Memotong Gigi, Bolehkah?

Salam kenal dok. Aku mau tanya dan minta kejelasannya tentang masalah potong gigi untuk ngerapiin gigi yang kepanjangan dan kelihatan kurang rapi. Sebenernya itu boleh apa gak? Berdampak buruk kedepannya apa gak? Dan apa semua dokter gigi bisa menangani kasus potong gigi? Tolong dijawab ya dok. Sudah lama galau gara-gara masalah ini hehehe..

Pertanyaan di atas dikirimkan oleh Eva melalui contact form. Jawaban singkatnya: TIDAK BOLEH.

Silakan lihat gambar lapisan gigi di artikel   anatomi gigi manusia ini. Gigi terdiri dari beberapa lapis. Lapisan paling luar dan paling keras adalah enamel atau email. Selain ‘berhadapan’ langsung dengan makanan, lapisan ini juga berfungsi melindungi lapisan di bawahnya.

Pemotongan gigi, atau sering disebut dengan pangur atau kikir, bisa menyebabkan lapisan enamel ini terbuang dan lapisan di bawahnya terlihat. Padahal lapisan di bawah enamel, yaitu dentin, tidaklah sekeras enamel, dan terdiri dari pori-pori yang terdapat banyak ujung syaraf di dalamnya.

Dampak negatif yang mungkin ditimbulkan adalah:

  1. Gigi menjadi lebih sensitif karena di dalam dentin terdapat banyak ujung syaraf yang sensitif terhadap pencetus rasa nyeri (misalnya: makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin)
  2. Gigi menjadi lebih mudah keropos karena dentin lebih rapuh dibanding enamel jika terkena asam yang ditimbulkan oleh proses pembusukan sisa-sisa makanan

Yang perlu diketahui, sebenarnya gigi memang memiliki bentuk dan ketinggian yang tidak sama lho. Masing-masing gigi memiliki bentuk dan panjang berbeda-beda terkait dengan fungsinya untuk mengunyah makanan. Bayangkan jika semua permukaan gigi rata, tidak ada yang lebih lancip, tidak ada yang lebih luas, maka kita bisa repot ketika mengunyah makanan.

Gigi yang kurang rapi bisa dirapikan oleh dokter gigi spesialis merapikan gigi (ortodontis), bukan dengan memotong gigi tersebut. Jadi sudah jelas, tidak ada dokter gigi yang mau memotong gigi untuk tujuan merapikan. Tapi untuk tujuan lain misalnya penyambungan gigi yang patah, masih mungkin dilakukan pemotongan permukaan yang tidak rata pada bekas patahan supaya lebih mudah dalam penyambungan gigi tersebut.

Semoga cukup jelas ya Mbak Eva jawaban saya ini 🙂

73 thoughts on “Memotong Gigi, Bolehkah?

    1. dionella Post author

      nah pengalaman mbak debbie merasakan sakitnya punya gigi berlubang bisa jadi tambahan informasi buat pembaca. terimakasih mbak 🙂

  1. pety puri

    karena itulah di agama Islam juga gak boleh potong gigi ya, bu dokter. Kecuali untuk tujuan kesehatan, bukan estetika semata. Ternyata inilah alasan kesehatannya 🙂

  2. mila

    bu dokter, saya abis kecelakaan, gigi depan saya patah hampir setengahnya, tadinya mau potong gigi buat diratain, soalnya kebetulan jg gigi saya emang agak besar2, tapi abis baca saya jadi ngeri, baiknya gimana dong
    T_T

    1. dionella Post author

      kalau patahannya lancip dan malah mengganggu, mungkin bisa dirapikan patahannya, atau disambung giginya mbak mila

  3. Rulan

    Dok gigi saya nggk rata , di bagian atas depan ada 3 gigi yg seharusnya 2 , kan ada 3 dok , yg tengah itu runci sprti taring . gmn dok cara mencabut biar rata kembali?

    1. dionella Post author

      kalau cara mencabut sih dokter gigi sudah tahu ya mbak, masalahnya itu perlu dipotong atau tidak, maka perlu pemeriksaan langsung. silakan datang ke dokter giginya

    1. dionella Post author

      umumnya pakai behel mbak, tapi bisa dengna cara lain sesuai keperluan. dokter gigi spesialis orto nanti yang tahu sebaiknya diapakan

  4. ra

    maaf Dok, problem saya sama bgt sama mila saya habis kecelakaan gigi depan saya potong linu, baiknya gmna dok ?

