Anak Demam Tinggi Ketika Gigi Tumbuh

Selamat pagi dokter Dio. Sudah 2 hari ini anak saya demam tinggi hampir 39 derajat. Umurnya 1 tahun 2 bulan. Cowok. Rewel banget dok. Ternyata gigi depan yang atas mau tumbuh, sudah kelihatan sedikit. Gusinya seperti memar. Bahaya gak dok? (Astri – Surabaya)

Ibu Astri, selamat ya gigi anak Ibu sudah mau tumbuh lagi. Kalau sekarang tumbuh gigi depan atas, berarti yang bawah sudah tumbuh duluan kan? Hanya saja Ibu Astri mungkin sedikit khawatir karena anak demam tinggi ketika gigi tumbuh.

Tentang demamnya, memang banyak ditemui anak yang mau tumbuh gigi mengalami demam. Bahkan orang dewasa yang mau tumbuh gigi terkahirnya biasanya juga disertai gak enak badan seperti demam dan meriang.

anak demam ngiler tumbuh gigi

Sebaiknya pantau terus suhu anak Ibu, apakah terus menerus mendekati 39 derajat atau naik turun? Setiap anak memiliki ambang batas sendiri-sendiri. Ada yang baru 38 sudah kejang, Tapi ada yang sudah 39 tetap aktif. Ibu sendiri yang lebih tahu kebiasaan anak Ibu seperti apa. Jika demamnya terbilang tinggi, maka pemberian obat penurun demam bisa dipertimbangkan dengan mengikuti petunjuk dari dokter.

Gusi yang terlihat memar memerah mungkin akibat terdesak oleh gigi yang mau tumbuh sehingga ada sedikit radang. Kemungkinan radangnya itulah yang memicu demam. Rasanya pasti tidak nyaman. Oleh karena itu wajar jika anak Ibu Astri jadi rewel banget.

Ketika mau tumbuh gigi, beberapa anak mendadak sering ngiler dan suka menggigit dengan gemas seperti terasa gatal di giginya yang mau tumbuh itu. Ada yang diiringi dengan demam, tapi banyak juga yang tidak.

Selama anak Ibu Astri masih mau makan dan minum, Ibu tidak perlu terlalu khawatir. Tapi jika demamnya tidak kunjung reda setelah 3 hari, ada baiknya Ibu periksakan ke Dokter Spesialis Anak untuk mengetahui kemungkinan pemicu demam yang lain.

Semoga cukup jelas ya Ibu Astri. Salam buar anaknya, Kebetulan umurnya sama dengan anak saya 🙂

 

19 thoughts on “Anak Demam Tinggi Ketika Gigi Tumbuh

  1. prawi family - purwakarta

    salam kenal, dok…

    anak saya usia 20 bulan, harii ini badannya panas hingga 39°C. tingkahnya masih aktif seperti biasa meskipun rada susah makannya.
    kalo dari tanda2 yg nampak, dua gigi siung yg bawah mulai tumbuh. untuk sementara, kami atasi dengan sanmol dan kompres air hangat. hasilnya sampai saat ini cukup membuat kami lebih tenang.

    pertanyaan kami,
    normalkah suhu tersebut dengan mengingat selama tumbuh gigi, anak saya tidak pernah mengalami panas sampai setinggi itu.

    terima kasih…

    1. dionella Post author

      bunda, normal atau tidaknya sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter anak ya.

      menurut saya, ambang demam setiap anak beda-beda. ada yang 39 masih ceria seperti anak bunda (juga anak saya, pernah demam hingga 39 tapi masih ceria), tapi ada yang 38 sudah kejang.

      selama anak masih mau minum dan makan, bunda tidak perlu terlalu khawatir sih. tapi sekali lagi, sebaiknya tetap konsul ke dokter anak

  2. Siska

    selamat siang dok,

    anak saya berusia 11 bulan,, sudah 2 hari kemaren suhu badan nya 38.4°C , dia rewel, dan agak susah makan nya.
    saya liat gigi atas nya tumbuh.

    sampai hari ini demam nya masih ada, walaupun suhu badan sudah agak menurun..

    Apakah saya harus periksa kembali ke dokter, karena demam nya masih ada?

    Trima kasih

    1. dionella Post author

      jika lebih dari 3 hari masih demam, sebaiknya konsul ke dokter anak ya bunda.. semoga si kecil lekas sembuh ya demamnya:)

  3. sisi

    Assalamualaikum dokter…
    Mau tanya dok, usia sy 25 tahun… sampai skrg kalo gigi geraham belakang muncul ke permukaan sedikit tapi gak tumbuh semua selalu saja demam.
    kira” ada kelainan apa tidak dok ??

