Cara Menyapih Anak (Pengalaman Pribadi)

Tidak terasa anak pertamaku sudah berumur 2 tahun 4 bulan. Sudah waktunya disapih. Sebenarnya rencana menyapih ini sudah aku sounding ke dia sejak umurnya belum 2 tahun, bahwa nanti kalau sudah 2 tahun maka tidak minum ASI lagi. Tapi namanya Ibu, tidak tega rasanya menyapih si kecil. Apalagi sejak umurnya 2 tahun, Mas Isham justru makin menjadi-jadi minta ASI-nya. Seperti tidak mau disapih ­čÖü

Beberapa saran aku dapatkan dari orang tua, teman, tetangga dan sejawat. Kebanyakan menyarankan aku mengolesi pahit-pahitan ke payudara supaya si kecil tidak mau lagi minum ASI. Tapi aku tidak tega melakukannya.

Hamil Anak kedua

Puncaknya ketika pertengahan Februari 2015 lalu ketika aku terlambat datang bulan dan ternyata test pack menunjukkan hasil positif. Alhamdulillaah.. Maka aku bertekat bulat bahwa Mas Isham harus segera disapih. Tidak tega, tapi harus. Apalagi sudah beberapa hari sebelumnya payudara terasa sangat nyeri ketika Mas Isham minum ASI. Mungkin ada perubahan hormonal terkait kehamilan anak ke-2.

Hal pertama yang aku persiapkan adalah memilih cara menyapih. Berikutnya adalah bagaimana melaksanakan cara itu supaya tidak melukai hati anakku. Aku tidak ingin dia merasa mama sudah tidak sayang dia lagi. Jangan sampai juga dia merasa nenen mama direbut adek bayi sehingga dia tidak dikasih nenen lagi.

Bagaimana Caraku Menyapih?

Cara menyapih anak yang aku pilih adalah dengan menutup payudara dengan kapas dan plester. Sehingga ketika si kecil hendak minum ASI tidak bisa lalu diberi penjelasan bahwa nenen mama sakit. Aku tidak berbohong. Memang waktu itu terasa sakit ketika Mas Isham minta ASI.

Alhamdulillah usahaku berhasil. Maka mulai tanggal 23 Februari 2015 Mas Isham resmi tidak minum ASI lagi. Aku berhasil menyapih anak pertamaku! Rasanya senang, tapi juga sedih. Senang karena berhasil menyapih, sedih karena seperti ada yang hilang. Aku terus memberinya pengertian bahwa meski sudah tidak nyenye (nenen / minum ASI) lagi, tapi mama tetap sayang Mas Isham.

Sebelum disapih, Mas Isham punya kebiasaan minum ASI ketika mau tidur malam. Sekarang ASI nya digantikan susu ultra mimi atau susu nutrilon royal 3. Biasanya minum ASI sambil rebahan, sekarang aku biasakan minum susu sambil duduk. Dan setelah minum susu masih harus minum air putih supaya giginya tidak gigis.

Butuh Komitmen dan Usaha Keras

Hari pertama butuh usaha keras hingga dia bisa tidur. Gelisah terus dan sempat menangis minta nyenye. Tapi aku teguh pendiriaan sambil memberinya pengertian bahwa Mas Isham sudah besar, sudah tidak minum ASI lagi. Alhamdulillah dia mau mengerti. Bisa tidur meski tanpa ASI. Ya, meskipun proses tidurnya jadi lebih panjaaaang.

Yang butuh usaha lebih keras lagi adalah kebiasaan Mas Isham bangun jam 2 sampai 3 pagi dan minta nyenye sambil terus merem / tidur. Jika tidak dikasih nyenye maka dia akan nangis sekencang-kencangnya. Dan ketika sudah disapih, nyenye ke mama sambil tidur itu harus digantikan minum kutak (susu kotak ultra mimi) sambil duduk dan mata melek. Butuh usaha keras buat merubah kebiasaan itu. Tapi Alhamdulillah sekarang sudah terbiasa.

Oia, Mas Isham memang sudah tidak minum dengan dot lagi sejak umurnya hampir 2 tahun. Dia sendiri yang tidak mau minum pakai dot, maunya pakai gelas. “Sisham dah san, gak minum dot”, (Mas Isham sudah besar, tidak minum dot) gitu katanya. Dan ini memudahkan proses menyapih. Melihat pengalaman beberapa kawan, ternyata menyapih dari dot lebih susah daripada menyapih dari ASI. Ada yang anaknya sudah sekolah SD tapi ternyata masih ngedot hehehe…

Buat bunda yang sedang berusapa menyapih anaknya, ayo bunda terus semangat! Menurut pengalaman pribadiku memang si kecil akan mengalami perubahan perilaku. Kita sebagai ortu harus terus memberinya pengertian. Insya Allah berhasil menyapih dengan gembira ­čÖé

22 thoughts on “Cara Menyapih Anak (Pengalaman Pribadi)

  1. Khoirunnisa

    Selamat ya mbak atas kesuksesan menyapihnya dan selamat juga atas kehamilan anak kedua. Blognya keren saya suka bacanya kebetulan lagi mau nyapih juga

  2. Santi Nurhayati

    Kbtulan nih mbak, sama sy jg lg hamil anak kedua dan anak sy yg pertama lg disapih jg, jadi ada teman seperjuangan nih, he..he. Memang butuh komitmen dan usaha keras ya mbak, sy menyapihnya dgn mengoleskan minyak angin aromatherapy karena sy tau anak sy tidak suka baunya dan sy bilang jg nenennya sakit. Alhamdulillah sudah 2 hari ini anak sy tidak nenen lg. Paling bangun tengah malam dan tiba2 menangis, tp sy beri pngertian dan dia tidur lg dgn sendirinya smbil sy elus2.

