9 Alasan Kenapa Anda Harus Berkunjung ke Surabaya

Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Karena termasuk kota metropolitan dengan potensi wisata luar biasa, banyak hotel di Surabaya didirikan untuk menunjang aktivitas pariwisata Kota Pahlawan ini.

Menjelajah Surabaya hanya dalam sehari akan terasa sangat kurang, jadi lebih baik segera cari hotel atau penginapan untuk bermalam. Umumnya wisatawan tidak mau repot, jadi mereka melakukan reservasi hotel via layanan pesan online, seperti Traveloka.

Selain harganya jujur dan prosesnya mudah, Traveloka juga sering lho memberikan promo khusus untuk tamunya, salah satunya adalah promo Destinasi Baru, Pengalaman Seru yang bisa Anda dapatkan setiap hari Senin sampai Minggu.

Selain mudahnya mencari penginapan di Kota Pahlawan ini, ada banyak alasan lain yang membuat Anda wajib mengunjungi Surabaya saat cuti Lebaran besok, seperti:

  1. Warganya Ramah dan Terbuka

Source – suaradesa

Salah satu hal yang menarik dari Surabaya adalah cara bertutur penduduknya yang unik. Ketika memakai bahasa Jawa dalam percakapan sehari-hari, aksen dan nada bicara mereka memang terkesan kasar. Meskipun begitu, penduduk Surabaya adalah orang-orang yang sangat ramah terhadap pendatang.

Tidak hanya itu, arek Suroboyo juga terkenal akan kejujuran dan keterbukaannya, salah satu contohnya adalah wisatawan tidak akan merasa “diperas” dengan mahalnya harga makanan yang mereka beli seperti yang sering terjadi di tempat wisata di kota lain.

  1. Kota Sejuta Taman

Source – wikipedia

Jika berada di Surabaya, Anda akan dengan mudah menemukan taman-taman di setiap sudut kota, salah satu yang paling terkenal adalah Taman Bungkul. Di sini biasanya berlangsung banyak aktivitas, mulai dari sekadar santai, rekreasi, olahraga, wisata kuliner, anak dan balita yang bermain riang, lengkap dengan akses internet gratisnya. Menyenangkan sekali, kan?

Selain Taman Bungkul, ada juga taman lain di Surabaya yang memiliki nilai sejarah tinggi—Taman Jayengrono. Menurut cerita, taman ini merupakan lokasi tewasnya komandan Inggris, Brigjen AWS Mallaby, salah satu peristiwa yang menyebabkan meledaknya perlawanan 10 November.

Masih kurang puas dengan 2 taman tersebut? Tenang, masih banyak taman lain yang bisa Anda sambangi, seperti Taman Mundu, Taman Mpu Tantular, Taman Apsari, Taman Lansia, Taman Flora, dan lainnya.

  1. Surganya Wisata Kuliner

Source – infomakan

Surabaya merupakan destinasi yang wajib dikunjungi siapa saja yang gemar memanjakan perut. Di kota ini ada begitu banyak pilihan kuliner khas yang lezat dan wajib dicoba, mulai dari rujak cingur, lontong balap, semanggi, lontong kupang, rawon, sop buntut, sego sambel, dan masih banyak lagi makanan lainnya.

Tidak hanya makanan khas Surabaya, di sini Anda juga bisa dengan mudah menemukan aneka olahan kuliner bercita rasa Padang, Tionghoa, Arab, India, Eropa, dan sebagainya. Semuanya ada dan tersedia di Surabaya!

  1. Surga Belanja bagi Shopaholic

Source – ciputraworldsurabaya

Khusus bagi Anda yang senang menghabiskan waktu dengan berbelanja, di Surabaya banyak terdapat pusat-pusat perbelanjaan besar yang tidak boleh dilewatkan, mulai dari yang tertua seperti Tunjungan Plaza, sampai yang terbilang masih baru macam Ciputra World dan Grand City Mall.

