Gigi Geraham Tumbuh ke Dalam, Sebaiknya Diapakan?

Dokter, gigi gerahamku ada yang tumbuh ke dalam, awalnya sih gak masalah, tapi lama-lama kok mengganggu banget ya? Lidahku kejepit dan jadinya gak nyaman. Sebaiknya dicabut apa dibiarkan dok? Oia ini gigi geraham atas, kata temen-temen sebaiknya dibiarkan saja karena kalo dicabut bisa bahaya buat mata! Jadi takut dok!

Nah itu tadi pertanyaan dari Mbak Anis di Madiun yang dikirimkan melalui formulir kontak.

Beberapa kali aku menangani pasien dengan kasus seperti ini. Gigi gerahamnya tumbuh ke dalam, menumpuk diantara gigi geraham yang lain. Biasanya ujung gigi yang tumbuh ke dalam itu lancip dan jika mengenai lidah terasa sakit. Sisa makanan juga gampang menyangkut di sela-selanya.

Selain tumbuh ke dalam, geraham juga bisa tidak berhasil erupsi / keluar karena tumbuh miring seperti gambar berikut ini

Geraham Miring

Untuk kasus seperti ini sebaiknya pasien melakukan foto panoramik terlebih dulu  lalu bawa hasilnya ke dokter gigi terdekat. Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan langsung dan melihat foto panoramik tadi untuk mengetahui struktur akar gigi yang tumbuh ke dalam itu.

Foto panoramik bisa dilakukan di Laboratorium Klinik atau rumah sakit tertentu.

Jika ternyata harus dicabut, maka pencabutan harus dilakukan oleh Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut (Sp.BM) karena proses pencabutannya melalui tindakan operasi gigi (odontek), dan Sp.BM lah yang bisa menangani kasus seperti itu.

Oke Mbak Anis, itu tadi jawabannya, sengaja aku jawab lewat postingan blog supaya bisa dibaca juga sama yang lain 🙂

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.