  5. Nur

    Dok, mohon tanya. Sekitar 10th yg lalu saya mengalami kecelakaan dan mengakibatkan dua gigi depan saya patah. Parahnya, patahannya berbentuk taring. Lalu, sebaiknya saya pangur atau sambung saja? Dan, dalam jangka waktu tsb apa tidak berpengaruh? Terimakasih

    1. dionella Post author

      Wah sudah lama sekali ya Mbak Nur kejadiannya. Selama ini gimana mbak, apakah gigi patah yang sisanya berbentuk taring itu tidak terasa mengganggu? Sebenarnya jika patahannya masih disimpan, bisa lho disambung lagi. Tapi mungkin sudah hilang ya karena sudah lama sekali. Alternatifnya nanti bisa dibuatkan gigi sambungan / implan. Selama gigi sisanya masih bagus dan kuat, sebaiknya dipertahankan, nanti disambung dengan gigi buatan yang bentuknya menyesuaikan dengan sisa yang ada

      Yang bisa melakukan tindakan tersebut adalah dokter gigi spesialis gigi tiruan (prosthodontia). Jika bingung mencarinya dimana, bisa datang ke RS Gigi dan Mulut Fakultas kedokteran Gigi Universitas Airlangga

      1. fauzy

        maaf mau nanya saya juga seperti itu sudah sangat lama dan rasanya untuk sekarang ane, kalau daerah jakarta sebaiknya dimna yah dok

        1. dionella Post author

          Halo Mas Fauzy, bisa di mana saja asalkan ke dokter gigi ya mas. Biasanya di setiap RS atau Klinik atau Puskesmas ada dokter gigi nya kok..

  6. yesi

    Gigi taring saya gingsul knn kiri dok, taringnya terlalu lancip,kalo dipangur dikit biar agak tumpul boleh nggak dok??
    Makasih

    1. dionella Post author

      Mbak Yesi, sebaiknya tidak dipotong ya giginya. Penampilan jadi lebih cantik, tapi kalau giginya jadi mudah ngilu dan jadi keropos gimana kan sayang ya?

      Lapisan enamel / email terluar gigi itu bagian yang paling keras soalnya. Kalau sampai itu dipotong, nanti lapisan di bawahnya tidak ada pelindungnya.

      Kalau mau merapikan gingsulnya tanpa memotong, coba datang ke dokter gigi spesialis orthodontia aja, dikonsultasikan gimana caranya 😉

  7. dewi

    Dok, saya sudah 4 bulan memakai bracket,,,tujuannya untuk merapihkan ginsul gigi depan namun tidak ada pencabutan gigi. Sekarang gigi saya sudah rapih tp rasanya gigi bergerak ke depan menjadi lebih maju. Dokter saya bilang karena gigi saya besar dan rahang kecil, jika ingin dimundurkan harus dicabut 2 gigi atas, dan untuk memundurkan gigi perlu sedikit space, jika dicabut 2 gigi akan ada rongga gigi yg kosong, apa perlu saya melakukan kikir gigi agar tidak ada pencabutan gigi dan tidak ada space gigi yg kosong? Jika dicabut, apa bisa space gigi yg kosong diberi treatment pemasangan gigi palsu? Terimakasih

    1. dionella Post author

      halo mbak dewi, pencabutan gigi saat perawatan dengan bracket biasanya bertujuan untuk memberi space pada gigi yang hendak dirapikan supaya bisa bergeser. jadi setelah dicabut, nanti space tersebut akan terisi oleh gigi yang tergeser

      untuk kikir tidak disarankan ya mbak

  8. Tabytha Christy

    Dok, sy sudah pakai behel kira” 6 tahun. Karena kuliah diluar kota sy tidak rutin kontrol di dokter yg lama. sy pun mencari dokter yg baru. Kta dokter tsb, gigi atas sy sudah rapi, tp gigi bwh sy tidak, dan posisinya terlalu mundur sehingga jaraknya terlalu jauh dr gigi atas (8mm). Tadinya gigi sy memang dicabut 4(2 atas, 2 bawah). Oleh dokter yg lama, gigi bwh sy masih dipakaikan kawat aktif yg membuat ggi bwh sy terus mundur, sementara ggi atas sy kawat pasif, dn dipakaikan karet bersambung. Beliau menyarankan agar gigi atas sy di kikis perlahan agar jarakny tdk terlalu jauh dng gigi bawah. Proses tersebut makan waktu kurang lebih 1,5 tahunan dan katanya butuh kira” 16 penggantian jenis kawat. menurut dokter apa saran tersebut sudah tepat dn masuk akal? Apa tidak berefek samping jika giginya dikikis? Makasih

