Sikat Gigi Saat Puasa Ramadhan

Salam kenal dok aku Melia di Surabaya. Mau tanya dok, di bulan puasa ini bau mulut aku agak kurang sedap. Menurut dokter, jam berapa sih yang tepat untuk sikat gigi saat puasa ramadhan ini?

Hai melia dan juga pembaca, ketika berpuasa di bulan Ramadhan memang ada kecenderungan rongga mulut memiliki bau yang kurang sedap. Ini disebabkan kondisi rongga mulut yang kering saat berpuasa.

Berbeda dengan hari-hari biasa dimana kita bisa minum setiap saat sehingga mulut dalam keadaan lembab dan sisa-sisa makanan di dalam mulut bisa hanyut bersama air masuk ke dalam saluran pencernaan.

sikat gigi saat puasa

Nah supaya bebas dari bau mulut selama berpuasa, sebaiknya kita memperhatikan waktu yang tepat untuk sikat gigi saat puasa Ramadhan ini.

Jika pada hari biasa kita menyikat gigi setelah sarapan pagi dan sebelum tidur, maka di bulan Ramadhan ini kita geser sedikit menjadi setelah makan sahur dan sebelum tidur malam.

Sikat gigi setelah makan sahur akan membersihkan sisa-sisa makanan yang kita konsumsi saat sahur, yang mengendap di dalam mulut. Sedangkan sikat gigi sebelum tidur malam akan membersihkan sisa-sisa makanan yang kita konsumsi saat buka puasa dan makan malam.

Tips Lain Saat Puasa

Selain melakukan sikat gigi saat puasa, yaitu setelah makan sahur dan sebelum tidur malam, beberapa hal berikut ini juga bisa mencegah bau mulut saat puasa:

  1. Hindari mengonsumsi makanan berbau tajam / menyengat
  2. Banyak minum air putih saat berbuka puasa dan saat sahur
  3. Berhenti merokok (selain menyebabkan bau mulut, juga bikin gigi kusam dan gampang keropos)
  4. Berhenti minum minuman bersoda dan beralkohol

 

Demikian jawaban yang bisa saya berikan ya Mbak Melia. Semoga memuaskan.

Salam
drg.Dio Nella

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.