Mencabut Gigi yang Goyang

Hai di artikel kali ini aku akan menyertakan video yang direkam ketika aku mencabutĀ gigi yang goyang pada anak usia 10 tahun. Kondisi gigi si pasien ini sudah goyang sehingga tidak nyaman jika dipakai untuk mengunyah makanan.

Apalagi setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata bakal gigi barunya sudah mulai muncul. Maka sebaiknya memang segera dicabut untuk memberikan ruang kepada gigi baru untuk tumbuh di tempatnya.

Jika gigi yang sudah goyang tadi tidak segera dicabut, maka ada kemungkinan gigi penggantinya akan tumbuh pada posisi dan arah yang kurang bagus. Nantinya bisa mengganggu estetika šŸ™‚

Tadinya si pasien kelihatan agak takut. Namun sebagai dokter gigi aku harus bisa menenangkannya, dan melakukan tindakan secara cepat dan akurat sehingga pasien tidak kesakitan.

Proses pencabutan gigi yang goyang ini aku lakukan dalam waktu yang singkat. Pasien duduk di dental chair, lalu diberi bius lokal, dan dalam sekali tarikan giginya sudah lepas. Pasien tidak merasa kesakitan dan bisa segera pulang.

JanganĀ Mencabut Gigi Sendiri!

Nah terkadang ada orang yang ketika giginya goyang maka berusaha dicabut sendiri dengan berbagai cara. Ada yang mengikat giginya dengan benang lalu menariknya sekuat tenaga, ada yang menggoyang-goyangnya dengan tangan, bahkan ada yang nekat mencabutnya dengan tang.

Dokter gigi memang menggunakan tang. Namun tangnya tang khusus untuk gigi. Bentuknya tidak sama dengan tang teknik yang biasa ada di setiap rumah itu.

Mencabut gigi sendiri dengan cara dan peralatan yang tidak semestinya bisa membahayakan diri sendiri. Jika ingin mencabut gigi sebaiknya datang saja ke dokter gigi terdekat dan minta dicabut. Jika memang si gigi ini sudah waktunya dicabut, maka dokter gigi akan mencabutnya dengan prosedur standar yang tepat sesuai kaidah medis.

Pernah ada pasien datang dengan mulut berdarah-darah ternyata dia mencabut giginya sendiri dan ada akar yang tertinggal. Nah ini justru akan menyakiti diri sendiri karena mencabut akar yang tertinggal itu justru akan lebih sulit jika dibandingkan mencabutnya langsung bersama giginya.

Nah, buat yang giginya goyang, jangan coba-coba cabut sendiri ya. Ke Puskesmas saja yang ada dokter giginya, atau ke praktik dokter gigi terdekat dari rumahnya.

Salam
drg. Dio Nella

2 Comments

  1. Berita Artis 31/07/2017
    • dionella 08/08/2017

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.