Merawat Gigi Si Kecil yang Gigis

Apa itu Gigis?

Rampant Caries alias rampan karies alias gigisΒ adalah suatu kondisi gigi berlubang pada anak yang ditandai dengan munculnya karies di sekitar gigi. Yang paling sering mengalami rampan karies biasanya gigi seri atas, tetapi tidak menutup kemungkinan bisa terjadi pada gigi seri bawah dan gigi geraham.

Menurut berbagai penelitian, kejadian rampan karies ini mencapai 90% pada anak usia 3 hingga 6 tahun, utamanya terjadi di negara berkembang. Hal itu disebabkan karena semakin bervariasinya makanan dan minuman yang dikonsumsi si kecil namun tidak diiringi dengan bertambahnya tingkat kesadaran orang tua untuk menjaga kebersihan gigi dan rongga mulut anaknya.

Pada umumnya rampan karies terjadi pada gigi susu, yaitu kelompok gigi yang pertama kali tumbuh sebelum berganti dengan gigi permanen.

Susu formula dalam botol, permen, es krim dan aneka makanan manis yang lain, jika cara mengonsumsinya salah maka bisa menjadi penyebab rampan karies. Sisa-sisa makanan dan minuman itu tadi akan mengendap di gigi, menimbulkan suasana asam yang membuat gigi menjadi lunak dan terkikis sedikit demi sedikit.

Sebaiknya dicabut atau dibiarkan?

(Ini sekaligus menjawab Bapak Hanafi Al Faruq di Probolinggo yang mengajukan pertanyaan melalui facebook suamiku).

Jika gigi anak mengalami rampan karies, sebaiknya dibiarkan saja, tidak perlu dicabut. Jika sisa gigi tersebut dicabut, justru akan menyebabkan gigi baru akan tumbuh tidak beraturan. Sisa akar gigi tersebut dengan sendirinya akan terdorong oleh gigi baru dan kemudian terlepas. Lagian biasanya rampan karies ini terjadi pada banyak gigi, kasihan anaknya juga jika harus dicabut satu per satu πŸ™‚

Yang terpenting, kebersihan gigi anak harus benar-benar diperhatikan.Β Ajarkan sikat gigi sejak dini kepada anak. Lalu setiap habis mengonsumsi makanan dan minuman manis, ajarkan anak untuk berkumur. Dengan berkumur maka sisa makanan dan minuman akan larut dan terbuang.

Berikut ini beberapa artikel populer terkait rampan karies:

Oke, sekarang waktunya berbagi komentar atau pengalaman. Monggo… πŸ™‚

115 thoughts on “Merawat Gigi Si Kecil yang Gigis

  1. ndop

    wah wah, bagemana istilah Rampant Caries alias rampan karies berubah jadi gigis ya? haha.. orang Indonesia memang ajaib!

    1. dionella Post author

      kayaknya gigis memang asli bahasa sini mas buat menyebut kondisi gigi yang karies, baik pada anak maupun orang tua πŸ™‚

  2. Hanafia Al Faruq

    Terima kasih banyak atas penjelasan bu dokkter… Saya jadi agak tenang dalam menghadapi masalah gigis anak saya… Semoga bu dokter tambah sukses… πŸ™‚ Salam buat pak Budiono πŸ™‚

    1. dionella Post author

      sebenarnya tergantung kasusnya sih mas, tapi pada umumnya tidak perlu dicabut. untuk pastinya bisa diperiksakan ke dokter gigi terdekat πŸ™‚

  3. Relifa

    Wah terima kasih info nya sangat berguna ini buat saya yang baru memiliki anak balita. walaupun anak saya ga mengalami ini tapi tetap bermanfaat buat jaga jaga. oh ya saya juga ada pertanyaan soal gigi anak. Sebenarnya bagaimana membersihkan gigi anak usia dibawah 2 tahun? perlu sikat khusus kah? saat ini kan banyak tuh sikat gigi khusus balita? soalnya anak saya slalu menangis jika disikat gigi nya…

    1. dionella Post author

      di bawah 2 tahun belum perlu sikat gigi mbak, cukup bersihkan pake kapas hangat aja diusap2kan ke giginya pas habis makan atau minum selain ASI..

  4. ririsnovie

    Bu dokter, jadi sebenarnya anak mengkonsumsi seperti permen, coklat tidak masalah kan? asalkan sikat gigi teratur dengan cara yang benar. soalnya saya sering membelikan permen dan coklat untuk ponakan.. πŸ™

    1. dionella Post author

      permen dan coklat selain pengaruh ke gigi juga ke kesehatan mbak. biasanya kan mengandung pemanis buatan, itu juga ndak baik lho..

      1. Astrid

        Anaknya saya umur 3tahun, hampir smw gigi dpnnya gigi. Dan kmrn ada 1 yg akhirnya betul2 kertas hingga tampak ompong. Sebaiknya bgmn ya, mengingat gigi tetapnya masuk lama tumbuhnya?

  5. Fini

    Siang Dokter,

    Kebetulan anak saya juga kena rampan karies dan kami membawanya ke Pedodontist.
    Tapi kok Dokter tersebut menyarankan unuk dicabut ya Dok, yang agak sedikit heran, karena sisa gignyanya pun sudah tidak terlihat, dan dokter tersebut mengatakan akan disuntik dulu sebelum dicabut..!!!!!!!!!!
    Apakah ini tidak akan menimbulkan trauma pada anak, mengingat disuntik digigi itu agak cukup membuat anak takut……..

    Mohon pencerahannya Dokter.
    Seblumnya terima kasih banyak untuk jawabannya…….

    1. dionella Post author

      dokter paedodontist mungkin punya alasan tersendiri sehingga menyarankan sisa akar gigi dicabut, tentunya setelah melakukan observasi secara langsung.

