Mengajarkan Cara Berhemat Kepada Anak Perempuan Sejak Dini

Beberapa tahun belakangan ini sifat konsumerisme masyarakat modern semakin meningkat. Hal ini turut didukung oleh kemampuan ekonomi yang juga meningkat. Padahal sebenarnya daya beli yang meningkat juga harus diimbangi dengan kemampuan berhemat. Sehingga kondisi finansial relatif stabil dan kita terbiasa membeli sesuatu secara tepat guna.

Jangan hanya berhemat sendiri ketika mengatur keuangan. Kita juga patut mengajarkan upaya penghematan kepada anak perempuan. Cara mengajarkannya tidak sulit kok, cukup dengan beberapa cara berikut ini saja :

Membantu Anak Mengelola Uang Jajan

Anak-anak yang sudah memiliki uang jajan sendiri mesti diajarkan untuk mengelola uang jajan dengan benar. Jangan sampai anak-anak jadi boros hingga uang jajannya selalu habis tak bersisa. Selain bisa dimasukkan ke tabungan, uang jajan juga bisa dikumpulkan untuk membeli kebutuhan anak. Maka anak-anak pun akan belajar mengelola uangnya sendiri bila ingin membeli sesuatu yang harganya mahal.

Membuatkan Tabungan untuk Si Kecil

Ketika masih berusia balita, anak perempuan bisa mulai diperkenalkan dengan celengan untuk menyimpan uang. Pasti hal ini akan membuat anak jadi terbiasa menabung dan keinginan untuk boros pun dapat diminimalkan. Setelah memasuki usia sekolah, anak-anak pun dapat diajak membuka tabungan khusus di bank. Agar proses menyimpan uang lebih terarah dan modern.

Belajar Mengamati Bisnis Orang Tua

Orang tua yang berbisnis adalah contoh paling baik bagi anak perempuan. Sebab anak perempuan jadi dapat mempelajari seluk beluk bisnis sedini mungkin. Ajaklah anak-anak untuk ikut terlibat dalam hal-hal sederhana pada bisnis keluarga. Dengan demikian, anak perempuan pun akan terbiasa mandiri dan belajar mengelola bisnis. Bukan mustahil kalau bakat bisnis dari orang tua akan menurun kepada anak perempuan yang sudah mengenal bisnis sejak kecil.

Mengajak Anak Berbelanja Online

Kemungkinan besar anak perempuan akan sangat senang bila diajak berbelanja online bersama orang tuanya. Kita pun bisa mencontohkan cara belanja online yang praktis dan hemat, misalnya dengan berbelanja di MatahariMall. Promo pakaian tidur anak perempuan di toko online yang satu ini akan membuat kita berhemat. Anak-anak pun bisa memilih sendiri pakaian tidur yang disukainya. Pelajaran ini membuat anak terlatih untuk cermat berbelanja dan memilih sendiri barang-barang kebutuhannya.

Jangan tunda lama-lama lagi untuk mengajarkan cara berhemat kepada si kecil. Pasti putri kecil kita akan tumbuh menjadi sosok yang cerdas dan teliti mengelola keuangan dengan bekal cara berhemat dari kita.

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.