Pasang Kawat Gigi di Surabaya

Perkenalkan namaku Grinna kelas 11 (2 SMA). Gini dok gigi depanku ini agak maju ke depan. Gak gitu kelihatan sih tapi aku jadi kurang pede nih. Kalo mau masang kawat gigi di Surabaya di mana ya dok yang bagus trus biayanya berapa? Aku juga pernah baca iklan kawat gigi instan dok yang katanya bisa dipasang sendiri, apa betul itu dok?

Grinna, thanks ya sudah tanya via halaman kontak. Sebenarnya Grinna tidak bisa langsung minta dipasangi kawat gigi. Grinna datang dulu aja ke dokter gigi yang dekat dengan tempat tinggal Grinna, nanti akan diperiksa secara langsung.

kawat-gigi-surabaya

Kalau memang harus dirapikan dengan memasang kawat gigi, dokter gigi umum akan merujuk ke dokter gigi spesialis merapikan gigi (ortodontis).

Soal biaya, sebaiknya nanti langsung ditanyakan ke dokter yang dikunjungi. Kemungkinan akan diberi alternatif biaya dan Grinna bisa memilihnya yang sesuai dengan budget. Yang bikin biayanya beda misalnya bahan kawat apa yang dipakai, kerumitan pemasangan, tindakan medis yang menyertai, dan sebagainya.

Beberapa klinik dokter gigi menyediakan fasilitas cicilan. Misal biayanya 5 juta, maka bisa bayar 2,5 juta dulu di awal, lalu pas kontrol bulanan membayar cicilan 500 ribuan hingga lunas. Ada juga yang menerima pembayaran melalui kartu kredit.

Soal kawat gigi instan, saranku Grinna jangan percaya sama iklan yang menawarkan kawat gigi bisa dipasang sendiri itu. Mungkin itu jenis kawat gigi mainan atau buat keren-kerenan aja. Tapi biar cuman mainan, tetap saja tidak boleh dipasang sendiri karena berkaitan dengan kesehatan.

Memasang kawat gigi  sendiri atau dipasangkan orang yang tidak punya kompetensi dan kewenangan justru bisa merugikan di kemudian hari.

Sudah banyak cerita kok habis pasang kawat gigi sendiri besoknya malah bengkak gak sembuh-sembuh. Atau gigi yang tadinya gak bermasalah malah jadi berantakan. Kalau sudah begitu malah akan keluar biaya extra yang sebenarnya tidak perlu jika sudah diantisipasi sejak awal dengan menyerahkan ke ahlinya 🙂

Jadi mending langsung datang ke dokter gigi aja. Atau bisa juga datang ke Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Airlangga. Di RSGM Unair kemungkinan biayanya lebih murah karena ditangani oleh dokter gigi yang sedang ambil pendidikan spesialis. Atau kalau mau datang ke Puskesmas Keputih  ya monggo, nanti aku periksanya lebih dulu 🙂

Oke Grinna?!

55 Comments

  1. giewahyudi 02/05/2013
  2. Yos Beda 23/05/2013
  3. Ditter 26/05/2013
  4. Ada 28/05/2013
  5. qwerty 24/09/2013
    • dionella 27/01/2015
  6. LEISYA 19/04/2014
    • dionella 27/01/2015
  7. Natasha Pramesti 21/10/2014
    • dionella 27/01/2015
  8. ema 25/01/2015
    • dionella 27/01/2015
  9. ima 29/01/2015
    • dionella 29/01/2015
  10. Tika Kamila 13/03/2015
    • dionella 28/05/2015
  11. jhejhe 19/05/2015
    • dionella 28/05/2015
  12. Dita Hemas 29/05/2015
    • dionella 07/06/2015
  13. dinna 22/06/2015
  14. Vini 26/06/2015
    • dionella 20/09/2015
  15. mega 26/07/2015
  16. mega 26/07/2015
    • dionella 20/09/2015
  17. Efendi 16/04/2016
    • dionella 10/05/2016
  18. septina devi 29/04/2016
    • dionella 10/05/2016
  19. Mierza Saputra 16/06/2016
    • dionella 23/06/2016
  20. Yovanya Patricia 08/09/2016
    • dionella 29/09/2016
  21. Dina 25/09/2016
  22. Marsha 13/11/2016
    • dionella 21/12/2016
  23. taufiq 06/12/2016
    • dionella 21/12/2016
  24. Ami 10/01/2017
    • dionella 12/01/2017
  25. Deviris 11/02/2017
    • dionella 08/03/2017
  26. Suci 17/02/2017
    • dionella 08/03/2017
  27. adit tomi 24/05/2017
  28. fifi 06/09/2017
  29. Nabela 02/12/2017
    • dionella 05/05/2018
  30. septhoka 28/01/2018
    • dionella 05/05/2018
  31. apni 08/11/2018
    • dionella 17/11/2018

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.