Contact

Kirim Pertanyaanmu!

Punya pertanyaan seputar permasalahan gigi dan belum pernah dibahas di blog ini? Jangan ragu untuk kirim pertanyaan melalui email:

dokter gigi surabaya

Untuk mendapatkan pemberitahuan setiap kali ada artikel baru, kamu bisa berlangganan artikel melalui email. <– klik untuk mengetahui bagaimana caranya 😉

Apa saja yang dilayani di Puskesmas dan berapa tarifnya? Klik Retribusi Pelayanan Kesehatan Gigi di Puskesmas Surabaya

66 thoughts on “Contact

  1. Pingback: Gigi Tumbuh ke Dalam, Sebaiknya Diapakan? | Drg. Dio Nella

  2. Pingback: The Animal Sounds Song: Lagu Favorit Isham | Drg. Dio Nella

  3. Pingback: Pasang Kawat Gigi di Surabaya | Drg. Dio Nella

  4. Pingback: Memotong Gigi, Bolehkah? | Drg. Dio Nella

  5. hartini

    Selamat pagi dok..,saya umur 33 th hamil anak ke 2, pada awal kehamilan ini saya mengalami gusi bengkak pada gigi geraham paling belakang yg pertumbuhannya menusuk pipi, setelah gigi ini telah muncul sempurna tidak pernah sakit lagi tetapi belakangan ini sangat sakit sekali…karena saya tidak tahan dengan rasa sakitnya saya mengkonsumsi Mefinal, bagaimana menurut dokter ?

    1. dionella Post author

      Jadi sekarang ibu Hartini masih hamil atau sudah melahirkan? Mefinal cuman solusi sementara bu, sebaiknya gigi yang tumbuhnya tidak sempurna dicabut saja. Silakan datang ke dokter gigi spesialis bedah mulut karena pencabutan gigi geraham yang miring tersebut biasanya melalui prosedur pembedahan

    2. KIki Rahma

      umur saya 22 thn,saya ibu hamil di trisemester pertama, awal kehamilan gigi dewasa saya baru tumbuh yaitu gigi graham sebelah kiri, dan dan sebelumgigi dewasa itu ada gigi graham yg berlubang yg telah ditambal permanen,sudah 3 hari ini terasa nyeri hingga pipi saya ikut membengkak , susah tidur dan nafsu makan berkurang,
      yg saya tanyakan adakah obat herbal utk mengatasi nyeri tsb?
      utk waktu dan jawabannya saya ucapkan terima kasih 🙂

  6. kharisma

    Dok.. Beberapa bulan ini saya sering merasa nyeri karena tumbuhnya gigi bungsu tersebut. Dari 4 gigi bungsu hanya satu yang sudah keluar sempurna.. dan yang 3 masih tumbuh sangat kecil. Apakah gigi bungsu itu harus dicabut dok??

    1. dionella Post author

      Hi mbak/mas kharisma, kalau boleh tahu usianya berapa ya sekarang? mengingat tahap pertumbuhan gigi bungsu itu satu per satu disesuaikan dengan usia. Jika ternyata usianya sudah banyak tapi gigi gerahamnya belum tumbuh semua, ada kemungkinan gigi geraham tersebut tumbuh menyamping atau tumpang tindih atau gagal menembus gusi.

      Jika itu terjadi maka langkah selanjutnya adalah mencabut gigi yang gagal tumbuh tadi dengan prosedur pembedahan oleh dokter gigi specialis bedah mulut. Maka lebih baik dikonsultasikan ke dokter giginya / datang langsung ke klinik gigi mana saja, untuk diperiksa

      Semoga cukup jelas ya mas/mbak 🙂

  7. Henry

    Dok mau tnya recomend dokter bedah mulut untuk odontektomi di surabaya mana ya? Yang biayanya medium sja, yang bisa weekend. Soalnya weekday kerja, thx

    1. dionella Post author

      halo mas henry maaf ya baru balas. saya rekom ke dokter Coen Pramono di Manyar Indah dekat Gereja bukit Zion ya. Atau bisa ke RSGM Unair, beliau ngajar di sana

  8. Dhion

    Ass. dok numpang nanya sekarang prakteknya dimana?
    Kalau bikin gigi rahang atas/bawah berapa, kebetulan gigi habis tinggal nempel sedikit2?
    Pernah ke dokter gigi sampai ke laborat dan sudah dibuatkan gigi palsu sekitar 4 bulan yang lalu, tapi sampai sekarang masih sering sakit dan panas, gimana enaknya dok!
    Kebetulan saya terkena alergi obat, kalau sakit tak minumin obat malah tambah sakit.
    Matur Nuwun. Wass.

