Mencegah Timbulnya Karang Gigi

Artikel sebelumnya telah menjelaskan apa penyebab karang gigi beserta akibat yang ditimbulkannya. Singkatnya, karang gigi ternyata mendatangkan kerugian bagi kesehatan gigi kita. Milsanya bisa bikin gigi mudah keropos dan rapuh, juga bisa memicu peradangan pada gusi (gingivitis) mulai yang ringan hingga yang parah.

Nah sekarang saya akan jelaskan bagaimana mencegah timbulnya karang gigi. Untuk mengetahui bagaimana mencegah menumpuknya karang gigi, kita bisa memperhatikan proses terbentuknya karang gigi tersebut. Yaitu plak gigi yang dibiarkan terus menerus hingga akhirnya mengalami pengerasan / kalsifikasi.

mencegah timbulnya karang gigi

Maka untuk mencegah timbulnya karang gigi, harus dilakukan pencegahan supaya plak gigi tidak sampai mengalami pengerasan. Lebih awal lagi, harus dilakukan pencegahan supaya tidak ada plak di gigi kita. Untuk itu perlu dilakukan beberapa tindakan sebagai bagian dari upaya menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan rongga mulut (oral hygiene)

Pencegahan Karang Gigi

Berikut beberapa cara yang bisa ditempuh untuk mencegah timbulnya karang gigi:

  1. Rutin melakukan sikat gigi sehari minimal dua kali, yaitu setelah sarapan pagi dan sebelum tidur malam
  2. Berkumur setelah mengonsumsi makanan yang mudah lengket ke gigi (makanan / minuman yang manis-manis, mengandung soda, dsb..)
  3. Melakukan flossing / membersihkan gigi dengan dental floss / benang gigi untuk membersihkan plak di tempat yang tidak terjangkau sikat gigi
  4. Berhenti merokok (zat tertentu dari asap rokok mudah menempel di gigi, menjadi plak, dan menyebabkan warna gigi tidak cemerlang)
  5. Rutin periksa ke dokter gigi, setidaknya 6 bulan sekali, jika mulai muncul karang gigi bisa segera dibersihkan dengan scaling

Beberapa artikel lain menyarankan kita banyak minum air putih dan makan buah-buahan. Menurut saya ada benarnya juga karena dengan banyak (atau sering?) minum air putih maka sisa-sisa makanan bisa ikut hanyut terbawa air minum.

Gigi yang sehat dan bersih berpeluang bisa bertahan tetap dalam keadaan kuat hingga masa tua. Semoga kita mulai sadar dan peduli dengan kesehatan dan kebersihan gigi kita ya 😉

Salam
drg. Dio Nella

 

10 Comments

  1. Alris 08/07/2015
    • dionella 20/09/2015
  2. ida 13/08/2015
  3. Nia 27/08/2015
    • dionella 20/09/2015
  4. Kiki 11/09/2015
  5. devi 10/06/2016

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.