  6. iephe

    Anak saya usia 18 bulan, sekarang giginya 16, gigi susu bagian atasnya gigis. Saya agak heran, masih kecil kog udah gigis???
    Kalau minumnya dia asi saja sampai 6 bulan, kemudian nambah sufor sampai sekarang. Makanan manis juga jarang saya kasih. Apa gigis itu ada penyebab lainnya selain sufor dan makanan manis dok?
    Kemudian sejak usia berapa kita bisa mengenalkan pasta gigi pada anak?
    trimakasih.

    1. dionella Post author

      Halo mbak Iephe, istrinya mas Anang ya? Gigis selain faktor eksternal juga dipengaruhi faktor internal/genetik. Tapi pada umumnya gigis terkait dengan kebersihan gigi dan rongga mulut. Justru gigi susu itu rawan gangguan mbak, jadi sebaiknya habis ngedot atau makan si dedek dikasih minum air putih dan dilap giginya pake kain/kapas basah

      Kalo sudah terlanjur gimana? Setidaknya diupayakan supaya tidak tambah parah gigisnya dengan menjaga kebersihan gigi dan rongga mulut πŸ™‚

  7. iephe

    iya bu dokter, ni yg gigis anaknya Pak Anang, hehe… Oiya, pasta gigi itu ketelan gpp ya??? kl anak kecil kan masih susah diajari kumur.

    1. dionella Post author

      kalo ketelan sedikit dan sesekali gpp mbak, tapi kalo sering dan banyak ya ndak baik. gak pake pasta gigi juga gpp kok mbak kalo masih kecil, dilap aja pake kain, atau disikat aja tanpa pasta gigi. kalo anaknya sudah bisa kumur, baru dikasih pasta gigi

  8. ulphe dende

    Waah..bagus skali artikelnya dok..jadi nambah ilmu…dn lebih tenang juga..krn ank saya juga hampir gigis juga ng..kliatan tanda2nya di gigi seri atas..
    Oh ya dok..saya mau tanya skalian…Graham anak saya berlubang…sya bwa ke dokter. ..katanya abses..dan harus d cabut..usianya 5.6thn..apakah ga ada solusi lain slain d cabut?
    Mohon infonya dok..tqu

    1. dionella Post author

      Halo bunda, senang jika artikel ini bermanfaat buat bunda dan si kecil. Soal gusi si kecil yang abses dan menurut dokternya harus dicabut, kemungkinan besar dokternya sudah melakukan pemeriksaan langsung ya bunda. Tentu beliau akan memberikan saran sesuai kondisi yang ada pada pasien.

      Gusi yang abses bisa disebabkan banyak hal, bisa karena kebersihan rongga mulut yang kurang terjaga, adanya luka akibat sariawan atau kena benda asing, atau bisa juga karena faktor giginya.

      Nah kalau penyebabnya dari giginya itu sendiri, misalnya keropos lalu memicu infeksi, maka mencabut adalah tindakan yang tepat. Bunda tidak perlu kuatir karena gigi yang dicabut nanti akan tumbuh lagi kok bunda karena itu masih gigi susu kan?

      Semoga cukup jelas ya bunda πŸ™‚

      1. Ayu

        Dear dok. Anak saya umur 2,5 tahun. (28 bulan) Gigi nya gigis semua. Heran nya lagi dah mau tumbuh gigi lagi yang depan atas sampai bengkak dan berdarah terus. Sedangkan yang gigis tadi masih ada. Saya khawatir.Saya harus gimana ya dok.

  9. ulphe dende

    Alhamdllh…hilang galau sya sbagai emak2 yg baru pngalaman perdana liat anak sakit gigi n dicabut pula…nah 1 lag dok ya..kan ntar ada space yg kosong stlh pencabutan…pngalaman liat kponakan sya ko giginya jdi pada renggang krn gerak ke arah yh kosong sisa si gigi yg sdh d cabut…khawatir gigi dwasa yg nnti tumbuh ga kbagian space..apa perlu dibuatkan space maintainer spt yg saya liat di utube. .minta saran dari bu dokter dong..sberapa penting pemasangan space maintener ini…syukron atas replynya ya dok πŸ™‚

    1. dionella Post author

      halo mbak ulphe, sebenarnya gigi yang habis dicabut, jika itu gigi susu, itu di dalamnya masih menyimpan benih gigi selanjutnya, jadi tidak perlu kuatir nanti akan renggang sampai tua. tapi pemasangan spacer/blank kalo menurut pemeriksaan memang diperlukan ya bisa saja dilakukan πŸ™‚

  10. AnnA

    bu dokter, anakq bulan ini satu tahun. gigi atas yg depan, dua ada yg kasar dan permukaannya ga rata gt.. trus ujungnya juga ga rata lurus ( klo lg kasih asi suka sakit gt bu) apa itu tandanya gigis ya?? apa perlu dibawa ke drg sejak skg?

    1. dionella Post author

      halo mbak anna, giginya sudah sebarapa panjang ya tumbuhnya? sudah muncul sempurna atau masih proses tumbuh?

      kalo gigis itu giginya keropos, malah ada yang sampai habis giginya. silakan diperiksakan ke dokter gigi mbak supaya tahu kondisi sebenarnya

      1. AnnA

        sudah muncul sempurna skg .. waktu umur 8bln itu ada garis kecoklatan gt.. trus aq bilang utinya, ini gigis ta? eh utinya bilang ” blm makan anehΒ² masa udah gigis” gitu dok.. akhirnya ya saya biarkan.. trus skg koq makin terkikis gitu (dulu rata skg aga lancipΒ² gt ujungnya), tp ga itemΒ² dok.. brarti umur segitu bisa ya diperiksakan ke dokter gigi..?? soalnya kan msh susah tuh disuruh buka mulut..