    1. dionella Post author

      Halo mas Dhion, saya praktek di Puskesmas Keputih ya. Untuk lebih jelasnya sebaiknya periksa langsung ke dokter giginya ya mas. Boleh juga datang ke Keputih

  9. santi

    Selamat pagi dokter dio, saya mau tanya dok anak saya usia sudah jalan 11 bulan tp belum ada giginya satupun yg keluar, kenapa ya dok ? saya khawatir 🙁 apa yg saya berikan untuk merangsang pertumbuhan giginya ? dan berapa bulan usia anak yg dianggap giginya bermasalah jika tidak tumbuh ?
    Terimakasih,

    Salam,
    Santi

  10. yheni

    dok saya mau tanya.
    gimana cara agar asi lancar kembali. setelah tidak menyusui lagi selama 20 hari

  11. Nia

    dok, saya mau tanya. Saya mau pasang kawat gigi untuk gigi bagian atas karena ada 3 gigi yang tumbuhnya agak maju dan agak mengganggu. Tp saya tidak tahu tmpat yg aman dan murah untuk pasang kawat gigi. MAu pasang di klinik2 dket rmh takut.

    mau priksa dan minta saran di dokter gigi yg di puskesmas kata orang tua saya biasanya gak bisa. Mhon referensi tempat pemasangan behel yang aman dan murah dok khususnya di wilayah surabaya selatan.
    terima kasih

    1. dionella Post author

      Orang tua mbak Nia benar, kebanyakan dokter gigi di Puskesmas adalah general practitioner alias dokter gigi umum, sedangkan yang bisa memasang kawat gigi adalah dokter gigi spesialis orto.

      Coba datang ke RSGM Unair mbak, di sana banyak dokter giginya, bisa ditanyakan langsung perihal biaya

  12. sinyo

    Bu dokter, saya mau tahu apakah di tempat ibu melayani pengobatan gigi krn karang gigi, ato pencabutan gigi dan pemasangan gigi palsu.
    Saya sedang mencari tempat untuk itu karena kondisi gigi saya yg rusak karena karang gigi.
    Mohon dibalas melalui email saja.
    Terima kasih.

  13. selfi

    Bu,saya mau tanya.apa d psksmas kputih bsa mlyani pasang gigi palsu juga??berapa biayanya bu? Sekalian mau minta contactx bu.dkrim ke email aja ya bu.trims

    1. dionella Post author

      Sebaiknya datang langsung ya mbak Selfi untuk diperiksa giginya. Nanti akan dilihat bisa dibuatkan gigi palsu atau tidak

  14. Ghina

    Dok aku mau tanya. Cara mengatasi gigi yang panjang gimana ya? Di behel atau gimana? Thanks.

  15. Kholidatul Fitriyah

    Selamat sore dokter, ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan. Gigi saya tumbuh besar2, dan menimbukan 2 gigi sari atas yg bersebelahan dengan gigo taringtumbuh kbelakang. Sehingga terlihat ruang yg tdk ada giginya. Selain membuat saya tidak pd ktika berbicara, saat ini saya jd cedal. Pertanyaan sy apakah susunan gigi yg berantakan mempengaruhi bentuk lidah, dan apakah sy perlu memasang behel?

    Terimakasih

    1. dionella Post author

      Gigi yang berantakan tentunya akan mempengaruhi fungsi mulut sebagai alat pencernaan ya mas. Coba datang langsung aja ke dokter giginya

  16. Sinha Bagyo

    Lihat” di artikel & internet, gigi orang dewasa bisa tumbuh lagi. Dan pernah ada seminar di Kampus Airlangga mengenai hal ini. Pertanyaannya bisakah sekarang disana melakukan hal demikian ? Kalo bisa, minta tolong beri penjelasan sedikit/banyak cara-nya menjadi pasien sperti itu (maklum ada diluar kota ya) makasih sebelumnya

    1. dionella Post author

      Maaf saya malah belum pernah mendengar hal seperti itu Pak. Sesuai yang saya pelajari, ketika yang tumbuh sudah gigi dewasa maka jika sudah lepas tidak bisa tumbuh gigi ke-3