  4. almawanti

    Siang dok..anak saya umurnya 6bulan kurang 4 hari 7bulan..dia demam terus rewel dan gak mau makan apa itu gejala tumbuh giginya ya dok..soalnya dia sering mainin lidahnya di bawa gusinya..dan apa perlu di kasih obat.

    1. dionella Post author

      halo Bunda, sebenarnya ketika gigi mau tumbuh tidak selalu demam kok. Yang perlu diperhatikan ketika anak demam, dia masih tetap ceria dan mau minum ASI yang banyak. Jika dalam 3 hari demamnya tidak kunjung pergi, sebaiknya dibawa ke dokter untuk mendapat pemeriksaan langsung ya.

      Apakah ada kaitan dengan gigi yang mau tumbuh, coba dicek giginya apakah ada muncul seperti gigi yang mau muncul dari dalam gusi? biasanya gusi akan sedikit memar, lalu ada tonjolan dan bayang-bayang gigi berwarna putih. Jika tidak yakin, dokter gigi dapat membantu memeriksanya

  5. Aini

    Salam kenal dok. Anak saya umur setahun yg pertama tumbuh gigi yaitu gigi geraham tapi masih sedikit, sekarang mulai tumbuh didepan bawah dan panas sudah 3 hari 39derajat. Diberi obat turun sesaat lalu naik lagi. Apa itu normal dok?

  6. Frankie Eduard

    Selamat pagi dok, salam kenal.. anak saya ABK umur sebelas tahun… giginya sekaligus 2 buah yg mau tumbuh.. saya lihat ada bakal giginya.. gusinya merah.. saat ini dia demam.. sebaiknya di beri obat apa ya? Parasetamol bolehkah? Tinggi badan 155 : berat badannya 60Kg.. mohon infonya.tks

    1. dionella Post author

      halo Pak Frankie, maaf ya baru balas. Apakah sekarang masih demam? Semoga sudah tidak demam ya karena sudah seminggu lalu. Kalo demamnya berkelanjutan silakan datang ke dokter Pak

  7. Koko

    Selamat pagi dok, anak saya 1 tahun 5 bulan.
    Mau tumbuh gigi graham 2 atas dan 2 bawah. Sudah 1 minggu ini demam..saya sudah berobat ke dokter dan obatnya pun sudah habis 2 hari yang lalu..tapi sampai hari ini masih demam..bahkan kemarin sampai 40°C.
    Sekarang bertambah batuk..makanan hanya masuk sedikit..tapi alhamdulillah ASI masih full..karena memang anak saya ASI eksklusif..
    Pertanyaan saya :
    1. Apakah boleh untuk menurunkan panasnya saya memberikan tempra/obat penurun panas lainnya selama lebih dari 1 minggu (atau selama panasnya masih muncul) ?
    2. Berapakah lama normal anak yang tumbuh gigi? Apakah anak saya yang sudah 1 mingu panas masih tergolong normal?
    Terima kasih sebelumnya dari kami sekeluarga..

    1. dionella Post author

      halo mbak / mas Koko. demam lebih dari seminggu sebaiknya diperiksakan ke dokter anak ya. kuatir kenapa-napa. saya doakan semoga skrg sudah sembuh

  8. arcetta

    Siang dokter..
    anak saya sudah berumur 11 bulan 2 minggu tapi belum ada tanda2 giginya mau tumbuh walaupun gusinya sudah putih semua.
    untuk kebiasaan menggigit skrg jadi lebih suka gigit saat menyusui.
    Mpasinya pun sudah nasi lembek,tapi sy masih agak ragu takutnya dy bisa keselek karna blum ada giginya..
    mohon pencerahannya dokter.
    terima kasih.

    1. dionella Post author

      coba dikasih theeter (mainan yang bisa digigit2) untuk merangsang tumbuhnya gigi bund. mpasi mendekati 12 bulan menurut pengalaman pribadi saya, si anak sudah minta agak kasar. tapi bayi beda2 ya bund. gak usah kuatir.

  9. riyadi

    slmt malem dok.ank saya udh 3 hari ini demam dok…tapi demamnya cm kalao malam saja kmren mlm sampai 40 derjat…ada tanda2 gigi atas mau tumbuh lagi.td pagi udh diperiksain k bidan dkash penrun panas.td siang udh ilang panasnya tp barusan jam 22.30 panas lagi dok.smpai 39,5 drjat.apakh yg trjadi dok kalau panasnya cm malam aj.anak sya umur 10 bulan cewek

    1. dionella Post author

      halo pak Riyadi, sebaiknya diperiksakan ke dokter anak aja ya kalo masih demam tanpa disertai batuk / pilek. karena kadang penyebabnya bukan mau tumbuh gigi aja, bisa penyebab yang lain. suhu mendekati 40 itu bagi sebagian anak bisa membahayakan lho. semoga lekas sembuh yaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.