  11. onih yuliani

    Dok mw tny anak sy giginya yg di dpn gigis dy ngeluh skt2 trs dah di priksa di obati aja..kMrn k drg yg lain beliau menyarankan u/ dicabut…akhrny 1 gigi dicabut…skrg gigi yg 1nya jg yg berlubang dan gusinya bengkak..apakah giginya hrs di cabut jg…apa tdk apa2 dok mhn pencerahannya . Syukron dok

    1. dionella Post author

      halo mbak onih, untuk kondisinya saya belum bisa membayangkan, jadi belum bisa kasih saran ya mbak, perlu pemeriksaan langsung oleh dokter gigi itu mbak πŸ™‚

    1. dionella Post author

      Tidak semua mbak. Banyak kok anak kecil yang giginya tidak bugis/gigis. Ortunya harus telaten menjaga dan merawat kebersihan gigi si kecil supaya tidak bugis

  12. diana

    bu dokter .Anak sy usia 3,5 thn tp giginya sdh sprti gambar diatas,karies parah yang tinggal geraham blkngnya sj,inipun sdh menunjukan tanda2 kena karies jg,prtnyaan sy apakah ada cara menghentikannya,atau mngkin ada obatnya?yg jls skrng anak sypun rajin mnyikat gigi,cuma y masih ngedot saat tidur.
    terima kasih atas penjelasannya

    1. dionella Post author

      nah mungkin ngedotnya itu bunda penyebabnya. kan susunya mengandung pemanis, dan ketika tidur sisanya bisa menumpuk di mulut dan memicu pembusukan dan akhirnya gigis tadi..

      menghentikannya? kurangi penyebabnya, dan terus jaga kebersihan gigi si kecil

  13. maya

    Dok,mau tanya anak saya usia 23 bulan gigi depan atas udah gigis dok cara mengatasinya gmn dok agar tidak tambah parah,soalnya kalau malam kuat sekali dia ngedotnya,,dsuruh sikat gigi susah bngt,,jd gmn dok,thanks

    1. dionella Post author

      nah itu kan sudah ketahuan bunda, gak mau sikat gigi dan kalo malam ngedot terus. coba diajari sikat gigi ya bunda, dengan sabar dan telaten…

  14. Smiley Tyas

    Bu dokter, anak saya 24 bulan udh menunjukan karies atas bawah. bahkan gigi seri atas udh pada mulai keropos. kmrn jatuh dr sepeda dan patah, bekas patahannya kok menunjukkan gusi merah berdarah. apakah berbahaya dan apa akibatnya? apakah nanti gigi permanen tumbuhnya lebih lama di banding gigi lainnya. terimakasih

    1. dionella Post author

      Nah nah.. sebaiknya diperiksakan ke dokter giginya aja bunda Smiley, supaya ketahuan memar merahnya itu kenapa..

  15. roi

    halo dok.. maaf saya mau nanya..
    anak saya 4.5 thn giginya persis seperti gambar diatas, tapi bedanya di gusi atasnya gigi sedikit ada benjolan kecil kuning (sperti nanah), kadang ilang kadang muncul labi.. ini sebaiknya gimana ya dok? kalau ke dokter umum nya direkomendasikan ke dokter gigi..
    terima kasih sebelumnya

    1. dionella Post author

      yang perlu diperhatikan adalah menjaga kebersihan gigi anaknya ya mas roi. diajari sikat gigi sedini mungkin. rutin periksa ke dokter gigi juga. kalo anak, ada dokter gigi spesialis gigi anak

  16. agnes selvi w

    Anak saya usia 18 bulan kok udh gripis ya dok? Padahal giginya belum tumbuh semua. Bagaimana penangulanganny? Mash bayi jdi sulit jg mau bersihinny? Bisa beraihinnya kan pada waktu tidur aja

  17. irma

    Dokter, anakku usia 1 setengah tahun ya tapi gigi depannya ada kuning coklatan gitu susah buat ilanging apalagi kalo di sikat di kunci rapat mulutnya dok. Apa cukup dengan kassa atau kapas?

  18. Lyla Multazam

    Salam kenal dok,

    Anak saya sekarang usia 2,5th giginya juga gigis udah parah. Belum lama dia suka es krim dan permen dan termasuk mudah diarahkan untuk gosok gigi. Minumnya asi sampe setahun, lepas asi tidak minum sufor sebab alergi susu sapi parah dan soya ga mau jadi cuma air putih. Setengah tahun terakhir baru suka soya sampe aekarang,minumnya pake sedotan. Itu yg bikin saya heran dg giginya yg gigis.

    Anak kakak ipar saya usia 5th,dari lahir sufor sampe 4th. Permen,coklat,es krim hampir tiap hari tapi giginya putih bersih ga gigis sama sekali dok. Jadi faktor penyebabnya apa ya dok?
    Umur brapa nanti anak saya tumbuh gigi baru dan apakah gigi barunya nanti akan gampang gigis juga seperti sekarang?

    1. dionella Post author

      Salam kenal juga mbak Lyla Multazam, kata suamiku njenengan istrinya Dawam Multazam nggih? Kalo gitu sebetulnya sudah kenal, dulu saya ke dalem njenengan pas Bapak sedo

      Mengenai penyebab gigis, pada umumnya memang dipicu faktor eksternal mbak, salah satunya sisa makanan yang menumpuk di gigi yang memicu asam dan gigi menjadi gampang keropos dan akhirnya gigis. Bisa juga karena gak cocok dengan kandungan air yang sehari-hari dipakai.

