Traveling ke Luar Negeri, Apa Saja yang Dibawa?

Sebenarnya yang mau traveling ke luar negeri adalah suamiku. Dia mendapatkan undangan dari Google untuk menghadiri Local Guides Summit 2017 yang akan digelar awal Oktober nanti di San Francisco, California, USA. Tapi sebagai istri yang baik, aku harus ikut mempersiapkan kebutuhan traveling suamiku dong ya?!

Oke langsung saja ya. Ini adalah daftar apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum traveling ke luar negeri. Ini aku ringkas dari pengalamanku membantu suamiku mempersiapkan keberangkatannya tanggal 9 Oktober nanti.

#1 Passport

Sudah barang tentu kalau mau bepergian ke luar negeri, harus punya passport. Kalau belum punya passport, harus mengurusnya ke kantor imigrasi terdekat. Suamiku sudah mengurus passportnya 3 bulan lalu di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya yang waktu itu masih ada di Waru dekat jembatan layang namun sekarang sudah pindah ke Raya Juanda.

Ada 2 jenis passport, yaitu passport biasa dan e-passport. Suamiku sudah mengurus e-passport karena katanya punya banyak kelebihan dibanding passport biasa. Salah satunya nanti bisa dapat visa waiver ke Jepang tanpa mengajukan permohonan, dan gratis. Untuk mengurus passport ini tidak bisa diwakilkan jadi harus datang sendiri membawa setumpuk persyaratan.

Nah mendekati tanggal keberangkatan, persiapkan passportmu, jangan sampai pas hari H ketinggalan tidak dibawa karena untuk check in ke pesawat, harus menunjukkan passport ini, dan ini akan menjadi kartu identitasmu selama traveling ke luar negeri.

#2 Visa

Ini adalah semacam surat izin untuk memasuki sebuah negara. Tidak semua negara memerlukan visa. Seperti ketika mau traveling ke negara ASEAN, pemegang passport Indonesia tidak perlu mengurus visa. Bisa langsung berangkat saja ke negara tersebut.

Namun suamiku mau traveling ke USA, dan itu harus punya visa. Alhamdulillah suamiku juga sudah mendapatkan visa sekitar 2 bulan lalu. Mengurusnya di Konsulat Jenderal Amerika di kawasan Citraland, dekat dengan Universitas Ciputra. Urusan visa ini sempat membuat stress suamiku. Maklum saja, visa Amerika konon merupakan visa yang paling sulit permohonannya.

Proses permohonan visa Amerika ini, setelah mengisi formulir DS 160 secara online dan membayar biaya permohonan visa sebesar $160, suamiku membuat jadwal wawancara dengan pihak konsulat jenderal. Pada hari wawancara, dia berangkat pagi banget sebelum aku bangun. Alhamdulillah suamiku mendapatkan visa Amerika meski berlakunya hanya 4 bulan, tapi itu sudah cukup untuk keperluan travelingnya memenuhi undangan Google itu.

Oia, visa ini wujudnya lembaran stiker yang ditempel di dalam lembaran passport. Otomatis kalau sudah bawa passport, kamu juga sudah bawa visa di dalamnya.

#3 Tiket Pesawat

Tentu saja kalau mau ke luar negeri harus mempersiapkan tiket pesawat sejak jauh hari supaya dapat harga lebih murah. Untuk urusan tiket pesawat ini, suamiku dibantu oleh agen perjalanan yang ditunjuk oleh Google. Maspakai yang dipilih suamiku adalah Singapore Airline, baik untuk keberangkatannya, maupun untuk kembalinya ke Indonesia.

Bagi yang mau traveling ke luar negeri, usahakan sudah punya tiket pesawat paling gak 2 bulan sebelum jadwal penerbangan. Manfaatkan juga promo-promo diskon harga tiket yang sering digelar di travel fair.

Bagaimana cara membawa tiket pesawat? Sekarang bisa tinggal menunjukkan kode booking di HP sih. Tapi supaya lebih enak, dan barangkali nanti di imigrasi ditanyakan, lebih baik juga membawa tiket pesawat versi cetaknya.

#4 Kamar Hotel

Kecuali jika punya saudara yang bisa ditumpangi di luar negeri sana, maka seorang traveler harus memesan kamar hotel jauh hari sebelum jadwal kedatangannya ke negara yang dituju. Untuk kebutuhan hotel ini, suamiku juga dibantu oleh agen perjalanan yang ditunjuk Google untuk memesan kamar hotel di Hyatt Centric Fisherman Wharf.

Kamar hotel ini, sebaiknya juga dipesan beberapa bulan sebelum jadwal check in. Karena biasanya semakin dekat tanggalnya, maka pihak hotel akan menaikkan rate-nya.

Sama dengan tiket pesawat, sebaiknya sebelum berangkat, kode booking kamar hotel ini juga dicetak buat jaga-jaga.

#5 Baju Ganti 

Nah tentu saja karena akan berada di negara orang selama berhari-hari, seorang traveler harus membawa baju ganti yang cukup dan sesuai dengan cuaca di sana. Nah sebenarnya peranku dalam membantu suamiku mempersiapkan kebutuhan travelingnya ke US kali ini ya mempersiapkan baju ganti ini.

Mengingat bahwa suamiku akan bepergian kurang lebih 10 hari, maka harus membawa baju yang cukup banyak. Suamiku biasanya lebih suka pakaian yang kasual dan simpel. Dia akan membawa 8 t-shirt, 2 buah batik untuk acara formalnya dan 2 celana jeans. Semuanya akan dimasukkan ke dalam tas ransel.

sketchers go walk 4 zalora

Untuk alas kaki, rencananya suamiku akan membawa sepatu Sketchers Go Walk 4 yang memang nyaman banget dipakai jalan-jalan, mengingat di San Francisco nanti dia akan banyak berjalan kaki mengeksplorasi tempat baru. Selain itu juga akan membawa sandal gunung favoritnya.

Keperluan baju ganti dan sepatu ini, seperti biasa, kami biasa membelinya secara online karena kami berdua tidak punya cukup waktu untuk jalan-jalan ke mall. Biasanya kami membeli secara online di Zalora yang koleksinya sangat lengkap dan sering memberi potongan harga. Termasuk untuk Singles Day yang akan jatuh pada tanggal 11 November 2017 nanti, Zalora juga akan menggelar diskon spesial.

#Gadget

Traveling ke luar negeri tentu butuh mengabadikan setiap momen menggunakan kamera yang mumpuni. Tapi sekarang ini kan setiap smartphone biasanya sudah dilengkapi dengan kamera dengan resolusi tinggi. Maka untuk kepraktisan, rasanya tidak perlu membawa kamera DLSR dengan banyak lensa yang membawanya saja butuh 1 tas khusus. Cukup dengan smartphone!

Nah, tentang gadget ini, jangan lupa untuk membawa powerbank dengan kapasitas yang mumpuni untuk ngecas selama perjalanan. Dan soal chargernya, perhatikan juga di negara tujuan nanti model colokannya seperti apa, supaya kamu bisa membawa adapter colokan yang sesuai.

—-

Nah itu tadi daftar 6 hal yang perlu dipersiapkan dan dibawa untuk traveling ke luar negeri.¬†Semoga tips ini bermanfaat yaaa…

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.