Nutrisi untuk Memperlancar ASI

Halo kawan, sudah lama tidak menulis di blog ini aku jadi kangen juga. Maklum setelah kelahiran anak kedua, otomatis kesibukan terus bertambah. Bekerja iya, merawat si kakak iya, merawat dan menyusui si adek iya. Untungnya ada nutrisi untuk memperlancar ASI sehingga aktifitas menyusui kali ini sungguh enjoy.

nutrisi untuk memperlancar asi

Nah di artikel kali ini aku mau share tulisan yang ringan-ringan saja ya. Yang berkaitan dengan aktifitas menyusui tadi. Kebetulan dulu aku juga pernah menulis tentang tips bagaimana supaya produksi ASI bisa lancar dan melimpah.

Nah kali ini aku mau cerita kalau sekarang ini produksi ASI untuk anak keduaku Alhamdulillah sangat lancar dan melimpah, mampu mencukupi kebutuhannya. Baik untuk diminum secara langsung ketika malam hari, maupun diminum melalui dot di siang hari ketika si baby aku tinggal kerja.

Kunci Supaya Produksi ASI Banyak

Masih seperti yang aku sampaikan di tulisan yang dulu, sebenarnya tidak jauh berbeda. Kunci supaya produksi ASI lancar melimpah adalah:

  1. Keinginan yang kuat untuk memberikan nutrisi terbaik bagi si baby. Dengan memiliki keinginan yang kuat dan kasih sayang yang tulus dan tinggi, maka produksi ASI bisa terpacu. Ada istilah LDR atau Let Down Reflex, yaitu aliran ASI yang deras ketika diminum si baby maupun dipompa. LDR bisa didapatkan dengan memandangi si bayi dan ada perasaan sayaaaang sama si baby
  2. Suasana hati yang nyaman dan gembira. Nah ini tidak boleh dilupakan. Suasana hati yang nyaman dan gembira sangat mempengaruhi produksi ASI. Sebaliknya, hati yang stress (misalnya baru beradaptasi dengan si bayi ketika baru pertama punya anak, tuntutan yang tinggi untuk segera dapat menyusui, atau stress karena pekerjaan) dapat menghambat produksi ASI
  3. Dukungan penuh dari keluarga. Ini juga sangat penting. Tidak jarang ada cerita, Ibu baru yang ASI-nya belum keluar di hari pertama, dipaksa Ibu atau mertuanya untuk memberi bayinya susu formula. Kondisi ini sungguh dilematis. Mau diberi susu formula tentu sayang bayinya, mau tidak diberi maka menentang kehendak orang tua / mertua dan nyatanya si ASI belum juga keluar dengan lancar. Jika menghadapi kondisi demikian maka dibutuhkan keteguhan pendirian. Menurut beberapa penelitian, bayi masih aman ketika tidak minum ASI selama 1 hingga 2 hari karena masih membawa nutrisi dari dalam kandungan. Namun jangan jadikan ini patokan, harus lihat juga kondisi bayinya apakah baik-baik saja, atau menangis tiada mau berhenti meskipun sudah dipeluk ibunya.
  4. Makanan rutin yang bergizi tinggi. Tentu saja untuk dapat memproduksi ASI yang banyak, dibutuhkan makanan yang bergizi tinggi dan bervariasi. Pagi, siang dan malam, jangan sampai telat makan. Bahkan biasanya sebelum jam makan, ibu menyusui akan lekas merasa lapar. Tidak usah terlalu merisaukan bentuk badan atau takut gemuk. Yang penting berikanlah si baby nutrisi terbaiknya berupa ASI. Maka si Ibu haruslah banyak makan makanan bergizi dan bervariasi, jangan itu-itu saja. Dan selalu konsumsi sayuran dan buah karena keduanya sangat mendukung produksi ASI.
  5. Nutrisi untuk memperlancar ASI. Nah, ada kalanya ketika kita sudah makan banyak dan bergizi serta bervariasi, namun produksi ASI tidak kunjung meningkat. Bagaimana ini? Maka tidak ada salahnya didukung dengan nutrisi untuk memperlancar ASI. Nutrisi yang dimaksud di sini adalah nutrisi tambahan selain makanan yang rutin kita makan pagi siang dan malam.

Nutrisi untuk Memperlancar ASI

Pada bagian ini aku ingin sharing khusus tentang nutrisi untuk memperlancar ASI. Pertanyaan ini sangat sering ditanyakan ibu-ibu muda yang mampir ke blog ini dan membaca artikel pertama saya tentang bagaimana supaya produksi ASI lancar dan melimpah.

