Kapan Waktu yang Tepat untuk Sikat Gigi?

Saya yakin sudah banyak yang tahu bahwa sebaiknya kita menyikat gigi dua kali setiap hari supaya gigi kita tetap bersih, sehat dan kuat. Tapi sudah tahukah Anda, kapan waktu yang tepat untuk sikat gigi itu?

waktu yang tepat untuk sikat gigi

 

Waktu yang tepat untuk sikat gigi adalah ketika mau tidur malam, dan setelah sarapan di pagi hari. Kalau mau ditambah lagi setelah makan siang, juga boleh. Tapi jika yang dua kali tadi sudah dilakukan secara disiplin, Insya Allah sudah cukup. Dengan catatan menyikat giginya dengan cara yang benar ya :p

Ketika Mau Tidur Malam

Sisa-sisa makanan dan minuman selama seharian penuh mungkin sudah menumpuk di dalam rongga mulut kita. Meskipun kelihatannya bersih, mungkin saja serpihan (debris) makanan terselip diantara gigi-gigi.

Jangan sampai sisa makanan dan minuman itu dibawa tidur karena bisa menimbulkan banyak kerugian. Salah satunya bisa menyebabkan munculnya karang gigi.

Maka sebaiknya sebelum tidur malam itu disempat-sempatkan untuk menggosok gigi. Supaya sisa-sisa makanan dan minuman tadi bersih, sehingga kuman-kuman tidak mendapatkan jatah makan malam, lalu jadi malas bersarang dan berkembangbiak di dalam rongga mulut kita 🙂

Menurut pengalaman, hanya butuh 2 minggu kok untuk membiasakan menyikat gigi sebelum tidur malam ini. Awalnya mungkin terasa berat karena belum terbiasa. Tapi jika dilakukan selama 2 minggu non-stop, nanti akan jadi kebiasaan baik. Rasanya ada yang kurang, bahkan tidak bisa tidur jika belum sikat gigi.

Setelah Sarapan di Pagi Hari

Nah ini yang sering salah kaprah. Sejak kecil kita mendengar informasi bahwa dalam sehari kita perlu sikat gigi dua kali, sebelum dan sesudah tidur malam. Sebelum tidurnya sudah benar. Tapi setelah bangun tidur langsung sikat gigi itu kurang tepat.

Kurang tepatnya karena sebelum tidurnya kan sudah menggosok gigi. Otomatis kondisi rongga mulut dan gigi sudah bersih. Selama tidur 8 jam, tidak ada makanan yang masuk. Maka ketika bangun tidur gigi kita masih dalam keadaan bersih.

Bagi muslim, bangun tidur pagi biasanya langsung ambil wudhu dan sholat subuh. Nah, pas ambil wudhu itu kan ada kumur-kumurnya. Menurut saya itu sudah cukup untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang belum benar-benar bersih ketika sikat gigi sebelum tidur malamnya.

Waktu yang tepat untuk sikat gigi selain sebelum tidur, adalah setelah sarapan pagi. Kasih jeda sekitar 30 menit lah. Tidak langsung setelah makan langsung sikat gigi. Jeda waktu tadi untuk memberi kesempatan sistem pencernaan kita, utamanya di rongga mulut, bekerja optimal.

Sikat Gigi Saja Belum Cukup

Jangan lupa, menyikat gigi saja belum cukup. Setidaknya setiap 6 bulan sekali periksalah ke dokter gigi untuk mengetahui masalah yang mungkin muncul, juga untuk membersihkan karang gigi sebelum menumpuk terlalu banyak 😉

One Response

  1. enie tiwie 18/11/2015

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.