    1. dionella Post author

      wah seneng ya bunda, sama-sama sedang menyapih. alhamdulillah anak saya sekarang sudah tidak minta nenen sama sekali. sebagai gantinya, ketika tengah malam terbangun dari tidur dia langsung minta air putih lalu tidur lagi setelah memainkan ketiak saya hehehe…

      semoga sukses ya bunda menyapihnya. selamat juga atas kehamilannya semoga sehat ibu dan anaknya.. aamiin..

  3. Fenty

    Somehow, setelah lihat testimonial ibu-ibu yang menyapih, banyak yang sukses karena mereka hamil … tapi bismillah aja deh, semoga Liam bisa weaning with love, atas kesadaran dia sendiri ­čÖé tetep sounding walaupun nggak maksa

    1. dionella Post author

      Betul mbak Fenty. Semua tergantung dengan niat dan kemauan kok. Adapun kehamilan hanya merupakan satu penguat niat itu. Semoga sukses ya menyapihnya ­čÖé

  4. putri

    Mohon pencerahannya aku uda berusaha anak ku juga sudah berhasil tidak minta nenen… tetapi sekarang malah saya yang tersiksa…payudarah saya membengkak, seperti waktu asi penuh dan harus di keluarkan alhasil anak saya, saya berikan kembali….
    Bingung jadi harus gmn…

    1. dionella Post author

      Halo bunda Putri, memang di awal berhenti menyusui rasanya cenut-cenut ya karena ASI terus diproduksi dan tidak dikeluarkan. Seperti itu bisa terjadi beberapa hari hingga beberapa minggu. Lama-lama tubuh kita akan tahu bahwa tidak perlu memproduksi ASI lagi, dan dengan sendirinya akan mampet, dan tidak lagi sakit.

  5. bunda amira

    aku juga lg mrasakan hal yg sama bun… sampe kadang stress sndiri… udah kndungan ku masuk 4 bulan msih mual muntah tiap hari.. ditambah kaka amira masih minta nenen umurnya juga sudah 2 tahun 6 bulan… bingung banget mau diapain sapihnya.. waktu itu udah dikasih lipstik tp dia tau klo dibohongin..

    bantu carikan solusi dong bunda :'( … thx bunda

    1. dionella Post author

      Hai Bunda, apa sudah mencoba cara yang saya lakukan, yaitu dengan mem-plaster dan mengatakan pada si kaka bahwa puting mama sakit makanya sekarang minumnya pake gelas..

  6. retno

    Dokter aku mau Tanya..anakq umur 2th..udah sikat gigi tapi giginya kok ky mulai ada plak2 coklat ya…gmn cara mengatasinya????trims.

    1. dionella Post author

      Halo mbak Retno. Si kecil sikat gigi sehari berapa kali dan kapan? Sudah benarkah cara sikat giginya? Lalu makanan apa saja yang dia konsumsi?

  7. dian

    Dok,mau nanya dong,anakku dh 2th tp sikat giginya susah minta ampun, udh dikasih video kartun sikat gigi,sambil liat kartun disikat,mingkem smbil nangis triak2,sm mama dan pap dicontoin jg nangis lari,waktu tdr disikat pk kassa steril jg mingkem, sy smp bingung hrs gmn lg,anaknya memang model yg susah diapa2in,dipot rambut nangis,naik odong2 nangis,ada solusi ngga dok, trimakasih byk sblmnya

    1. dionella Post author

      wehehe sabar ya mbak Dian, setiap anak memang UNIK tidak bisa dibandingkan dengan siapapun. Bahkan anak kembar sekalipun juga beda beda karakternya. Kalo nangisan begitu ndak usah dipaksa mbak, tapi dikenalkan pelan-pelan. Buat dia enjoy. Anak saya dulu sebelum 1 tahun sudah dikenalkan dengan sikat gigi sih. Jadi pas kita orang tuanya mandi, dia diajak ikut, lalu kita sikat gigi, dia akan penasaran. Dilihatkan video anak kecil sikat gigi juga. Sambil dibilangin kalo gak sikat gigi nanti giginya bisa rusak. Pelan pelan sambil ortunya kasih contoh terus, nanti akan mau mbak. Terus berusaha dg sabar ya mbak Dian!

  8. ima

    susu bengkak setelah berhenti menyusui coba minum dansera mba..insya allah bengkak akan hilang..di minum 3x sehari

  9. DITA

    Halo bun. Mau tanya dok. Kmarin proses nyapih nya kan pasti melewati masa dmna anak cerewet mlm. Itu terjadi slama brapa mlm. Saya sudah 4 mlm ga tidur krna lg berjuang menyapih anakm usia anak saya sudah pas 2 th.

    1. dionella Post author

      Halo bunda Dita, saya nyapihnya cepet kok, paling cuman rewel semalam dua malam aja, jadi agak lama bubuknya karena biasanya minum ASI. gak sampai seminggu sudah biasa minum sendiri.

  10. dwi kartika

    Trimakasih dok postingannya sangat membantu…mlm ini ndadak aja kpengen nyapih sii jagoan..iseng2 tak kasih plester putingku..saya bilang putingnya mama sakit…trus dy cuma ngeliatin dan kayae takut ga mau nenen lg..bismillah sukses nyapih dadakan inii..?

    1. dionella Post author

      Halo bunda, gimana nyapihnya sudah sukses apa belum? Ini saya sebentar lagi juga waktunya nyapih anak ke-2 dan akan pakai cara ini lagi. Smoga masih efektif seperti kakaknya dulu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.