    1. dionella Post author

      ketika sedang menjalani perawatan dengan kawat gigi hendaknya memang rutin kontrol mbak. supaya perkembangannya bisa dipantau secara rutin dan jika ditemui masalah bisa lekas diselesaikan.

      tentang apakah saran yang diberikan sudah tepat atau belum, pastinya setiap saran diberikan berdasar hasil pemeriksaan. karena saya sendiri tidak ikut memeriksa, maka tidak bisa memberikan penilaian ya mbak 🙂

  9. yusniar tika

    Mba gigi saya sdh saya pangur tp stelah itu saya nyesel karna gigi saya jadi g ada guna. Makan keras g bs ketawa di pagi hari ngilu .
    Sampe skrg saya emosi sama gigi saya .

    1. dionella Post author

      wah kalau sudah kejadian gitu ya tinggal perawatannya aja mbak, toh tidak bisa dikembalikan lagi yang sudah dipangur itu

      tidak perlu emosi terus ya mbak, kasihan nanti hari2nya jadi terganggu. mbak yusniar menyesuaikan diri aja dengan keadaan tersebut.

  10. Rifkia Dara Cafriana

    Saya sudah pasang behel tapi bukan di klinik dokter gigi, saya teriming2 dengan harga yang lebih murah, namun saya rasa gigi saya jd beda panjangnya, dan ketika saya senyum saya tidak puas dengan gigi saya? Lantas apa yang harus saya lakukan ?

    1. dionella Post author

      Meski sudah terlambat, sebaiknya SEGERA konsultasi ke DOKTER GIGI SPESIALIS ORTO. Pasang kawat gigi tidak bisa dilakukan sembarangan orang. Bahaya jika hanya tergiur harga murah lantas mengesampingkan kesehatan 🙁

  11. Erna yulianti

    Mba aku sudah terlanjur pangur karna gigiku yg tidak rata itu sudah 14 tahun yg lalu saat aku masi di bangku smp dan skrang umurku 28 th png meratakan gigi dg behel agak ragu2 karna aku dpt efek samping dr pangur gigiku jd sensitif kira2 gmn y apa masi bisa untuk pasang behel dg gigiku yg sensitif ini dan pernah dipangur…

  12. juni

    dok .mau tanya aku . .aku punya taring di kiri dan dikanan . dia dibagian gusi samping . itu mengganggu pandangan sekali . aku ingin sekali taring itu hilang . kira2 cara apa yg harus aku lakukan . agar taring itu tidak ada . di potong atau di apakan dok tanpa ada efek yg buruk ..
    saya butuh sekali . kalau memang taring di busi ku bisa hilang .pasti menjadi kebanggaan sekali buat aku dok … minta saran nya ya dok. terimakasih

  13. Desy

    Bu Dok. Aku punya gusi yg atas sebelah dibagian gigi depan atas. Mengakibatkan Gigi depan yg di ditengah itu kelihatan panjang sebelah. Ketika senyum/ tertawa kelihatan Gigi rasanya kurang enak dilihat. Kalo pemtongan gusi agar klihtan sama bentuk Gigi atas depan…bisa gak Dok? Atau ada efek samping nya? Ataukah kena saraf Dok? Mohon dibantu ia Dok.

    1. dionella Post author

      Halo mbak Desy, apakah kondisi tersebut sangat mengganggu penampilan dan percaya diri mbak Desy? Jika iya, maka cobalah konsultasi ke dokter gigi spesialis merapikan gigi (ortodontis) ya mbak. Kalau dipotong begitu saja, wah bisa mengenai syaraf, dan tentu itu dalam jangka panjang bisa lebih merugikan, dibanding membiarkannya begitu saja

  14. katerine

    Dokter,saya pakai behel pasang ditukang gigi .awalnya gigi saya simetris namun maju dan panjang.. Setelah 2 bulan memakai perawatan ,gigi 2 depan atas saya berubah tidak simetris miring kekiri setengah senti..bagaimana ini buk,apakah saya sabar sampai gigi saya seperti semula atau lepas ..mohon masukannya dok 🙁 trimakasih

    1. dionella Post author

      Wah mbak Katerine, memang ke tukang gigi cenderung lebih murah, namun dampak seperti ini sebaiknya dijadikan pelajaran bagi mbak Katerine sendiri maupun orang lain. Untuk memasang kawat gigi saja, dokter gigi umum tidak berani kok mbak, karena belum cukup ilmu, dan belum punya kewenangan. Yang bisa menanganinya dengan baik, ya dokter gigi spesialis ortodonsia. Memang sih biayanya umumnya lumayan ‘mahal’ (meskipun mahal itu relatif ya) namun beliau melakukan tugas berdasarkan ilmu dan keahlian yang dapat dipertanggungjawabkan