      Namun juga ada pengaruh faktor internal (genetik). Ini menurut beberapa jurnal ilmiah yang saya baca. Jadi jika ada anak yang rajin sikat gigi tetapi masih tetap gigis, sedangkan temannya yang gak pernah sikat gigi tapi giginya gak gigis, kemungkinan ini karena faktor internal tadi. Kemungkinan lainnya pada asupan kalsium yang berbeda. Seperti kita tahu, kalsium sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi πŸ™‚

      Gigi susu akan mulai digantikan gigi permanen sekitar usia 6 tahun mbak. Umumnya gigi permanen sudah lebih kuat dibanding gigi susu. Namun tetap ada kemungkinan nantinya mudah keropos. Tapi semoga nanti tumbuhnya bagus dan kuat ya πŸ™‚

      1. Lyla Multazam

        oh iya bu dokter….maaf saya baru “ngeh” maksudnya baru ingat kalo istrinya om Dion namanya Dio Nella…haha, maaf amnesia. sebelumnya terimakasih pencerahannya.
        iya Bu, mungkin lebih dipengaruhi faktor internal ya. Soalnya pas saya dialog sama ayahnya, si ayah bilang kalo dulu seusia si kecil ini dia giginya juga begitu.
        saat kecil dulu saya full asi dan ayahnya si kecil ini full sufor bahkan sampai SD. Pasca lepas dari asi dulu kata ibu saya, saya ndak pernah minum susu tambahan. Bahkan sampai hamil pun saya tidak minum susu karena selalu merasa eneg. Saya jadi penasaran apakah karena saya tidak minum susu sewaktu hamil itu akhirnya berpengaruh pada kekuatan tulang dan gigi anak saya sekarang?Dan apa karena saya juga tidak pernah minum susu gigi saya yang sekarang pun juga cenderung gampang berlubang. Padahal saya sendiri tidak suka makanan minuman manis dan gosok gigi juga sesuai anjuran medis.
        Satu hal lagi Bu, kalo gigi si kecil yang gupis itu akhirnya menimbulkan sakit solusinya apakah harus di cabut ke dokter gigi ataukah diberi obat saja dan menunggu si gigi gupis itu copot sendiri nantinya?

        Terima kasih

  19. Ajeng Permana

    Hallo bu dokter, saya baru baca artikel ini, sengaja cari sebab anak saya 6 tahun gigi atasnya geripis, itu kan yg geripis gigi susu ya dok, nah saya cek barusan udah keliatan muncul gigi baru dok, ini baiknya gimana ya? Harus dicabut apa dibiarkan aja nanti gigi geripisnya lepas sendiri atau bagaimana? Kalau gigi susu yg bawah memang sudah ganti dengan gigi permanen beberapa, dok, tapi gigi bawah ga geripis, tumbuh bagus juga.
    Mohon infonya ya bu dok, makasih banyak sebelumnya πŸ™‚

    1. dionella Post author

      Halo mbak Ajeng, sebenarnya jika dibiarkan pun Insya Allah nanti tumbuhnya baik kok karena gigi baru akan mendorong keluar sisa gigi yang gigis itu. Namun demikian jika panjenengan merasa khawatir, tidak ada salahnya jika diperiksakan ke dokter gigi terdekat nggih..

  20. sagita maulidiansyah

    Halo bu dokter, aku mau tanya seputar gigi anak.. sebetulnya anak aku tdk mengalami gigis sampai sekarang berumur 6 thn, tapi masalahnya muncul setelah gigi permanennya mau tumbuh..
    gigi permanen sudah mau tumbuh, tapi yg gigi susu tdk mau copot (gigi bwh),terpaksa di cabut dan menurut dktr, gigi permanen anak saya besar tetapi tidak ada space krn rahangnya tdk berkembang dgn baik, apa bisa bgitu ya??
    Trs saya harus bagaimana pdhl gigi susunya tdk ada yg bolong dan rapih kasian kan kalo gigi permanennya tumbuh tidak beraturan..
    trims sebelumnya bu dktr πŸ™‚

    1. dionella Post author

      Halo Bu Sagita, saya bisa mengerti kekhawatiran Ibu tentang kemungkinan pertumbuhan gigi permanennya nanti ke depan. Memang ada beberapa kasus dimana gigi permanen yang akan tumbuh tidak sebanding dengan pertumbuhan rahang.

      Jika merujuk pada apa yang disampaikan dokter gigi yang Ibu kunjungi, yang dialami anak Ibu kemungkinan gigi permanen tumbuh sesuai proporsi akan tetapi rahang kurang berkembang (mikrognati).

      Jika benar demikian, salah satu solusinya bisa dengan perawatan orthodonti lepasan. Orthodonti lepasan ini bisa membantu pertambahan lengkung rahang yang nantinya gigi permanen yang akan erupsi mendapat ruang yang cukup. (Asumsi saya bahwa gigi susu-nya sudah tidak ada karena telah dicabut.)

      Untuk mendapatkan perawatan tersebut Ibu bisa berkonsultasi ke dokter gigi spesialis orthodonti

  21. mama en

    Dok, sy mau tanya. Anak sy 25bln. Di gigi seri atas n bawah warnanya kuning sekali, ada bercak2 coklat dipinggir2 gigi. Padahal anak sy asi eksklusif, baru akhir2 ini sy campur sufor, gak pernah makan coklat, permen, jajanan2 yg manis2. Sejak usia 6bln sdh sy biasakan sikat gigi. Apa ini karena anak sy klo makan sering diemut lama?
    Saya mau bawa ke drg, tp kuatir anak saya rewel nangis2 malah akhirnya gak jadi dbersihkan.

    Kira2 giginya bisa gak dibersihkan dlm sekali pertemuan dgn drg? Dokter ada rekomendasi drg yg telaten sm anak? Krn sy browsing2 susah cari drg pedodontia di sby..

    Makasih dok..

