Gigi Anak Mulai Tumbuh Umur Berapa?

Dokter, anak saya Akzel, cowok, umur 10 bulan kok belum muncul ya giginya? Kata orang tua karena dulu mendam ari-arinya terlalu dalam. Apa betul begitu dok? Gimana supaya cepat tumbuh? Terimakasih

Dari Bunda Donita, Surabaya

Hai Bunda Donita, sebenarnya gigi bayi itu mulai terbentuk dan berkembang sejak masih di dalam kandungan, sekitar bulan kedua (minggu ke-6) usia kehamilan ibundanya. Namun gigi tersebut masih berada di dalam, tertutup gusi. Lalu ketika bayi lahir, secara pelan-pelan gigi tersebut mulai muncul.

Yang perlu dimaklumi bahwa antara bayi yang satu dengan yang lain itu berbeda waktu munculnya gigi perdana. Ada yang usia 4 bulan sudah muncul giginya, ada yang 6 bulan baru tumbuh, bahkan ada yang hingga usia 1 tahun masih belum keluar giginya.

gigi perdana bayi

Gigi yang pertama kali muncul biasanya gigi bawah depan. Biasanya muncul sepasang dalam waktu hampir bersamaan. Kemudian diikuti sepasang gigi depan atas dan seterusnya hingga gigi susu lengkap di usia sekitar 3 tahun.

Tentang apakah ada kaitannya dengan memendam ari-ari terlalu dalam, menurutku sih tidak ada ya Bunda, itu mungkin mitos di daerah tertentu.

Supaya cepat tumbuh, Bunda Donita bisa mengatur tekstur makanan pendamping asi (MPASI) yang diberikan kepada si kecil. Jika biasanya memberikan bubur yang sangat lembek, mulai naikkan teksturnya ke lebih kasar supaya si baby belajar mengunyah sekaligus merangsang munculnya gigi perdananya.

Ketika gigi akan erupsi, biasanya si baby suka menggigit apapun yang ditemuinya. Nah, Bunda Donita bisa membelikannya mainan yang bisa digigit atau biasa disebut teether. Tapi perlu cermat juga memilih teether, pilihlah yang terbuat dari bahan yang aman.

Jadi Bunda Donita tidak perlu panik ya, dan semoga gigi perdana si baby lekas keluar ya 🙂

Salam,
drg. Dio Nella

————
Gambar: Baby Toddler & Beyond

6 Comments

  1. Kyusoku Bihaku 26/09/2013
    • dionella 20/03/2014
  2. apin 20/07/2014
  3. herlan cristoval 18/09/2014
    • naira 17/03/2017

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.