  17. harry lasso

    bu dokter, gigi graham saya bisa dibilang rusak, karena lubang, dan gigi depan bagian bawah saya goyang, saya mau merapikan gigi saya juga. bagaimana menurut ibu, ? terima kasih

  18. sandra

    selamat siang dok, sy ibu rumah tangga berusia 32 thn,sy pengen ratakan gigi sy dengan kawat.behel tp gigi graham kanan kiri atas bawah sy pada lobang,..apa harus di cabut dulu baru bs pasang behel dok…klo kawat/behel gigi di atas aja bisa ga dok,,,,,biaya nya brp ya, supaya sy bs persiapkan badgetnya..hehehe.
    makasih sebelumnya..selamat siang

    1. dionella Post author

      hai mbak sandra maaf ya baru balas. sementara ini saya belum melayani pemasangan behel ya mbak. jadi soal biaya bisa ditanyakan langsung nanti ke dokter yang menangani. datanglah ke dokter gigi spesialis orto

      yang lubang sebaiknya ditambal supaya tidak jadi tempat menumpuknya sisa makanan

  19. Tika Kamila

    siang dok, saya tika, saya punya masalah sama behel gigi yg di pasang ahli gigi, saya pasang 4 bulanan dok. hasilnya malah berantakan dok yg awalnya gigi saya ga tongos sekarang jadi tongos, gusi jadi bengkak, gigi jadi berlubang. apa bisa dok di rombak di perbaiki semuanya di dokter gigi? thankiss dok 🙂

    1. dionella Post author

      hai mbak Tika, wah sayang sekali lho kenapa sejak awal tidak langsung ke dokter gigi untuk merapikan giginya?

      padahal tidak sembarangan dokter gigi lho berwenang memasang kawat orto. hanya dokter gigi spesialis orto saja yang bisa dan boleh. jangankan tukang gigi, kami dokter gigi umum saja tidak bisa dan tidak boleh

      saran saya segeralah datang ke dokter gigi spesialis orto ya mbak, supaya diperbaiki

  20. endah

    Asslm,
    Sdh 2-3 bln ini gigi sy ngilu tiap mkn/minum dingin. Sy sdh pake pasta gigi yg utk gigi sensitif. Tp tnyata tdk lebih baik kondisinya. Hanya sementara saja efek nya. Toh tiap mkn/minum dingin gigi sy tetap ngilu.
    Seminggu ini malah tdk sdg mkn pun, gigi nya ngilu. Terutama gigi kiri bwh. Klo beradu dg gigi atas. Malah ga karuan. Dan kepala jd pusiiing.
    Mohon saran nya ya dok. Terimakasih

    1. dionella Post author

      halo mbak/bu Endah, saran saya segera datang ke dokter gigi ya supaya bisa diperiksa langsung. dugaan saya ada ujung syaraf yang terekspos / terpapar karena ada yang lubang atau sebab lain

  21. dena

    pagi dokter dionella,
    saya mau tanya prakteknya ada dimana kalau saya mau konsultasi?
    kalau mau bikin veneer gigi atau tambal gigi biayanya sekitar berapa ya dokter?

  22. Pingback: Penyebab Karang Gigi - drg. Dio Nella

  23. Pingback: Cara Berlangganan Artikel Melalui Email - drg. Dio Nella

  24. lolite

    bu untuk pencabutan gigi graham bungsu yang posisi di belakang sendiri dan miring apa bisa di lakukan pencabutan di pukesmas ?

    1. dionella Post author

      Pencabutan geraham miring harus dilakukan melalui operasi odontektomi yang hanya bisa dilakukan dokter gigi spesialis bedah mulut 🙂

      1. Cindy

        permisi bu dokter saya mau tanya praktek ibu dmn ya? klo saya mau priksa sekaligus konsultasi tentang gigi saya ke bu dokter kira2 biaya brp ya bu?
        terimakasih .