Apakah aku mengonsumsi nutrisi untuk memperlancar ASI secara khusus? Apakah aku minum obat-obatan untuk memperlancar ASI? Ataukah ada makanan tertentu yang harus dimakan untuk mendukung lancarnya ASI?

Jawabannya adalah IYA. Sejak anak pertama dulu, seperti yang sudah aku ceritakan di tulisan pertama dulu, aku sudah mencoba beberapa nutrisi tambahan untuk memperlancar ASI. Waktu itu salah satu yang rutin aku konsumsi adalah Mama Soya. Selain itu juga mencoba beberapa obat yang aku beli di apotek. (Moloco, Lactamam, dsb). Juga mengonsumsi susu yang sering diiklankan di TV untuk ibu menyusui itu hehe..

Nah ketika menyusui anak kedua ini sedikit berbeda. Aku sama sekali tidak mengonsumsi obat dari apotek, juga tidak minum susu ibu menyusui yang sering tayang di TV itu iklannya.

Yang aku lakukan adalah banyak makan makanan bergizi setiap pagi, siang dan sore, juga di sela-sela waktu itu. Ketika lapar, ya makan saja. Jangan ditunda. Jangan takut gemuk. Karena makanan yang Ibu makan akan langsung diproses menjadi ASI jadi tidak sempat menjadi lemak hehe..

Sementara nutrisi tambahan yang aku konsumsi, yang aku rasakan memberikan peningkatan terhadap produksi ASI-ku, adalah semacam kapsul yang mengandung fenugreek. Setelah minum fenugreek yang sudah dikemas dalam bentuk kapsul tadi, produksi ASI terasa lebih cepat dan banyak dibanding biasanya. Sehingga aku bisa menyusui si baby secara langsung pada sore hingga pagi hari, dan memompanya ketika berada di kantor ketika siang hari.

Rekomendasi Nutrisi untuk Memperlancar ASI

Nah, ada lagi sebuah produk yang selain mengandung fenugreek juga mengandung bahan-bahan lain yang telah terbukti dapat meningkatkan produksi ASI dan telah menolong banyak banget ibu-ibu yang sedang menyusui. Namanya ASI BOOSTER TEA.

nutrisi untuk memperlancar asi booster tea

ASI Booster Tea ini semacam teh (minuman yang disajikan dengan cara menyeduh terlebih dahulu dengan air panas) yang mengandung beberapa kandungan herbal. Sudah banyak ibu-ibu menyusui yang tebantu dengan nutrisi ini.

Ada yang bilang dengan mengonsumsi ASI Booster Tea ini produksi ASI akan meningkat pesat hingga 9 kali lipat, alias 900%. Tentu hasilnya bervariasi ya, tidak bisa sama antara ibu satu dan lainnya.

Tapi jangan lupa ya, ASI Booster Tea dan nutrisi-nutrisi tambahan begini sifatnya kan hanya memacu produksi ASI ya, sedangkan untuk memproduksi ASI itu sendiri tubuh memerlukan bahan baku yaitu makanan yang dikonsumsi oleh si Ibu. Maka makanlah makanan yang bergizi dalam porsi yang seimbang dan cukup, sehingga ketika ‘mesin’ produksi ASI mulai terpacu setelah mengonsumsi ASI Booster Tea ini, bahan bakunya sudah siap.

Maka Insya Allah nanti ASI benar-benar bisa meningkat produksinya dan mampu mencukupi kebutuhan si baby.

Di Mana Beli ASI Booster Tea dan Berapa Harganya?

ASI Booster Tea dapat dibeli secara online. Harganya sekarang sekitar 120 ribu per kaleng. Harga tersebut belum termasuk ongkos kirim. Menurut pengalaman, biasanya jika beli 3 kaleng sekalius bisa mendapatkan gratis ongkos kirim sih.

Untuk pemesanan bisa SMS ke nomor 0811850777. Pesanan bisa dikirim ke seluruh Indonesia dengan ongkir sesuai tarif JNE / JNT / Pos Indonesia.

Bagikan Pengalaman Anda

Oia, mohon kepada Ibu-ibu yang sedang menyusui anaknya, bisa berbagi pengalaman melalui komentar di bawah ini ya. Bagaimana pengalamannya menyusui si buah hati dan bagaimana usaha yang dilakukan untuk menjaga produksi ASI-nya supaya lancar melimpah.

Saya doakan semoga Ibu-ibu yang sedang menyusui anaknya dapat menyusui dengan lancar dan hati riang gembira. Hingga si baby berusia 6 bulan usahakan hanya memberi ASI saja. Baru setelah itu berikan makanan pendamping ASI (MPASI) secara bertahap namun tetap diberikan ASI hingga usianya 2 tahun kelak.

Terimakasih ya Ibu-ibu. Selamat menyusui…

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.