    1. dionella Post author

      Halo Mama En, jika anak Ibu sudah rutin sikat gigi namun warna giginya kekuningan dan ada bercak coklat, maka ada beberapa kemungkinan penyebab. Mungkin karena antibiotik yang dikonsumsi ketika hamil dulu, mungkin karena kualitas airnya, bisa juga kemungkinan lain

      Supaya lebih pasti saya sarankan datang ke dokter gigi spesialis gigi anak / paedodontia. Jika Mama En kesulitan mencari, coba datang aja ke RS Gigi dan Mulut Universitas Airlangga yang ada di Kampus A di kompleks Fakultas Kedokteran Gigi. Nanti di sana bisa konsultasi langsung dengan dokternya untuk menemukan penyebab pasti dan perawatan yang bisa dilakukan

  22. arifnj

    Salam kenal bu dokter,saya arifnj,saya agak lebih lega dengan pertanyaan dan jawaban diatas,semua mewakili rasa kuatir saya,anak saya usia 6 thn gigi depan atas dan geraham keropos semua,, terima kasih artikelnya bu dokter

  23. elsa prima sari

    Bu dokter, kalo yg berlobang gigi geraham, apa bisa tergantikan jg?anak saya 5 th. Sebaiknya dicabut apa dibiarkan?

  24. ekaf

    salam kenal bu dokter, Anak sy Umur 14bln ada kelainan jantung bawaan. Apakah tmasuk faktor internal yg bs menyebabkan caries gigi?
    pernah dgr dari orgtua penderita kelainan jantung bawaan yg lain juga bu.
    Klo memang benar..gmn cara mengatasinya? Trimakasih

  25. ofi tusiana

    Bu Dokter, mau tanya boleh ya… Ini anak saya hampir 6 tahun, saat usia 3 tahun gigi seri atasnya (atas tengah) ada yang patah 1 karena jatuh, terus belakangan jadi gigis dan mahkotanya tidak keliatan lagi.

    Nah, tadi malam saya baru nyadar kalau ternyata gigi barunya (gigi tetap) sudah tumbuh, letaknya di belakang gigi gigis tadi.

    Apakah gigi gigisnya itu bisa lepas sendiri tanpa dicabut Dok, mengingat mahkotanya sudah tidak ada? Terus terang saya agak khawatir gigi tetapnya yg sudah tumbuh itu jadi tidak teratur, karena tumbuhnya jadi di belakang gigi susu yang gigis. Tapi anak saya gak mau diajak ke dokter gigi πŸ˜€

    Terimakasih sharingnya, Dokter πŸ™‚

    1. dionella Post author

      kalau seperti itu sisa gigi yang dulu sebaiknya dicabut lho bunda. coba dibawa ke dokter gigi spesialis gigi anak (paedodontis) aja krn di sana biasanya dental chair dan alat-alatnya lucu sehingga anak tidak takut

  26. alsa

    Dok anak saya baru 1bulan sudah gigis gigi depannya.. Bagaimana caranya ya.. Kan belum bisa gosok gigi??? Susunya manis apa perlu ganti susu???

    1. dionella Post author

      wah umur 1 bulan sudah tumbuh gigi dan sudah gigis? coba setiap habis minum susu dibersihkan ya mbak alsa, bisa pakai kapas bisa pakai kain. kalau ASI mestinya kan tidak terlalu manis ya?

  27. Hera

    Bu Dokter, putri saya 7 th jg mengalami gigi seperti ini. Sdh ada gigi seri bawah yg tanggal dan berganti yg baru. Yg atas karena karena rampan karies, jd tdk ketahuan apa sdh goyang/belum.
    Ini dibiarkan tunggu gigi susu yg baru tumbuh sehingga yg lama ini habis atau dikonsultasikan dulu ke dokter?

    1. dionella Post author

      bunda hera, seperti yang saya tulis di artikel ini, sebaiknya sisa giginya dibiarkan saja karena nanti pas waktunya gigi pengganti mau tumbuh, yang sisa ini akan terdorong lepas sendiir.

      namun tidak ada salahnya jika bunda membawa si kecil ke dokter gigi untuk diperiksa langsung, mungkin ada saran lain yang bisa didapatkan setelah pemeriksaan langsung

  28. endang maulana

    aslkm..wr.wb..dokter mhon bantuannya ya…anak saya yg kecil usia 2,5 thn…gigi susunya sdh pd kropos…dan anehnya saya liat gigi seri atas yg baru tumbuh diatas gigi seri yg lama..mhon penjelasannya dokter..
    dan 1 lg dok..anak saya yg 1 gigi seri bwah tumbuh tp tidak sesuai dg yg lama tumbuhnya agak besaran dikit..mhon dokter kiranya dpt menjawab keluh kesah saya…atas bantuan bu dokter saya sngat mengucapkan ribuan terima kasih

    1. dionella Post author

      Bu Endang, gigi yang sudah keropos dan tanggal memang bisa saja segera disundul oleh gigi permanen. Tapi itu umumnya terjadi di usia sekitar 6 tahun. Tapi setiap anak kan memiliki pertumbuhan yang berbeda-beda ya. Jadi semua itu bisa saja terjadi kok. Namun ini hanya jawaban perkiraan saja, supaya lebih pasti Bu Endang bisa memeriksakan anaknya ke dokter gigi terdekat nggih..

