan sakit hati itu sama sakitnya, dalem rasa sakitnya..

    1. dionella Avatar

      betul mas, paling enak kalo sehat jiwa dan raga hehe.. gimana bayinya mas, semoga sehat di dalam kandungan ibunya ya..

  11. Sugito Avatar
    Sugito

    Gara2 makan daging alot, tambalan gigi ku copot, alhasil gigi sakit terus tiap malam,,,hadooooh.

    Tarif tambal gigi skrng brp ya ?

    1. dionella Avatar

      Wah lain kali hati-hati ya pak Sugito kalo makan daging alot πŸ™‚

      Untuk retribusi di Puskesmas bisa cek di sini https://drg.dionella.net/2011/12/26/retribusi-pelayanan-kesehatan-gigi-di-puskesmas-surabaya/

  12. didik Avatar
    didik

    salam kenal aja dok…

    1. dionella Avatar

      Salam kenal juga Pak Didik πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.