Obat Sakit Gigi yang Manjur Supaya Cepat Sembuh

obat sakit gigi yang manjur supaya cepat sembuhAda banyak yang berkirim email menanyakan apa obat sakit gigi yang manjur supaya cepat sembuh. Terus terang saya tidak bisa menjawabnya begitu saja tanpa melakukan pemeriksaan.

Pemeriksaan sangat diperlukan untuk mengetahui apa penyebab sakit gigi tersebut. Biasanya yang dimaksud “sakit gigi” adalah kondisi dimana si pasien merasakan nyeri yang hebat pada giginya. Rasanya cenut-cenut seperti pusing yang hebat namun dengan pusat rasa nyeri di sekitar gigi.

Ketika merasakan sakit gigi seperti itu, biasanya orang akan minum obat pereda nyeri seperti PONSTAN. Ya, itulah salah satu merek obat yang sangat populer di kalangan penderita sakit gigi.

Habis minum obat, nyerinya reda. Lalu sudah. Lalu di kemudian hari, sakit gigi lagi, minum pereda nyeri lagi, sembuh lagi. Suatu saat kambuh lagi, minum obat lagi. Begitu seterusnya. Hingga pada akhirnya jumlah obat yang diminum semakin banyak karena jika minum sejumlah sebelumnya sakitnya tidak kunjung reda.

Penyebab sakit gigi

Sakit gigi biasanya disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

  1. adanya lubang pada gigi yang menyebabkan penumpukan dan pembusukan sisa makanan
  2. adanya retakan / patahan pada gigi yang mengganggu syaraf gigi
  3. adanya karies / gigis pada gigi
  4. penumpukan karang gigi yang parah

 

Apa sih obat sakit gigi yang manjur supaya cepat sembuh itu?

Sebenarnya tidak ada obat sakit gigi yang manjur supaya cepat sembuh itu. Kalau ingin benar-benar sembuh, maka pasien harus mempunyai kebiasaan menjaga kesehatan rongga mulutnya.

Jika sebelumnya jarang sikat gigi, maka harus mulai disiplin sikat gigi setidaknya sehari 2 kali. Jika sebelumnya rajin merokok, harus mulai mengurangi merokok. Bagus lagi jika bisa berhenti merokok.

Langkah-langkah ketika sakit gigi adalah sebagai berikut

  1. Datang ke dokter gigi, sampaikan keluhan bahwa mengalami sakit gigi. Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan gigi secara langsung. Tunjukkan sakitnya di bagian mana
  2. Lakukan saran dari dokter. Jika harus kontrol lagi sekian hari lagi, maka lakukan kontrol, datang lagi meskipun giginya sudah tidak nyeri karena mungkin akan ada tindakan selanjutnya supaya sakit gigi itu benar-benar sembuh.
  3. Jaga kesehatan rongga mulut. Misalnya dengan sikat gigi secara teratur, tidak merokok, tidak minum alkohol, dan sebagainya
  4. Jika sakit gigi lagi jangan beli obat sembarangan di apotek. Sebaiknya konsultasi dulu ke dokter gigi terdekat. Jangan minum obat sembarangan dengan dosis sembarangan pula.
  5. Jangan menunggu sakit gigi untuk konsultasi ke dokter gigi. Setidaknya 6 bulan sekali periksakan gigimu supaya jika ada yang tidak beres bisa ketahuan sejak awal sebelum menjadi sakit.

Semoga artikel ini bermanfaat ya. Jika kamu pernah mengalami sakit gigi, boleh berbagi cerita di sini melalui komentar 🙂

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.