  29. MARNI

    Ibu dokter, gigi anak saya juga karies di bagian depan, sudah ke dokter gigi katanya infeksi disuruh perawatan kemudian giginya di kasih keluar syaraf dan kotorannya,..setelah itu saya di suruh ronsen lalu kembali lagi ke dokter gigi tersebut(rencananya besok),
    pada pertemuan pertama kata dokter klw tidak memungkin kan, bisa jadi gigi nya akan di cabut saya jadi ragu untuk kembali saya takut klw gigi anak saya akan di cabut sedangkan usia masih 3 tahun 2 bulan dan gigi nya sekarang sudah tidak terasa sakit lagi setelah di bersihkan..
    Apakah gigi susu boleh di cabut?kalaupun boleh apa ada efek negatif untuk pertumbuhan gigi selanjutnya
    Mohon info,Terimakasih

    1. dionella Post author

      Jika usianya masih 3 tahun kok sebaiknya dibiarkan aja ya mbak Marni. Apalagi jika sudah sembuh dan tidak sakit lagi.

  30. dewi

    dokter dionella, saya ingin sekali bertanya, apakah ada solusi pemutihan untuk gigi kuning yang terjadi sejak awal tumbuh gigi dari dalam gusi? sejak awala tumbuh gigi dewasa, bahkan yang baru mau tumbuh, baru terlihat sedikit, warna gigi saya sudah kuning, apakah masih ada solusi untuk memutihkan gigi saya? masalahnya saya pernah memeriksakan ke dokter gigi tapi tidak bisa diputihkan dgn cara apapun

    1. dionella Post author

      Mbak Dewi, gigi yang sejak tumbuh sudah kuning sebenarnya ada cara untuk memutihkannya, yaitu dengan melapisi gigi tersebut dengan lapisan veneer berwarna putih sesuai selera. jadi sebenarnya gigi aslinya tetap seperti semula, namun pelapisnya saja yang membuatnya terlihat putih. Semoga cukup jelas ya mbak Dewi

  31. ovie

    dok, anak saya usianya 3,5thn gigi susu nya hampir semuanya jelek bagian depan atas udah terkikis abis sekarang bagian bawah mulai terkikis belakang bolong” dia seneng makanan yang manis” sikat gigi 3x sehari. sekarang mengeluh sakit gigi bagian atas yg sudah terkikis ketika menguyah bagaimana cara penanganan nya?

  32. devi oktaviarida

    Dokter anak sy umur 2thn3bulan gigi seri atas gigis sampai habis bahkan akarnyapun sudah tidak ada.yg bikin sy galau apakan gigi permanennya bisa tumbuh nanti? Krn gigi serinya habis yg sebagai penunjuk arahnya sudah tidak ada..

    1. dionella Post author

      tidak ada masalah bunda. pada saatnya nanti gigi permanen tetap akan tumbuh sesuai ‘benih’ yang ada. tidak perlu penunjuk arah πŸ™‚

  33. Dede

    Bu Dokter, Anak saya berumur 3 tahun, gigi depan bagian atas, sepertinya gigis, warnanya abu atau hitam gitu, terus sekarang digusi gigisnya itu muncul nanah tapi tidak pecah..sehingga bibir atasnya bengkak…dan tadi pagi sudah di bawa ke dokter gigi (katanya giginya sudah busuk), nanti hari sabtu di suruh balik lagi…untuk di tambal supaya sisa-sisa makanan tidak masuk dan menyebabkan gusi bernanah…atau kalau memungkinkan akan di cabut, pertanyaanya bolehkah gigi anakku itu di tambal atau dicabut

  34. shofia

    Dok anak saya usia 6,5th. Gigi seri atasnya geripis. Td saya cek ternyata tumbuh gigi permanen tapi tumbuhnya di depan gusi. Itu gimana ya dok? Terima kasih atas penjelasannya

  35. rila

    Dokter salam kenal mohon sarannya anak saya sekarang usia 2,4 blan gigi atas anak saya gigis dan kemarin jatuh patah 2 dibawa ke dokter gigi akhirnya sisa patahan dicabut.sekarang gigi sebelah bekas dicabut itu sakit dan kropos patah sedikit2 setiap hari nangis ngeluh sakit.apakah perlu dicabut kedokteran Gigi lagi mengingat dulu waktu jatuh patah dicabut dia kesakitan jadi gak tega.

    1. dionella Post author

      Aduh kasihan ya mbak Rila.. saran saya sebaiknya diperiksakan aja ke dokter giginya, supaya bisa ketahuan itu sakitnya karena apa.. Nanti dokter gigi yang memeriksa bisa memberikan tindakan yang sesuai

  36. Gia

    Dok anak saya usia 2,5 tahun Gigi atas depannya gigis (gigi seri & gigi taringny). Lalu seminggu ini saya perhatikan di gusi atas gigi taring kanannya yang gigis itu ada benjolan. Benjolannya sewarna gusi & anak pun tidak merasakan sakit. Kira2 gimana itu ya dok? Kebetulan baru bisa awal bulan depan ke dokter gigi anak

    1. dionella Post author

      kebersihannya dijaga ya Bunda. misal habis makan permen, atau habis makan apa aja, cek rongga mulutnya, pastikan sisa2 makanan sudah bersih tidak ada yang nyangkut di gigi. adanya benjolan di gusi itu bisa sariawan, bisa peradangan karena hal lain. segera diperiksakan nggih..