      Saran saya, segera datangi dokter gigi spesialis orto, dan konsultasikan langsung masalah yang mbak Katerine alami ini. Semoga lekas mendapatkan solusi ya mbak

  15. Tha

    Dok..mau tanya, dengan membaca artikel di atas saya jd takut, karena saya baru-baru ini dipotong gigi saya, karena satu gigi kepanjangan. Tp saya tdk di potong di Drg. Bagaimana ya dok,?

    1. dionella Post author

      kalau ke dokter gigi ya kemungkinan besarnya tidak akan dipotong mbak Mitha karena dapat membahayakan. Sekarang, apa yang mbak Mitha rasakan setelah potong gigi itu, apakah biasa saja, atau ada rasa nyeri / gigi menjadi lebih sensitif?

  16. Ladya

    Dok saya mau tanya, untuk memberikan space pada gigi dalam perawatan selain dicabut giginya ada juga yang dikikir. Apakah itu juga bahaya dok?

  17. eyani

    Assalamualaikum dok.. begini gigi saya kuning dan ada noda coklat di salah satu gigi saya dlu ibu saya konsumsi tetracyclin wkt mengandung saya.. rencana saya mw putihkan.. tp apakah bener dok tidak bs diputihkan jk krn antibiotik?? Sama sekali ga bs dok?

    1. dionella Post author

      Halo mbak Eyani, kalo kusamnya karena antibiotik pada masa lalu, memang bisa diputihkan tapi dengan sistem pelapisan / veneer. Jadi giginya sebenarnya tetap kusam, namun semacam divernish gitu lho mbak. Semoga cukup jelas yaaa…

      Supaya lebih jelas lagi, mbaknya bisa periksa langsung ke dokter gigi terdekat mbak. Bagus lagi kalo ke dokter gigi spesialis konservasi gigi. Jika di Surabaya, di RSGM Unair ada kok

      1. Fii Ahmad

        Buk do, saya kurang pd Kalo lagi ceramah atau khutbah karena gigi depan saya agak besar.
        Tolong carikan solusi nya ya Buk dok

  18. fauzy

    maaf saya mau nanya gigi saya waktu sd patah karena jatuh dan berada di gigi bagian atas dan di depan kembar atau orang bilang di bagian gigi kelinci , sehingga menyebakan tidak rata antara satu sama lainnya, apakah bisa diratakan/gerinda atau ditambal? karena mengurangi kepercayaan diri saat tertawa? mohon penjelasannya..

  19. rusna ulya

    Saya mau tanya dokter. Saya mau pasang behel. gigi yang di atas maju,besar,dan agak panjang. Gigi yng di bawah kebelakang trus panjang. Apakah bisa rapi gigi Sya tanpa pemotongan gigi??

    1. dionella Post author

      halo mbak Rusna, pasang behel harus di dokter gigi spesialis orto ya, tidak bisa di tukang gigi, atau dokter gigi umum. karena pasang behel ini butuh keahlian dan kewenangan dari si dokter gigi spesialis.

      sebelum pemasangan behel biasanya akan ada beberapa gigi yang dicabut jika memang diperlukan. hal itu untuk memberikan ruang pada gigi yang akan digeser. untuk lebih jelasnya segera konsul ke dokter gigi spesialis orto yaa..

  20. Sylvia

    Dok,saya menggunakan terapi gigi yaitu behel.setelah gigi saya rapi ternyata ada 2 gigi saya yg kepanjangan.dan saya kurang puas dengan saya senyum dok,karena gigi saya yg kepanjangan.jadi apa yg harus selanjutnya saya lakukan dok

  21. Tasya

    Ass.. Mba saya mau nanya. Gigi seri(atas) saya kan cmn ada 2, padahal harusnya ada 4, nah trs abis 2 gigi seri itu ada gigi taring. Gigi taring saya itu runcing, saya pakai behel dan disarankan dokter saya biar jadi misah2 gitu dok. Soalnya emng klo 2 gigi seri berdempetan dgn gigi taring saya jadi kelihatan aneh. Nah yg mau saya tanyakan apakah blh gigi taring saya itu dipotong?