Nah, buat Anda yang suka berburu kain lokal maupun impor, cobalah mampir ke Jembatan Merah Plaza (JMP) atau Pasar Atom. Atau ingin mengganti gadget yang sudah lama rusak? Datang saja ke WTC atau Plaza Marina. Lengkap sekali, kan?

Tenang, Anda tidak akan merasa bengong dan kurang “kerjaan” di sini, sebab ada banyak tempat menarik yang bisa Anda kunjungi.

  1. Kota Lama Surabaya yang Memikat

Source – pariwisatasurabaya

Seperti Semarang dan Jakarta, di Surabaya juga terdapat kawasan kota lama yang merupakan peninggalan pemerintah kolonial. Di sini, Anda bisa merasakan suasana Eropa zaman dulu lewat bangunan-bangunannya yang begitu memikat.

Gedung Bank Mandiri, Gedung Siola, House of Sampoerna, Gedung Negara Grahadi, Balai Pemuda, serta Hotel Majapahit adalah beberapa bangunan yang hingga sekarang masih berdiri kokoh di kawasan Kota Lama Surabaya.

  1. Jalur Pejalan Kaki yang Nyaman

Source – mapio

Sekali lagi, meskipun termasuk kota besar, kita masih bisa merasa nyaman ketika berkunjung ke Surabaya, salah satunya adalah ketika menikmati fasilitas pedestrian atau jalur khusus pejalan kaki yang begitu nyaman dilalui.

Di sini, jalur Anda tidak akan terganggu oleh parkir kendaraan liar, pedagang kaki lima, atau bahkan sampah berserakan. Suasananya pun masih tidak begitu panas, sebab di sepanjang jalan ruas utama Surabaya ditanami pohon sonokeling yang tumbuh rindang.

  1. Tempat “Berpulangnya” Tokoh Penting Indonesia

Source – inilahsurabaya

Surabaya merupakan salah satu kota di Indonesia yang menjadi “rumah” bagi pemakaman tokoh-tokoh penting negeri ini. Mulai dari Sunan Ampel, W.R. Supratman, Bung Tomo, K.H. Mas Mansur, Gombloh, Cak Durasim, dan lainnya dimakamkan di sini.

Sekadar tambahan, Cak Durasim merupakan budayawan yang menggagas dibentuknya kelompok kesenian ludruk Surabaya pada tahun 1930-an. Nahas, beliau harus rela menukar nyawanya di penjara akibat kritik tajam yang diarahkan kepada pemerintah kolonial lewat kegiatan budaya yang dijalankannya.

  1. Punya Jembatan Terpanjang se-Indonesia

Source – beritapertamax

Jika akan menyeberang ke Madura, Anda pasti melewati satu jembatan panjang di ujung Surabaya. Ya, itulah Jembatan Suramadu yang menghubungkan Surabaya dan Madura.

Tidak hanya sekadar jembatan penghubung, di sini pada siang hari Anda bisa melihat keindahan Selat Madura yang sangat indah. Menjelang malam, suasana makin semarak oleh lampu sorot warna-warni yang membentang di sepanjang jembatan. Jika ke sini, jangan lupa ajak orang terkasih, ya!

  1. Kota Terbaik se-Asia Pasifik

Source – iniaku

Berkat pengelolaan serta tangan dingin pemimpinnya, Surabaya beberapa kali berhasil menyabet penghargaan, salah satu di antaranya adalah Citynet Award yang merupakan bentuk penghargaan konsep pembangunan berwawasan lingkungan.

Luar biasanya, Surabaya bahkan sampai mengalahkan kota-kota lain di Asia, lho, seperti Yokohama (Jepang), Seoul (Korsel), Penang (Malaysia), dan Mumbai (India).

Setelah membaca daftar di atas, Anda yakin tidak mau memasukkan Surabaya sebagai destinasi wisata saat libur Lebaran besok?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.