  37. uus

    met pagi dok,anak saya skrg berusia 4,5th,giginya gigis bagian atas sktr 4 gigi yg dpan pe g bersisa dok tgl akar2nya aja,.gigisnya itu sejak usia 1th lbh kyanya,org wktu it gi2nya blm lama tumbuh br 4bln kmdian ko udh mulai gigis,pdhal wktu itu anak blm mengenal jajanan tp memang ngedot. skrg di saat usia 4,5 th gginya ko udah tumbuh lg 1.tp gigi yg bru itu keluar gusi dok, tepat di bawah bibir.saya khawatir bgtu sampai ia besar nanti. mohon pencerahannya dok,sebaiknya bagaimana?dicabut atau dibiarkan saja. makasih dok

    1. dionella Post author

      saran saya sebaiknya lekas dibawa ke dokter gigi mbak. pemeriksaan langsung harus dilakukan sebelum memberikan saran. nanti dokter yang memeriksa akan memberikan saran terbaik sesuai hasil pemeriksaan

  38. melinda sari

    Dear Ibu Dok. Dionella,
    salam kenal ya bu… πŸ™‚ bu saya mau tanya anak saya berumur 2 tahun 1 bulan gigi bagian atas nya terutama bagian depan sudah gigis dan warna nya kecoklatan gtu, terlebih lagi 2 bagian depan gigi nya sudah ada yg patah setengah dengan sndiri nya, apakah sisa patahannya harus di cabut dok? dan saya merasa kasih dok anak saya suka mengeluh kesakitan gigi nya kpada saat gigi nya mau patah, saya bingung apakah anak sekecil itu sudah mengalami sakit gigi? anak saya paling susah dok untuk sikat gigi, tetepai selalu saya paksa untuk sikat gigi supaya gigi nya tidak sakit. setiap di sikat gigi nya dia sll berteriak sakit2 dan kadang gigi bagian depannya itu yg patah suka berdarah padahal saya sikatnya tidak keras2 dok. mohon saran & solusi nya ya dok.

    Terima Kasih

    1. dionella Post author

      waduh mungkin gigi si kecil sensitif ya mbak? sebenarnya kalo diajari sejak awal (sebelum 1 tahun) akan jadi kebiasaan kok mbak sikat gigi itu. itu sudah saya coba ke anak saya sendiri, dan sampe sekarang usianya jelang 4 tahun semua giginya masih bagus. setiap hari sikat gigi setidaknya 2 kali.

      saran saya, datang aja ke dokter gigi terdekat dan periksakan gigi anaknya.

  39. Sonya novia

    Halo bu dokter, anak saya umur 4 thn. Waktu umur 2 thn pernah kejedot sehingga gusi gigi depannya bengkak dan giginya jg berwarna merah muda ditengahnya. Setelah saya bawa ke dokter gigi, ktnya gpp nanti setelah gusinya kempes giginya akan mati. Setelah gusinya sembuh giginya menhadi gurqtan guratan coklat. Yg saya takutkan apakah gigi yg dikatakan mati itu nanti copot sendiri atau gmn bu? Soalnya kasihan kalau copot nanti giginya tumbuh tdk beraturan.Barusan saya liat gigi anak saya sdh mulai berlobang tepat ditengah tengah. Apa kah ada pasta gigi khusus supaya tidak semakin besar keroposnya ya bu?

    1. dionella Post author

      gigi anak nanti akan lepas semua dan digantikan gigi dewasa. tentang lubangnya, sebaiknya si anak diajari menjaga kebersihan giginya dengan rajin sikat gigi ya mbak. tentang pasta gigi, bisa pakai apa saja, gak usah terpengaruh iklan

  40. ria

    bu dokter, anak saya 6,5 thn. giginya berlubang dan terdapat polip. kata dokter yang kami kunjungi disarankan memotong polip nya dulu baru di tampal. apakah aman dok kalau dipotong, adakah kemungkinan infeksi? tidak adakah cara lain selain memotong polip? saya takut ada syaraf syaraf yang nantinya terganggu.

    terimakasih bu dokter

  41. Fransisca

    Bu dokter, anak saya 2,5th gigi seri bagian atas ada yg terkikis sedikit (bagian samping gigi) kira2 1mili terkikisnya, bisakah ditambal dgn tidak dilakukan pengeboran? Krn saya takut kalo di bor kan akan makin berkurang giginya.. Makasih banyak dok πŸ™‚

    1. dionella Post author

      halo mbak Fransisca, terkikisnya karena apa ya? Kalau tidak mengganggu fungsi untuk makan, sebaiknya dibiarkan saja tidak perlu ditambal karena toh nanti akan lepas dan tergantikan oleh gigi permanen. Yang penting tetap menjaga kebersihan gigi dengan rajin sikat gigi

  42. Dinda

    Bu dok, anak saya usia 1tahun, tapi 4gigi atas ko sudah gigis ya? Padahal jarang saya kasih makanan manis. Usia 1tahun apa sudah boleh dibawa konsul ke dokter gigi?

    Cara membedakan gigis dan plak itu bagaimana ya dok?

    1. dionella Post author

      halo mbak Dinda, gigis itu giginya terkikis, kalo plak, ada sisa kotoran menempel jadi terasa lebih timbul dibanding permukaan giginya. Gigis bisa terjadi karena banyak hal, salah satunya kurang menjaga kebersihan gigi. Anak perlu dibiasakan sikat gigi bahkan sejak giginya belum tumbuh πŸ™‚

  43. Syarifah Ummi Kaltsum

    Asslm dok…anak sy usia nya 4tahun 11 bulan..gigi atasnya sudah habis karena gigis…tinggal akarnya saja..sy bawa ke dokter…katanya jangan dicabut..karena nnt gigi yg baru nya berantakan tumbuhnya…persis spt artikel dokter..cuman masalahnya skrg…dia suka sakit gigi klo pas makan dan sikat gigi…bagaimana solusinya dok biar bs hilangkan rasa sakitnya??dan bagaimana cara menggosok gigi yg gigis spt itu dok biar tidak terasa sakit???dan apakah akarnya itu akan copot sendiri??dan kapan gigi barunya akan muncul???makasih dokter…

    1. dionella Post author

      halo bunda, bekas gigi yang habis itu nanti akan lepas sendiri kok jika sudah waktunya, dan akan tergantikan gigi permanen. sakitnya mungkin disebabkan syaraf giginya terekspos dan kena benda asing. kalau dicabuti semua juga lebih sakit malahan. saya tidak dapat memberikan saran lebih lanjut karena tidak memeriksa langsung giginya. cobalah datang ke dokter gigi spesialis gigi anak untuk lebih jelasnya