    1. dionella Post author

      mbak, memotong gigi itu nanti ada implikasi medisnya atau tidak, akan bisa dijawab oleh dokter yang memeriksa langsung. kalau memotongnya hanya alasan keindahan, kok menurut saya sebaiknya tidak, daripada nanti ada masalah

  22. Lipa

    bu dokter…gigi seri paling depan saya agak panjang,terus besar..nah kalo dimundurkan ga bisa..soalnya gigi seri disampingnya juga besar..jadi gigi seri paling depannya ga bisa mundur karena terhalangi gigi disampingnya..manurut anda apa yg harus saya lakukan???

    1. dionella Post author

      yang harus dilakukan adalah datang ke DOKTER GIGI SPESIALIS merapikan gigi (ortodontis). konsultasikan ke sana. setelah diperiksa maka dokter akan memberikan saran terbaik

  23. Sartika Elisabeth Saragih

    Kemarin gigi saya maju mundur dok, lalu di pasang kawat gigi, lalu tukang giginya memotong gigi saya jadi agak kurus gitu giginya dok. Dan saya rencana mau masuk IPDN dan dikatakan tidak ada boleh gigi karies, dan gigi saya yang di potong itu seperti gigi karies walaupun tidak busuk. Jadi apakah gigi yang di potong dapat diaktakan gigi karies dok?
    Terimakasih.

    1. dionella Post author

      DOKTER GIGI tidak akan melakukan pemotongan gigi secara sembarangan mbak. Kami menerima banyak keluhan pasien yang habis dari TUKANG GIGI lalu giginya malah rusak. Gigi yang dipotong otomatis sudah tidak sesuai aslinya karena bagian email gigi sudah terkikis. Kikis / gigis bahasa lainnya KARIES.

  24. hannifa

    Dok mau nanya?sya sudah pki bhel slama 2 tahun soalnya gigi sya yg bwah gk rata trus yg atas maju..tp stlah d lepas behelnya gigi yg bwah masi rapi tp gigi yg atas kok agak renggang,gk rapat sprti sprti wktu d behel.. Itu gmn dok??apa aqu hrus psang behel lagi..

  25. Linda

    Dok, saya sedang pemrosesan mau pasang kawat gigi. Setelah dirontgen, terlihat gigi geraham bawah kanan yg paling belakang posisi tidur dan dalam sekali sehingga bila ingin dikeluarkan harus dilakukan operasi. Sang dokter tidak menyarankannya karena selama gigi tsb tidak mengganggu, ia bilang lebih baik dibiarkan saja. Jd utk menciptakan space, ia mengatakan akan slice gigi saya yg lain. Bagaimana menurut dokter?

  26. Emmi

    Dok, bagaimana jika memotong atau mengikis gigi yang lebar apakah itu ngga boleh juga, apalagi jika ingin diratakan kan mesti dikikis dulu?

    1. dionella Post author

      kalau disambung itu patahannya masih ada mbak. jika patahan sudah tidak ada, mungkin bisa dibikinkan mahkota tiruan. cobalah datang ke dokter gigi prostodonsia / konservasi

      1. wiwik

        Dok,,berapa biaya psg behel skrang y ,,krn gigi taring yg bwh sy agk maju,,dan ggi atas yg seri besar2,,!!?tnks

        1. dionella Post author

          halo mbak Wiwik, biaya pemasangan behel saya juga kurang tahu mbak. Saya tidak melayani pemasangan behel. Mbaknya harus datang ke dokter gigi spesialis orto untuk konsultasi dulu, lalu tanyakan biayanya sebelum dilakukan tindakan. tidak masalah kok

  27. putri

    Dok apakah gigi yg di panggur tdk bisa kembali ke semula dgn obat tradisional yg secara alami. Gigi saya di panggur cuma saya nyesel, tapi gigi nya tdak linu dan tdk ada masalah, tpi apakah nanti akan ada efek samping?

    1. dionella Post author

      Tidak bisa tumbuh kembali mbak Putri. semoga sampai tua nanti gak ada masalah ya. Kan sudah kadung terjadi, smoga aja waktu itu pangurnya gak sampai menembus ke dalam lapisan syaraf ya..

  28. fitrisalam

    Dok sdulu waktu umur 4 tahun saya jatuh dari wc dan gigi saya patah. Terus saya dibwa kerumah sakit dan dokternya memajukan gusi saya untuk mengambil gigi saya yang patah. Dan umur 6 tahun gigi saya didepan maju, besar, dan lebar. Apakah jika memakai behel gusi saya bisa dimundurkan?

    1. dionella Post author

      kemungkinan bisa mbak. mbaknya datang aja ke dokter gigi spesialis orto ya. konsultasikan langsung ke sana permasalahannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.