  25. grace

    Selamat siang dok. Umur saya 17 tahun. Saya ingin menanyakan gigi bungsu sebelah kanan bawah saya mulai tumbuh tapi tumbuhnya keluar jalur . Tumbuhnya gigi bungsu agak keluar dari posisi gigi dan rahang saya dan kemungkinan terjadi impaksi karena yang saya rasakan bengkak dan gigi tersebut mulai melukai pipi saya. Apa tanggapan dok. Sedangkan saya rencananya ingin memasang behel?. Terimakasih

  26. Nancy

    Selamat Siang Dok
    Saya mau tanya.
    Sebenarnya saya sudah memakai Behel namun saya kurang cocok dengan hasilnya, tapi behel saya belum saya lepas.
    apa di puskesmas keputih tempat dokter praktik menerima Pasien Transferna seperti saya…
    Saya ingin pindah dok
    Kira-kira untuk harganya kena brapa ya dok ?
    Terima Kaish Sebelumnya

  27. Nasywa

    Dok, mau tanya hri ini praktek atau tidak dok? Kalau praktek jam berapa kira””? Saya ada rencana mau ke pkm keputih, thnks dok sebelumnya:)

  28. Desi

    Dokter saya mau tanya…
    Dokter gigi saya ini yang atas agak maju kedepan dan ketihatan.nya kayak tonggos gitu dokter..saya niatan pasang behel …kalau boleh tau pasang behel yang bagus dan murah itu dimana dokter ..mohon info.nya doter
    Terima kasih

    1. dionella Post author

      halo mbak Desi, mau pasang behel atau tidak, sebenarnya harus memperhatikan saran dari dokter giginya, yaitu dokter gigi spesialis orto. setelah pemeriksaan langsung, nanti akan diberikan saran sebaiknya diapakan giginya.

      kalau toh harus pasang kawat gigi, jangan di sembarang tempat. yang punya kemampuan dan kewenangan memasang kawat gigi adalah dokter gigi spesialis orto. bukan dokter gigi umum, apalagi tukang gigi

      1. irna

        Hallo dokter. Seputar pertanyaan gigi. Awalnya gigi saya tdk bermasalah. Karena 1 gigi lubang sedikit dan saya lakukan penambalan. Setelah saya lakukan penambalan, tidak lama gigi saya makin parah karena bekas tambalan terkoyak. Sehingga gigi yang telah saya rawat makin memiliki lubang besar. Dan tidak terselamatkan lagi. Sehingga saat ini yg tersisa gigi berlubang. Saya hendak mencabutnya, mohon solusinya karena saat ini gusi di sekitar gigi yang bermasalah mulai berimbas bengkak. Dan solusinya bagaimana. Pengobatan kah dahulu, lalu dilakukan pencabutan gigi yang bermasalah? Terima kasih.

        1. dionella Post author

          coba datang ke dokter gigi terdekat mbak, konsultasikan langsung. saya tidak bisa mengira-ngira. termasuk harus dicabut atau ditambal itu nanti dokter giginya yang bisa memutuskan setelah pemeriksaan langsung

  29. Reggy

    Dok saya mau tanya, ini gigi saya ada yang pecah lumayan besar trus saya biarkan terus menerus, lalu nggak selang lama gigi yang itu sakit sampai membuat kepala saya juga sakit, bagaimana solusinya dok? Terima Kasih

    1. dionella Post author

      mbak Reggy, cobalah datang ke dokter gigi spesialis konservasi gigi ya. Biar diperiksa apakah giginya masih bisa dipertahankan atau tidak, dan supaya lekas diambil tindakan

  30. titin

    hallo dok, saya punya masalah dengan gigi geraham. usia saya 16 tahun. gigi geraham saya berlubang/caries, karena dulu waktu sd saya malas gosok gigi. sebelumnya pernah disarankan untuk mencabut gigi, tapi saya masih bimbang. kalau gigi saya cabut, apakah masih bisa tumbuh lagi? atau harus memakai gigi palsu?

    1. dionella Post author

      usia 16 tahun kemungkinan sudah gigi permanen ya mbak. sebaiknya sih ditambal aja jika memungkinkan. pencabutan hanya dilakukan jika gigi sudah sulit untuk dipertahankan

  31. Faisal

    Hallo dok saya mau tanya kalo dislokasi TMJ yang menahun untuk menyembuhkanya harus di behel ya dok?
    ada cara lain dok selain behel?

    1. dionella Post author

      halo mas faisal, untuk menentukan sebuah tindakan medis, tentu harus diperiksa secara langsung ya mas. silakan datang ke RS / klinik terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan langsung

  32. Fitri Patmawati

    selamat pagi dok, saya bu fitri mau tanya kalau pemasangan behel lepas pasang kira-kira berapa biayanya ? karena gigi saya renggang

    1. dionella Post author

      halo Bu Fitri, mohon maaf untuk biaya pemasangan behel silakan ditanyakan langsung ke dokter gigi spesialis orto ya. Tidak semua dokter gigi punya kemampuan dan kewenangan dengan behel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.