  44. nurul

    sangat bermanfaat mbak artikelnya…
    ini saya lgi ketakutan liat gigi anak saya yg mulai ada lubang di bagian atas gigi kelincinya…
    apa itu termasuk gigis juga yaa ?
    pdhal dah rajin sikat giginya..
    anak saya baru 19 bulan dan masih ASI tapi dah pintar makan…

    1. dionella Post author

      Tidak perlu ketakutan bunda. Rajin sikat giginya jam berapa aja bunda? Biasakan sebelum tidur sikat gigi ya dan habis itu tidak makan apa-apa lagi

  45. Uswatun

    Dok anak saya 2 tahun 4 bulan tpi Gigi seri atasnya udah ngga ada, sekarang gigi taringnya mulai keropos karena ngga mau sikat gigi, kesulitan klo ngunyah mkn yg keras2.gimana solusinya dok?terima kasih

    1. dionella Post author

      solusinya ajarkan kepada si anak supaya rajin sikat gigi ya bunda. kasihan nanti kalo gak dibiasakan, bisa cepat rusak lagi giginya yang baru nanti

  46. Bita

    Bagus sekali artikelnya dok.. Sangat membantu
    Saya mau tanya.. Anak saya umur 17 Bulan, gigi depannya gigis.. Tapi kok gusinya juga bengkak ya dok dan kalo kesenggol sedikit kesakitan sampai nangis kejer… Itu kenapa yaa dok.. Dan gimana cara mengatasinya biar gusinya g sakit lagi, dan jadi doyan makan lagi… Mohon pencerahannya dok.. Makasih

    1. dionella Post author

      kalau sampai bengkak gusinya, coba dibawa ke dokter gigi terdekat mbak supaya diperiksa. mungkin ada pembengkakan / infeksi.

  47. mega

    Bu dokter yg baik..makasi byk artikelnya.. Pas sekali sm anak ke dua sy.umurnya 2thun 5 bln.gigi seri atasnya udah gigis,dan gerahamnya sudah ada yg berlubang.tp dia bkum merasa skit, dan alhamdulillah gigi seri bwhnya masih agak bagus.dan dia juga gk suka yg manis2 kyk coklat ato permen.
    sy tau ini kesalahan sy, sy kurang mmperhatikan kshtan giginya..maafkan bunda naak ??
    anak sy suka skli ngedot sambil tidur,susunya juga soya,klo disuruh sikat gigi suka ditelan odolnya.yg mau sy tanyakan dok, apa bisa diperbaiki atau dihentikan kuman pemakan giginya itu jika saya agak meminimalkan dia ngedot sambil tidur,rencana sy sy mau ngasih air putih didalam dot aj setiap dia abis nyusu..dan sllu mengajak dia sakit gigi mnml 2 kl sehari.apa dgn begitu bisa dihentikan penyebaran gigis nya dok? Trus gusi yg berlubang hitam itu apa bisa hilang sendiri dan kmbli bagus tanpa dicabut dok?

    1. dionella Post author

      untuk mengajarkan sikat gigi memang perlu telaten dan disiplin ya bunda. yang sabar aja ngadepin si kecil. gigi yang sudah berlubang dan hitam, tidak bisa kembali bagus lagi. nunggu si gigi lepas dan digantikan gigi permanen, baru hasilnya nanti bagus. tapi harus diajari disiplin merawat gigi ya supaya giginya awet hingga tua πŸ™‚

  48. Septi muji

    Bu dokter Setelah membaca aryikel ini sedikit merasa tenang. Anak saya tumbuh gigi sejak usia 6bln tapi usia 11 bulan udah gigis jarang saya bersihkan kalo dibersihin nangis kejer apakah selain faktor itu disebabkan karena awal mpasi saya kasih buah ya dan mulai 10bulan makannya sering diemut lama.apakah ini mempengaruhi? Sementara banyak anak tetangga yang ga digosok gigi dr kecil giginya sehat.Sekarang sudah 22 bulan gigi atas depan sudah rata gusi. Mau kedokter gigi takut hrs dicabut?

    1. dionella Post author

      Kalo dibiarkan nanti juga akan habis atau lepas sendiri kok bunda. Mumpung belum begitu gede, segera ajarkan putranya untuk sikat gigi secara rutin ya. Soal tetangganya yang baik2 aja meski gak sikat gigi, itu memang ada kemungkinan dari faktor genetik, tapi jangan dijadikan acuan. Yang baik tentu yang menjaga kebersihan

  49. Sinta perbawa

    Bu dokter, anak saya usia 18 bln gigi geraham atas dan bawah (jadi total 4 gigi geraham) sudah gigis karena tidak mw minum air putih dari dot dan masih suka sekali minum susu dari dot kalau mau tidur (minum susu pasteurisasi) . Setiap pagi dan malam mw tidur selalu saya sikat gigi pakai kasa steril dan diberi pasta gigi tanpa flouride tapi dengan nangis ngamuk. Saya takut gigi anak saya habis sebelum waktu nya ganti dengan gigi tetap. Rencana mau saya bawa ke dokter gigi anak. Mohon petunjuk nya dokter. Terima kasih dok.

    1. dionella Post author

      Halo Bunda. salah satu penyebab gigi anak cepat gigis memang kebiasaan minum minuman selain air putih sebelum tidur. namun itu bukan penyebab satu-satunya. sudah betul jika Bunda Sinta mau membawanya ke dokter gigi spesialis gigi anak. Konsultasikan di sana bagaimana baiknya. Oia, anak 18 bulan sebenarnya sudah bisa diajari sikat gigi lho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.